ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan vivo X200 Pro, Penantang Menarik di Kelas Flagship!

Gadgetren – vivo resmi memperkenalkan flagship terbaru mereka, yakni vivo X200 Pro. Perangkat tersebut pun membawa berbagai keunggulan yang dapat membuat persaingan di kelas atas semakin menarik.

Perangkat vivo X200 Pro soalnya tak hanya menawarkan kinerja yang bertenaga. Ponsel papan atas tersebut juga membawa berbagai fitur dan dukungan mutakhir yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan.

Kita yang memerlukan sebuah ponsel baru pun dapat melirik perangkat tersebut. Kita dapat mempertimbangkan berbagai keunggulan yang diusungnya apabila memang masih ragu-ragu untuk meminangnya.

Kelebihan vivo X200 Pro

1. Bawa Chipset Tertinggi Saat Ini

Hadir di kelas flagship, vivo X200 Pro memperkenalkan MediaTek Dimensity 9400 untuk pertama kalinya. Chipset mutakhir ini diklaim sebagai salah satu chipset dengan kinerja paling kuat di masa sekarang.

Berdasarkan klaimnya, vivo X200 Pro bahkan mampu menembus skor AnTuTu hingga 3.045.003 berkat chipset ini. Lebih tinggi dari kebanyakan perangkat yang sudah diluncurkan di mana umumnya masih di bawah 3 juta poin.

Di atas kertas, chipset ini menawarkan kinerja inti tunggal 35 persen dan inti jamak 28 persen lebih bertenaga dibandingkan pendahulunya. Pemrosesan grafisnya pun meningkat hingga 41 persen dengan kemampuan ray tracing 40 persen lebih mumpuni.

Dengan berbagai peningkatan chipset yang dibawanya, vivo X200 Pro bakalan mampu menangani berbagai macam aktivitas secara lebih lancar. Perangkat tersebut apalagi dilengkapi dengan dukungan memori yang sangat baik.

Melalui perangkat tersebut, teknologi LPDDR5x Ultra Pro juga digunakan untuk pertama kalinya. vivo secara khusus memadukan RAM generasi baru ini bersama media penyimpanan internal berjenis UFS 4.0.

2. Kamera Semakin Bisa Diandalkan

Kembali menggandeng ZEISS, sektor kamera juga menjadi salah satu keunggulan utama dari vivo X200 Pro. Perangkat tersebut apalagi mempunyai spesifikasi yang kini terlihat semakin mumpuni.

Kamera utama vivo X200 Pro misalnya sudah menggunakan Sony LYT-818 beresolusi 50MP yang dikombinasikan bersama lensa optik ZEISS. Meskipun tidak mempunyai ukuran 1-inci seperti sebelumnya, sensor ini diklaim lebih unggul terutama pada perekaman video dan kecepatan pengambilan gambar.

Kelebihan dan Kekurangan vivo X200 Pro

Selaras dengan peningkatan ini, vivo X200 Pro kini juga dilengkapi dengan kamera telefoto periskop yang semakin tinggi. Perangkat tersebut hadir dengan lensa 200MP ZEISS APO yang mampu menghasilkan pembesaran optik hingga 3,7x.

Sebagai penunjang, vivo X200 Pro juga masih dilengkapi dengan kamera ultrawide 50MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1. Kamera depannya pun sudah beresolusi 32MP seperti pendahulunya.

Keunggulan pada sektor kamera ini semakin terlihat menarik dengan berbagai teknologi optik dari ZEISS. Termasuk di antaranya lapisan ZEISS T* yang mampu meningkatkan kemampuan pengambilan gambar sekaligus mengurangi pantulan dan berbagai efek negatif pencahayaan.

3. Layar Memesona

Meluncur dengan layar berukuran 6,78 inci, vivo X200 Pro menjanjikan tampilan gambar yang menawan. Panel yang digunakannya apalagi sudah mendukung resolusi hingga 2800 x 1260 piksel.

Layar vivo X200 Pro juga sudah menggunakan panel AMOLED yang mampu menangani kecerahan puncak hingga 4.500nits. Teknologi Dolby Vision maupun dukungan HDR 10+ pun hadir sebagai penunjangnya.

Yang tak boleh dilewatkan, layar vivo X200 Pro juga mengadopsi Zeiss Natural Color. Dukungan ini menjanjikan reproduksi warna yang lebih akurat dan keterbacaan yang lebih baik di bawah sinar matahari.

Selain itu, layar vivo X200 Pro juga sudah memakai panel LTPO yang dapat menangani refresh rate dari 0,1 hingga 120Hz. Perangkat tersebut makanya mampu menampilkan animasi yang benar-benar halus tanpa mengkhawatirkan konsumsi dayanya.

4. Dukungan Daya Mumpuni

Berkaitan dengan pemakaian daya, vivo X200 Pro pun sudah dilengkapi dengan baterai dan teknologi pengisian yang sangat bisa diandalkan. Keduanya bahkan termasuk keunggulan dari perangkat tersebut.

Baterai vivo X200 Pro berkapasitas sebesar 6.000mAh. Berdasarkan klaimnya, sudah cukup untuk bermain game secara terus-menerus hingga 10,8 jam atau memutar video sampai 20,1 jam.

Meskipun membawa penyimpanan daya berkapasitas besar, bodi vivo X200 Pro menariknya masih tergolong cukup tipis. Ini berkat teknologi silicon negative electrode battery yang lebih tipis tetapi memiliki kapasitas lebih besar dan masa pakai lebih lama.

Sementara untuk sektor pengisian daya, vivo X200 Pro sudah menggunakan teknologi 90W FlashCharge. Dukungan ini hadir bersama pengisian nirkabel yang mampu beroperasi hingga 30W.

5. Ikut Bawa Fitur AI

Sama seperti ponsel menengah ke atas di masa sekarang, vivo X200 Pro juga meluncur dengan sistem kecerdasan buatan bawaan. Perangkat tersebut secara khusus membawa BlueLM Agent.

BlueLM Agent merupakan model kecerdasan yang dikembangkan oleh vivo sendiri. Yang menarik, model ini memungkinkan kita mengunduh paket algoritma yang bisa digunakan secara luring.

Sistem kecerdasan buatannya pun hadir dalam beberapa fitur seperti Image Stylization yang dapat digunakan untuk mengelola gambar dan Document Summarization untuk tulisan.

Selain fitur buatan vivo, perangkat tersebut menariknya juga sudah dilengkapi dengan fitur Circle to Search yang sebelumnya hadir di beberapa perangkat Samsung dan Xiaomi.

Kekurangan vivo X200 Pro

1. Beberapa Fitur Harus Menunggu Pembaruan

Sayangnya, beberapa fitur tidak langsung hadir ketika vivo X200 Pro diperkenalkan. Perusahaan vivo secara khusus menegaskan bahwa sebagian di antaranya akan didistribusikan melalui pembaruan.

Agar dapat memakai berbagai fitur unggulan yang belum hadir pada vivo X200 Pro, kita pun harus melakukan pembaruan. Pastikan mengecek ketersediaannya setelah kita membeli perangkat tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar