ASUS Zenbook DUO UX8406
Bengkel

Bagaimana Cara agar Bisa Bermain Game Virtual Reality di Smartphone?

Xiaomi Redmi 5 Plus Header

Rabu merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu karena biasanya tim Gadgetren akan membahas seputar permasalahan yang sering terjadi di smartphone.

Kali ini tim Gadgetren berhasil mendapatkan pertanyaan baru mengenai cara agar bisa memainkan game virtual reality (VR) di smartphone miliknya. Sekilas, VR sendiri sudah muli digemari oleh banyak orang dengan telah hadirnya banyak penggemar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan hal ini maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini :

Pertanyaan :

Min, bagaimana cara agar bisa bermain game Virtual Reality di smartphone?

Jawaban :

Virtual Reality merupakan sebuah teknologi canggih yang memungkinkaj penggunanya dapat berinteraksi dengan obyek 3 dimensi virtual layaknya sedang berada di dalamnya. Awalnya teknologi ini membutuhkan sebuah perangkat atau helm khusus virtual reality yang terhubung dengan laptop atau PC.

Namun seiring berjalannya waktu teknologi VR ini dapat diterapkan pada smartphone sehingga dapat dijalankan secara portabel dengan menggunakan perangkat VR yang terhubung dengan smartphone. Menariknya, konten VR yang telah hadir pada smartphone pun sudah sangat banyak, mulai dari video, game, maupun aplikasi yang menarik.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin memainkan game Virtual Reality (VR) pada smartphone maka dapat memperhatikan aspek berikut ini :

Smartphone Memiliki Gyroscope

Gyroscope merupakan sensor untuk mengukur maupun mempertahankan orientasi yang menganut prinsip-prinsip momentum sudut. Dengan hadirnya Gyroscope ini memungkinkan smartphone dapat mengenali perputaran atau gerakan 3 dimensi sehingga sistem dapat mengikutinya.

Apabila Gadgeter mengaktifkan perangkat VR yang tersambung dengan smartphone maka Gadgeter membutuhkan Gyroscope agar game maupun konten VR dapat mengenali orientasi yang sedang dilakukan oleh penggunanya. Smartphone masa kini biasanya banyak yang sudah memiliki gyroscope.

Tidak perlu mahal dalam mendapatkan smartphone yang memiliki gyroscope karena dua vendor di dunia, seperti Xiaomi dan ASUS telah menghadirkan smartphone murah yang mendukung sensor ini. Bahkan Zenfone Max Pro M1 dan Xiaomi Redmi Note 5 pun dibanderol murah dengan gyroscope.

Spesifikasi Hardware

Kini rata-rata video maupun game Virtual Reality membutuhkan smartphone dengan spesifikasi hardware menengah ke atas agar dapst menjalankan kontem VR dengan lancar tanpa hambatan. Seperti ASUS Zenfone Max Pro M1 yang memiliki Snapdragon 636 Octa-core, RAM dengan pilihan 3 GB, 4 GB, atau 6 GB dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB, dan memiliki harga terjangkau merupakan salah satu smartphone yang mampu menjalankan konten VR dengan lancar.

Perangkat VR

Selain membutuhkan smartphone dengan gyroscope dan spesifikasi hardware menengah ke atas, perangkat VR juga dibutuhkan agar bisa disematkan di kepala penggunanya dan memiliki tombol untuk mengendalikan konten VR. Menariknya, perangkat VR sendiri ada yang murah seperti Google Cardboard hingg yang mahal seperti Samsung Gear VR.

Itulah beragam hal yang dibutuhkan agar Gadgeter dapat menjalankan game maupun video VR dengan nyaman dan cepat. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat terlihat terlebih dahulu apakah smartphone miliknya memiliki Gyroscope maupun tidak dengan menggunakan aplikasi Sensor Box atau CPU-Z yang dapat diunduh di Google Play Store.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar