Tekno Tips dan Trik

Malware Joker Serang Android, Apa Bahayanya?

Malware Joker di Android - Header

Gadgetren – Malware bernama Joker berulah kembali. Kali ini memanfaatkan delapan  aplikasi Android dengan berbagai macam tipe untuk menggoda para pengguna untuk memasangnya.

Adapun berdasarkan laporan, kedelapan aplikasi tersebut meliputi Auxiliary Message, Fast Magic SMS, Free CamScanner, Super Message, Element Scanner, Go Messages, Travel Wallpapers, dan Super SMS.

Sama seperti kasus sebelumnya, malware ini memanfaatkan celah keamanan di Google Play Store sehingga aplikasi-aplikasi yang disisipinya dapat mengelabuhi pengguna melalui saluran distribusi resmi itu.

Google untungnya cukup cekatan. Setelah menerima laporan, mereka langsung merespons dengan cepat untuk menghapus kedelapan aplikasi yang disisipi oleh malware Joker tersebut.

Meskipun demikian, kita pun masih tetap harus berhati-hati saat memasang aplikasi karena malware yang tergolong cukup berbahaya ini masih mungkin untuk menyusup di dalamnya. Adapun beberapa kerugian yang bisa ditimbulkan harus kamu ketahui.

Mengenal Malware Joker di Android

Malware Joker adalah spyware trojan yang dirancang untuk handphone Android dengan fungsiuntuk menata-matai korban dan mencuri berbagai macam data pribadi yang tersimpan seperti kontak, pesan, maupun info dari perangkat.

Tak hanya itu, malware ini pun kabarnya dapat mendaftarkan pengguna ke sejumlah layanan secara otomatis dan mengaktifkan langganan premium berbayar tanpa sepengetahuan mereka.

Berdasarkan penelusuran saya, malware Joker pun tergolong sangat bandel. Meskipun Google sudah sering menghapus aplikasi yang disisipi dan kemudian meningkatkan keamanannya, spyware ini masih bisa menemukan celah baru.

Sebagaimana peningkatan keamanan Google, malware ini mampu mengubah kode maupun metode eksekusi untuk mengelabuhi layanan. Bahkan tak jarang juga menggunakan teknik payload-retrieving untuk kembali menyelinap.

Sampai sekarang, belum diketahui siapa yang berada di balik pengembangannya. Namun jika merujuk laporan terkait, informasi menunjukkan bahwa sejumlah bagian dari malware tertulis menggunakan ekosistem Bahasa Mandarin.

Bagaimana Jika Pernah Memasang Aplikasi yang Disisipi Malware Joker?

Upaya pencegahan sebenarnya merupakan langkah yang paling baik untuk mengatasi berbagai macam masalah termasuk di antaranya serangan malware, spyware, maupun virus.

Agar dapat menggunakan perangkat secara lebih nyaman dan tenang, usahakan untuk mengecek aplikasi yang akan dipasang terlebih dulu mulai dari pengembang hingga berbagai macam izin yang dimintanya.

Bahkan jika diperlukan, pengguna pun perlu melihat review di laman produk Google Play Store. Umumnya, aplikasi yang tidak baik akan memperoleh ulasan negatif dan peringkat rendah.

Apabila terlanjur memasang aplikasi yang disisipi oleh malware Joker, saya menyarankan supaya segera menghapus instalasinya dari perangkat untuk menghindari lebih banyak kerugian.

Cara Menghapus Aplikasi di Handphone Android

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke menu manajemen aplikasi (App)
    Malware Joker di Android - 1
  3. Cari dan pilih aplikasi yang akan dihapus
  4. Klik tombol Copot pemasangan (Uninstall)
    Malware Joker di Android - 2

Supaya lebih manjur, para pengguna pun dapat menggunakan beberapa langkah menghapus aplikasi di atas melalui mode aman (safe mode) yang mana bisa diaktifkan secara berbeda-beda tergantung tipe dan seri handphone.

Tinggalkan Komentar