ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik

Cara Membuat Link Akun LINE Supaya Bisa Dipasang di Akun Media Sosial Lain

Cara Membuat Link LINE Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Selain WhatsApp, kamu juga bisa membuat tautan untuk orang lain yang akan menghubungimu lewat LINE. Namun sedikit berbeda dari WhatsApp, kamu butuh trik khusus supaya bisa membuatnya.

Dengan berbagai macam fitur yang dimilikinya, LINE sudah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang sering digunakan oleh para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai macam hal yang bisa cukup membantu.

Menggunakan fitur Timeline, misalnya, pelaku bisnis dapat lebih mudah untuk melakukan promosi bisnisnya kepada orang lain. Atau dengan fitur chatbot, pelaku bisnis bisa lebih mudah untuk menanggapi pertanyaan dari para konsumen.

Oleh karena itulah, LINE pun akhirnya menjadi alternatif jalur komunikasi, yang tautannya dipasang di media-media sosial dari akun bisnis. Dengan demikian, para pelanggan maupun calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan mereka di layanan LINE.

Sayangnya, berbeda dengan layanan WhatsApp yang secara gamblang menunjukkan bagaimana cara membuat tautan untuk akunnya, bagi pengguna LINE yang ingin membuat tautan harus menggunakan trik khusus.

Bagaimana Cara Membuat Tautan Atau Link Untuk Akun LINE?

Terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan supaya kita bisa membuat tautan akun LINE. Pertama, pengguna harus memastikan bahwa mereka telah membuat ID khusus untuk akun miliknya.

Dalam hal ini, pengguna bisa membuka halaman edit profil akun dengan mengetuk foto profil di halaman Friend lalu memilih tombol Edit profile. Selanjutnya, pengguna bisa mengetuk pada bagian ID,  dan mengisinya sesuai dengan yang diinginkan.

Klik tombol Check untuk memeriksa ketersediaan ID – siapa tahu ID yang ingin digunakan sudah digunakan oleh orang lain. Jika sudah digunakan, maka pengguna perlu mengubah ID tersebut. Jika belum ada yang menggunakan, maka akan muncul tombol Save yang bisa digunakan untuk menyimpan ID tersebut.

Cara Membuat Link LINE - Atur ID

Setelah berhasil mengatur ID, pengguna bisa membuat tautan akun LINE dengan menyalin tautan http://line.me/ti/p/~ diikuti oleh ID. Contohnya, ID saya adalah sukindarkk, maka tautannya akan menjadi http://line.me/ti/p/~sukindarkk.

Selain menggunakan cara ini, pengguna juga bisa menggunakan fitur Invite friends untuk melakukannya. Caranya, buka tab More (tab paling kanan) di aplikasi, lalu pilih Add friends dan ketuk tombol Invite yang terletak di bagian atas halaman.

Cara Membuat Link LINE

Pilih salah satu metode Invite yang akan digunakan. Dalam hal ini, saya mencontohkan menggunakan Text Message, yang mana pengguna bisa memilih sebuah nomor telepon yang ada di kontaknya lalu menekan tombol Invite.

Saat dilempar ke aplikasi pesan, jangan buru-buru menekan tombol kirim. Karena yang dibutuhkan hanya tautannya, pengguna tidak perlu mengirimnya, mereka hanya perlu menyalin tautan yang ada di dalam editor pesan.

Lalu pada akhirnya, jika tautan sudah tersalin dengan baik, pengguna bisa menyimpan tautan tersebut ke aplikasi catatan untuk disimpan atau secara langsung membagikannya (menempelkannya) pada akun media sosial yang dimiliki.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar