Smartphone

Nexus 5 – Smartphone Official Google dengan Android Kitkat Pertama di Dunia

Bagi sebagian pembaca yang menyukai gadget Android yang merupakan official dari Google pastinya menantikan munculnya Nexus 5. Smartphone ini bisa dibilang merupakan adik dari Nexus 4 yang telah mendapatkan banyak perhatian dari pengguna Android lainnya. Nah beberapa hari lalu ada kabar menarik bahwa tepatnya tanggal 31 Oktober 2013 di San Fransisco perusahaan Google merilis secara resmi Nexus 5.

Nexus 5 ini bisa dibilang merupakan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android versi 4.4 Kitkat dengan fitur terbaru. Salah satu fitur dari Android Kitkat yang cukup menarik yaitu dengan pencarian berdasarkan suara yang dimulai dengan mengucapkan “OK Google” hampir mirip dengan perintah awal Google Glass. Ternyata perintah “OK Google’ bisa memulai perintah untuk mengirim SMS, memutar video, melihat gambar, membuka dokumen, memutar musik, mencari arah dan masih banyak lainnya.

banner

Tampilan Nexus 5

Dari desain fisik Nexus 5 ini memiliki body yang lebih tipis dan ringan dibandingkan dari Nexus 4. Untuk lebar layar Nexus 5 memiliki peningkatan dari pendahulunya dengan menjadi 4,95 inci. Dengan layar yang lebar ini, pengguna Nexus 5 nantinya tidak perlu khawatir akan tergores, karena telah dilapisi dengan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3.

Kalau dari sisi desain fisik telah mengalami peningkatan, untuk hardware pun mengalami peningkatan dengan telah dilengkapi rosesor Qualcomm Snapdragon S4 800 QuadCore 2,26 GHz, Grafis Adreno 330 dan kapasitas internal dengan pilihan 16 atau 32 GB yang membuat kinerja smartphone ini menjadi lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Untuk spesifikasi lainnya dari Nexus 5 adalah sebagai berikut:

  • 4,95″ 1080 x 1920 Full HD IPS ditambah layar sentuh kapasitif
  • Kapasitas internal 16 atau 32 GB
  • Kamera belakang 8 Megapiksel dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan kamera depan 1,3 megapiksel
  • Konektifitas Micro USB (slimPort) 2.0 , Bluetooth 4.0, WiFi dan NFC
  • Jaringan 4G LTE
  • Baterai 2300 mAh
  • Sistem Operasi Android 4.4 Kitkat

Dari spesifikasi teknis diatas terlihat Nexus 5 pun sama dengan pendahulunya telah menggunakan Konektifitas NFC yang akan memudahkan penggunanya dalam bertukar data hanya dengan saling menyentuhkan kedua perangkat NFC secara bersamaan. Selain itu telah mendukung jaringan 4G LTE sehingga memungkinkan smartphone ini mendapatkan akses data internet dengan cepat.

Pada bagian kamera, kali ini Nexus 5 masih menggunakan resolusi yang sama dengan Nexus 4, namun telah ditambahkan teknologi baru OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera belakang yang memungkinkan penggunanya meredam getaran tangan saat memotret agar hasil foto tidak blur. Selain itu, pada sistem operasi Android Kitkat 4.4 telah dilengkapi dengan teknologi HDR+ (High Dynamic Range) yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil foto mendekati kondisi asli objek.

Nexus 5 ini smartphone pertama yang telah menghadirkan sistem operasi Android 4.4 Kitkat dengan fitur yang telah diperbarui dari versi sebelumnya. Bagi pembaca yang tertarik dengan smartphone ini nampaknya harus bersabar karena belum tersedi di Indonesia dan baru tersedia untuk 10 negara. Smartphone ini pun memiliki dua pilihan warna antara hitam dan putih, Nexus 5 dibanderol dengan harga 349 dolar AS (Rp 3,8 jutaan) untuk kapasitas 16GB dan 399 dolar AS (Rp 4,3 jutaan) untuk versi 32 GB.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren

  • nexus pasti semua bisa fitur google dengan lebih baik daripada android deh hahaha

    • ia mas. karena nexus official dari google. sehingga mendapatkan semua yang terbaru lebih dulu.

      • Yoi mas, makanya sekarang saya pake nexus hahaha