ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Dual Rec di HP Samsung, Rekam Dua Kamera Sekaligus

Gadgetren – Rekaman Ganda atau Dual Rec merupakan salah satu fitur menarik yang telah disematkan pada aplikasi kamera bawaan ponsel Samsung.

Rekaman Ganda memungkinkan kamu dapat melakukan perekaman video dengan menggunakan dua kamera sekaligus. Berbeda dengan fitur Dual View pada perangkat merek lain yang hanya kamera depan dan belakang, pada Dual Rec dapat menggunakan kombinasi dari berbagai jenis kamera.

Tentunya Rekaman Ganda akan membuat perekaman lebih variatif karena dapat memanfaatkan beragam kamera secara bersamaan.

Cara Rekaman Ganda di HP Samsung

  1. Buka aplikasi Camera atau Kamera bawaan ponsel Samsung.
  2. Pada halaman utama kamera, geser dan pilih menu More.
  3. Selanjutnya, pilih menu Dual Rec.
  4. Secara otomatis kamera depan dan belakang utama akan aktif.
  5. Tekan tombol More berikon empat kotak untuk memilih varian kamera lain.
  6. Lalu tekan tombol Record berikon lingkaran merah untuk memulai proses rekaman.
  7. Apabila telah selesai, maka tekan tombol Stop berikon kotak merah.

Hasil video dengan Rekaman Ganda akan disimpan di penyimpanan internal ponsel. Kamu dapat membuka aplikasi Gallery atau File Manager untuk melihat hasil video.

Nantinya video akan menampilkan tangkapan dari dua kamera yang kamu pilih, misalnya kamera depan + kamera ultrawide + telefoto, kamera belakang utama + ultrawide, dan lainnya.

Bisa dibilang fitur Rekaman Ganda dari ponsel Samsung lebih unik dibandingkan dengan fitur serupa milik ponsel merek lain yang hanya bisa menggunakan kamera depan dan belakang saja.

Biasanya Dual View dari merek lain hanya bisa melakukan variasi dari bentuk perekaman kamera depan + belakang saja dengan memberikan mode bingkai seperti Split, Bubble, dan Rectangle.

Fitur Rekaman Ganda tentunya membutuhkan spesifikasi yang cukup bertenaga sehingga biasanya terdapat pada ponsel Samsung kelas menengah ke atas.

Oleh karena itu, fitur ini tidak dimiliki seluruh ponsel Samsung dan beberapa ponsel pun opsinya terbatas karena jenis kamera yang disediakan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar