Smartphone Tablet

Nokia Lumia 1520 – Phablet Pertama Nokia dengan Prosesor Quad Core

Beberapa waktu lalu saya telah membahas mengenai tablet pertama Nokia yang diperkenalkan dalam acara Nokia World 2013 di Abu Dhabi kemarin. Selain tablet, Nokia pun memperkenalkan phablet pertamanya yang mempunyai layar dengan ukuran 6.0 inci yaitu Nokia Lumia 1520.

Nokia Lumia 1520 ini untuk dari sisi desain memang tampak seperti smartphone Lumia seri lainnya namun ukurannya lebar. Selain itu Nokia ini telah mendukung jaringan 4G LTE yang bisa memberikan akses kecepatan data yang cepat. Untuk spesifikasi hardware yang ditawarkan cukup tinggi dengan dibenamkannya Prosesor Qualcomm Snapdragon 800 Quad-core 2.2 GHz, Grafis Adreno 330, RAM 2 GB, dan sudah dilengkapi dengan Windows Phone 8 Black terbaru.

1520

Tampilan Nokia Lumia 1520

 

Untuk spesifikasi teknis detail dari tablet Nokia Lumia 1520 adalah sebagai berikut:

  • 6,0″ 1080 x 1920 piksel IPS LCD ditambah layar sentuh kapasitif dilindungi Corning Gorill Glass ClearBlack  Display
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 800 Quad-core 2.2 GHz
  • Adreno 330
  • 2 GB RAM
  • Kapasitas internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD berkapasitas 64 GB
  • Kamera belakang 20 Megapiksel carl Zeiss Optic dengan teknologi Pureview dan kamera depan 1,2 Megapiksel
  • Konektifitas microUSB 2.0, NFC, Bluetooth 4.0,dan Wi-Fi
  • Jaringan LTE 4G
  • Sudah dilengkapi dengan Microsoft Windows Phone 8 Black

Bagi jejeran smartphone Windows Phone milik Nokia yang telah beredar saat ini, Nokia Lumia 1520 memiliki spesifikasi yang paling tinggi dari sisi hardware. Phablet ini menggunakan prosesor yang telah berinti empat dan RAM 2 GB sehingga membuat aplikasi yang berjalan di Windows Phone berjalan sangat mulus, karena telah diketahui bahwa dengan menggunakan RAM 512 MB saja dapat menjalankan Windows Phone dengan lancar.

Pada kamera memang resolusinya masih di bawah Nokia Lumia 1020, namun sama – sama mengusung teknologi Pureview dengan lensa Carl Zeiss Optic sehingga menghasilkan kualitas foto yang bagus. Kapasitas yang ditawarkan cukup besar dengan 32 GB pada internal yang bisa ditambahkan microSD berkapasitas 64 GB.

Sistem operasi yang digunakan merupakan Microsoft Windows Phone 8 Black terbaru dengan fitur – fitur tambahan yang akan meningkatkan kinerja dari Nokia Lumia 1520 dan dukungan terhadap aktivitas penggunanya. Selain itu mendukung teknologi NFC yang memudahkan pengguna phablet ini untuk bertukar data hanya dengan menyentuhkan kedua Nokia Lumia 1520 secara bersamaan.

Bagi pembaca yang tertarik dengan phablet ini harus sedikit bersabar, karena belum tersedia di Indonesia dan harga yang ditawarkan saat rilis nanti adalah $749 seperti yang dilansir dari techradar


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren