ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Apa Itu Gyroscope?

Apa itu Gyroscope Header

Gadgetren – Biasa ketika kita menikmati konten Virtual Reality (VR) dengan obyek 3 dimensi membutuhkan perangkat yang bernama Gyroscope dalam sebuah smartphone.

Pada smartphone kelas menengah hingga atas masa kini pun hampir wajib hadir sensor Gyroscope di dalamnya. Bahkan smartphone Xiaomi dengan harga Rp 1 jutaan pun memiliki sensor tersebut agar memudahkan penggunanya dalam menikmati konten VR atau hal lainnya yang membutuhkan Gyroscope.

Tentunya banyak Gadgeter yang penasaran dengan Gyroscope. Sekilas, Gyroscope (atau Giroskop dalam bahasa Indonesia)sendiri merupakan sebuah perangkat yang dapat mempertahankan orientasi dari ssebuah sudut sehingga dapat stabil.

Prinsinya sendiri, Gyroscope biasanya akan mendeteksi gerakan gravitasi atau gerakan penggunanya sedang melakukan perpindahan rotasi kepala maupun berjalan. Biasanya Gyroscope ini akan mencari orientasi gerak yang bertumpu pada cakram berotasi dengan cepat pada sumbu.

Dengan hadirnya Gyroscope ini memungkinkan pengguna smartphone cukup berputar sesuai gravitasi apabila ingin melihat obyek 3D di sekelilingnya. Tentu saja ketika Gadgeter menggunakan kacamata VR yang telah terpasang dengan smartphone bersensor Gyroscope maka akan seolah-olah berada dalam konten VR tersebut.

Biasanya sensor Gyro digunakan untuk mendeteksi gerakan beradasarkan gravitas yang tentunya dapat mendeteksi gerakan pengguna sehingga dapat menyesuaikan dengan lingkungannya. Konten VR akan merekeyasa mata pengguna smartphone seperti melihat obyek 3D menjadi realistis di depannya.

Berbeda dengan Accelerometer yang memiliki dua sumbu, Gyroscope ini mengukur 3 sumbu sekaligus yang terdiri dari sumbu X untuk kiri serta kanan, sumbu Y untuk atas dan bawah, dan sumbu Z untuk depan dan belakang.

Bisa dibilang penemuan Gyroscope ini sangat membantu bagi perusahaan smartphone maupun developer menciptakan aplikasi atau game Virtual Reality (VR) yang semakin canggih sehingga pengguna smartphone seperti memang sedang berada di dunia virtual.

Sebelum muncul di smartphone, sebenarnya Gyroscope ini memiliki beragam fungsi untuk pengendali rudah, ruang navigasi, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi Gyroscope pun biasanya dikombinasikan dengan Accelerometer untuk mendeteksi gerakan dan navigasi kendaraan.

Sayangnya sensor Gyro sendiri harganya cukup mahal sehingga rata-rata baru terdapat pada smartphone kelas menengah ke atas. Selain itu, sensor Gyro mampu mendeteksi gerakan dari segala arah. Nah, apakah smartphone Gadgeter memiliki Gyroscope?

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar