ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

5 Tips Merawat HP Xiaomi Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

cara merawat hp xiaomi Header

Gadgetren – Xiaomi merupakan salah satu vendor yang sedang bersinar di Indonesia dari tahun 2017 hingga 2018 berkat smartphone buatannya yang memiliki spesifikasi hardware menarik, namun harganya murah.

Baru-baru ini Xiaomi sendiri telah meluncurkan smartphone keluarga Redmi terbarunya yang bernama Redmi Note 5. Perangkat yang satu ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai, namun memiliki performa yang bertenaga.

Namun sebagian orang banyak yang mengatakan bahwa smartphone atau HP Xiaomi sangat ringkih sehingga mudah rusak. Untuk itu, bagi Gadgeter yang menginginkan smartphone menjadi awet maka dapat melihat cara merawat HP Xiaomi sebagai berikut ini.

1. Pakai Tempered Glass

Biasanya bagian paling vital dari smartphone atau HP Xiaomi adalah layar karena biasanya apabila terjatuh maka bagian layar yang sering pecah atau rusak. Untuk itu, sebaiknya Gadgeter membeli anti gores yang bagus untuk disematkan pada smartphone atau HP Xiaomi yang dimiliki.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun kaca anti gores Tempered Glass jauh lebih baik digunakan untuk melindungi kaca layar dibandingkan anti gores plastik atau mika. Bisa dibilang apabila terjadi benturan parah maka kaca anti gores Tempered Glass akan mengorbankan diri, namun layar masih aman

2. Pilih Casing Tambahan Paling Bagus

Selain layar, tentunya bagian belakang smartphone juga rawan terhadap benturan ketika jatuh sehingga perlu dilindungi agar tidak muncul goresan maupun retak. Untuk itu, Gadgeter perlu memberikan casing tambahan pada bagian belakang smartphone atau HP Xiaomi tersebut.

Sebaiknya casing tambahan tersebut berbahan mika atau keras lainnya sehingga lebih tahan benturan dibandingkan dengan menggunakan casing tambahan yang berbentuk jelly lembut. Namun Gadgeter juga bisa menambahkan cincin yang sedang tren di bagian belakang casing tambahan tersebut agar dapat secara kuat memegang smartphone atau HP Xiaomi ketika sedang berkendara.

3. Jangan Download Aplikasi dari Luar Google Play Store

Meskipun menggunakan ROM MIUI, namun pada dasarnya smartphone atau HP Xiaomi berbasiskan sistem operasi Android. Untuk itu, apabila Gadgeter ingin mengunduh aplkasi maka langsung dari Google Play Store.

Namun apabila ingin mengunduh atau download aplikasi dari luar Google Play Store harus berhati-hati karena biasanya sudah dicampurkan dengan crack atau malware yang sewaktu-waktu dapat merusak smartphone atau HP Xiaomi. Sebaiknya Gadgeter menginstal aplikasi langsung dari Google Play Store saja yang lebih terpercaya.

4. Jaga kondisi baterai

Baterai merupakan salah satu hal terpenting dalam smartphone karena merupakan pusat energi agar bisa hidup dan digunakan oleh pemakainya. Untuk itu, Gadgeter harus selalu merawat kondisi baterai smartphone atau HP Xiaomi agar selalu terbaik.

Sebaiknya Gadgeter dapat melakukan pengisian daya baterai ketika kondisi baterai telah mencapai 15% hingga 30% dan jangan membuat baterai habis karena akan menyebabkan baterai cepat aus. Selain itu, cas smartphone atau HP Xiaomi jangan terlalu sering agar life cycle tidak cepat habis.

5. Berhati-hati dalam mengunjungi website

Internet merupakan sumber yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Dengan internet ini, pengguna smartphone atau HP Xiaomi mampu menikmati beragam konten dengan mengunjungi beragam website.

Namun Gadgeter harus berhati-hati terhadap website karena terkadang sudah disisipi oleh malware ataupun iklan yang dapat merusak smartphone. Biasanya tempat yang sering menjadi sarang malware ini terdapat pada website download film ilegal. Supaya tidak terkena malware tersebut, sebaiknya Gadgeter dapat berhati-hati dalam mengunjungi website tersebut.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar