Berita Smartphone Unik

5 Hal Unik Seputar Smartphone Project Ara

all

Kehadiran dari smartphone modular yang diusung oleh Motorola dan Google dalam Project Ara memang cukup dinantikan oleh beberapa kalangan di dunia. Hal ini terjadi karena banyak orang ingin merasakan bagaimana sebuah smartphone dapat dirakit layaknya komputer.

Selain itu, smartphone dalam Project ARA ini juga memungkinkan setiap orang dapat melakukan upgrade smartphone dengan biaya yang murah karena hanya membutuhkan beberapa komponen yang terbaru saja tanpa harus membeli smartphone baru.

Dalam kesempatan ini saya akan membahas mengenai beberapa hal unik seputar smartphone dalam Project ARA. Untuk itu pembaca dapat melihat informasi yang saya sajikan berikut ini :

1. Nama Awal Project Ara

Penggunaan nama ARA pada proyek ini adalah menggunakan nama Ara Knaian selaku pendiri NK Labs. Perusahaan NK Labs ini merupakan salah satu dari tim yang mengerjakan Project Ara.

2. Bekerjasama dengan Phoneblocks

Smartphone dalam Project Ara ini bekerjasama dengan konsep Phoneblocks yang menggunakan sistem modular dimana beberapa komponen hardware dibuat secara terpisah mulai dari prosesor, RAM, kamera, baterai, Wi-Fi, Bluetooth, Accelerometer, Gyroscope, Speaker, dan masih banyak lainnya.

Dengan adanya konsep ini memudahkan penggunanya untuk membeli komponen terbaru yang diperlukan saja dan tentunya akan menghemat biaya tanpa perlu membeli smartphone terbaru.

3. Ukuran Smartphone Project Ara

Dikabarkan smartphone ini akan menggunakan tiga ukuran dasar yang terdiri dari mini, medium, dan phablet. Untuk ukuran medium dari smartphone ini akan menggunakan lebar 4,7 inci dan ukuran phablet akan mempunyai ukuran yang sama pada umumnya.

4. Bersifat Open Source

Google dalam hal ini menjanjikan smartphone dalam Project ARA ini akan bersifat Open Source layaknya Android sehingga produsen yang membuat smartphone menggunakan konsep ini dapat bebas membuuat produknya dan melakukan variasi rancangan tanpa adanya ikatan dengan pihak lain.

5. Menggunakan Printer 3D

Smartphone dalam Project ARA ini menggunakan bantuan dari printer 3D yang memiliki kemampuan tinggi dan cepat sehingga dapat membuat modul secara massal. Hal yang menariknya adalah pembuat smartphone dari Project ARA ini boleh memilih bahan komponen untuk modul smartphone ini.

 Bagaimana? Menarik bukan? smartphone Project Ara ini. Untuk itu, mari kita tunggu saja kehadirannya di pasaran.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren

  • keren bnget nih konsepnya

    • ia bener mas ilham ini bagus konsepnya…. bisa bikin hemat…. kita tunggu saja realisasinya dari project ini