Berita Tablet

Nokia Lumia 2520 – Tablet Pertama Nokia dengan Spesifikasi Tinggi dan Fitur Ekslusif

Pada tanggal 22 Oktober 2013 di Abu Dhabi dalam acara Nokia World 2013. Secara resmi Nokia memperkenalkan 6 produk barunya sekaligus. Produk yang menarik disini selain handphone, pihak Nokia juga mengeluarkan Phablet dan Tablet perdananya. Nah untuk itu saya akan mencoba mereview salah satu produk tersebut. Menurut saya cukup menarik kalau membahas tablet dari Nokia.

Tablet yang diluncurkan Nokia Lumia berseri 2520. Bisa dibilang ini merupakan sebuah produk Tablet pertama pada jejeran gadget Nokia. Ukuran dari tablet ini adalah 10,1 Inci dengan layar beresolusi 1080 x 1920 piksel IPS LCD ditambah layar sentuh kapasitif dilindungi Corning Gorill Glass 2 ClearBlack Display. Untuk prosesor, Nokia mempercayakannya pada Qualcomm Snapdragon 800 Quad-core 2.2 GHz dengan grafis Adreno 330 dan RAM sebesar 2 GB.

2520 copy

Tampilan Nokia Lumia 2520

 

Untuk spesifikasi teknis detail dari tablet Nokia Lumia 2520 adalah sebagai berikut:

  • 10,1″ 1080 x 1920 piksel IPS LCD ditambah layar sentuh kapasitif dilindungi Corning Gorill Glass ClearBlack Display
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 800 Quad-core 2.2 GHz
  • Adreno 330
  • 2 GB RAM
  • Kapasitas internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD berkapasitas 32 GB
  • Kamera belakang 6,7 Megapiksel carl Zeiss Optic dan kamera depan 2 Megapiksel
  • Konektifitas USB 3.0, USB Host-Support, NFC, Bluetooth 4.0,da Wi-Fi
  • Sudah dilengkapi dengan Microsoft Windows RT

Spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh tablet ini cukup tinggi sehingga pengguna akan lancar dalam menjalankan aplikasi dan hiburan pada Nokia Lumia 2520 ini. Untuk sistem operasinya telah menggunakan Windows RT yang akan membuat pengguna merasa nyaman melakukan aktivitas pekerjaan layaknya di komputer.

Tablet ini mendukung teknologi USB Host-Support layaknya USB On-The-Go sehingga pengguna dapat langsung mengakses data di HDD eksternal maupun flashdrive pada Nokia Lumia 2520. Untuk dukungan mentrasfer data yang mudah, Nokia menyediakan teknologi NFC yang akan memudahkan sesama pengguna memindahkan data hanya dengan saling menyentuhkan kedua tablet secara bersamaan.

Dari sisi desain tampilan Fisik, Nokia Lumia 2520 ini masih mengusung ciri khas Lumia berbentuk kotak namun elegan dengan warna cerah yang membuat penggunanya nyaman. Untuk kamera dilengkapi dengan lensa dari Carls Zeiss Optic pada kamera belakang dengan resolusi 6,7 Megapiksel dan kamera depan sebesar 2 Megapiksel.

Dari sisi aplikasi, Tablet ini telah dilengkapi aplikasi ekslusif seperti Nokia StoryTeller untuk melihat koleksi foto yang dikembangkan Nokia, game berjudul Dragons Adventure, Nokia Director untuk mengedit video dan Nokia Music yang memiliki rancangan berbeda khusus Nokia Lumia 2520.

Menurut saya ini merupakan langkah awal Nokia untuk bersaingan dengan gadget lain di kelas tablet dan harga dari tablet ini diperkirakan sekitar $499. Untuk di wilayah Indonesia tablet ini belum tersedia sehingga pembaca sabar menunggu kehadirannya.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren