ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Isi Saldo Tokopedia! Top Up Masih Bisa?

Cara Top Up Saldo Tokopedia[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Tokopedia telah menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi jual-beli online. Tentu saja, hal ini tidak bisa dilepaskan dari fitur-fitur dan kemudahan dalam menggunakannya.

Sebut saja fitur saldo, yang hadir untuk memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi online. Fitur ini seperti dompet digital di Tokopedia, yang bisa digunakan untuk membeli produk maupun dicairkan ke rekening bank penggunanya.

Sebagaimana dengan dompet biasa, pengguna Tokopedia juga dapat terus menambah uang dalam Saldo pada akunnya. Salah satunya dengan cara melakukan transaksi penjualan.

Secara lebih rinci, saat pengguna melakukan pembelian barang, uang pembayaran yang ditransfer tidak yang langsung ke bank penjual, tetapi akan disimpan dulu oleh pihak Tokopedia, guna mengantisipasi barang yang tidak dikirim oleh penjual.

Sementara itu, bagi penjual, diterimanya pembayaran di pihak Tokopedia dapat memastikan bahwa barangnya benar-benar telah dibayar oleh pembeli barang, dengan begitu penjual dapat mengirim barangnya tanpa keraguan.

Setelah barang yang dikirim dipastikan sampai, maka uang pembayaran barang baru akan masuk ke dalam Saldo akun penjual. Dengan cara ini, tentu Saldo Tokopedia penjual akan semakin bertambah seiring dengan meningkatnya transaksi penjualan.

Sedangkan bagi pembeli, Saldo Tokopedia dapat bertambah, saat penjual tidak mengirimkan barang atau menolak pesanan dari pembeli, di mana pihak Tokopedia akan mengembalikan uang pembayaran produk tidak langsung ke rekening bank tetapi akan masuk ke dalam Saldo Tokopedia.

Sebenarnya, selain menggunakan cara ini, pengguna sebelumnya bisa mengisi Saldo dengan cara top-up secara langsung ke Saldo akun Tokopedia miliknya, yang tentu bisa dilakukan dengan beberapa metode transfer yang bisa dipilih.

Namun, karena pihak Tokopedia belum mendapatkan izin dari Bank Indonesia terkait penyelenggaraan uang elektronik, per 18 September 2017 (pukul 10.00 WIB) Saldo Tokopedia tidak dapat di-top up untuk sementara waktu.

Meskipun demikian, pengguna tidak perlu khawatir karena fungsi Saldo Tokopedia lainnya, seperti pencairan dana dan penggunaannya untuk transaksi, tetap berfungsi seperti biasa.

Perlu diketahui, Tokopedia saat ini sedang melakukan proses pengajuan izin terkait dengan hal ini. Jika izin telah disetujui, cara top-up lama ke Saldo akun Tokopedia pasti bisa digunakan kembali.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar