ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan nubia V60 Design, Fiturnya Lengkap!

Gadgetren – Seolah tak cukup dengan nubia Music dan ZTE Blade A55, perusahaan ZTE kembali meramaikan pasar entri di Indonesia dengan meluncurkan ponsel baru bernama nubia V60 Design.

Ponsel baru tersebut dibanderol dengan harga normal Rp1.999.000. Namun selama masa promosi, kita sudah dapat meminangnya hanya dengan mengeluarkan dana sebesar Rp1.499.000.

Dengan banderol harga yang relatif terjangkau, perangkat tersebut dapat menjadi opsi menarik saat kita ingin membeli ponsel baru. nubia V60 Design terlebih lagi mempunyai berbagai keunggulan yang bisa dipertimbangkan.

Kelebihan ZTE nubia V60 Design

1. Layar Menarik

Keunggulan dari nubia V60 Design salah satunya terletak pada bagian layar. Perangkat tersebut sudah menggunakan lubang kamera berbentuk punch hole seperti berbagai ponsel di masa sekarang.

Penggunaan punch hole ini membuat nubia V60 Design terlihat lebih mutakhir. Perangkat tersebut apalagi memadukannya dengan fitur Live Island, yakni kapsul interaktif yang akan menampilkan berbagai notifikasi, aktivitas, dan pengingat selayaknya Dynamic Island iPhone.

Spesifikasi layar nubia V60 Design di sisi lain juga terbilang bagus. Perangkat tersebut sudah menggunakan panel yang membentang seluas 6,6 inci dengan resolusi gambar sampai HD+ (1612 x 720 piksel).

Layar nubia V60 Design juga sudah membawa pengaturan refresh rate tinggi yang mana secara teknis mampu menangani hingga 90Hz. Jadi selama konten mendukung, perangkat tersebut dapat menampilkan animasi yang benar-benar terlihat mulus.

2. Memori Berkapasitas Besar

Bersama dengan chipset Unisoc T606 yang menjadi dapur pacunya, nubia V60 Design juga dilengkapi dengan dukungan memori yang sangat baik. Perangkat tersebut mempunyai RAM maupun penyimpanan yang tergolong besar.

Bahkan secara khusus, penyimpanan nubia V60 Design tercatat lebih besar dari kebanyakan ponsel di kelasnya. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan media internal berkapasitas 256GB saat perangkat lain masih di bawah 128GB.

Dukungan RAM yang diusung oleh nubia V60 Design di sisi lain juga tidak kalah menarik. Perangkat tersebut sudah dilengkapi memori berkapasitas 6GB yang mana nantinya bisa diekspansi dengan tambahan hingga 10GB jika masih terasa kurang.

3. Kamera Beresolusi Tinggi

Sistem kamera yang digunakan oleh nubia V60 Design juga terlihat cukup menjanjikan. Perangkat tersebut mempunyai lensa utama yang mampu menangani pengambilan gambar beresolusi tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan ZTE nubia V60 Design - Kamera

Dalam hal ini, kamera utama nubia V60 Design sudah menggunakan lensa beresolusi 50MP. Pihak ZTE secara khusus memadukannya bersama sensor kedalaman 2MP dan lensa AI sebagai penunjang.

Berbekal sistem kamera yang ditawarkan, nubia V60 Design tentu dapat menghasilkan gambar yang tidak mudah pecah ketika diperbesar. Ini bisa menjadi solusi misalnya ketika kita memerlukan foto yang dapat dicetak dengan baik dalam ukuran poster.

4. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

Beralih ke keunggulan yang selanjutnya, nubia V60 Design juga mempunyai dukungan mumpuni pada sektor daya. Perangkat tersebut mempunyai baterai dan teknologi pengisian yang bisa diandalkan.

Baterai nubia V60 Design sudah berkapasitas sebesar 5.000mAh. Dikombinasikan bersama sistem penghemat daya cerdas, perangkat tersebut dapat digunakan untuk beraktivitas tanpa perlu berulang kali mengisi daya.

Sebagai penunjang, perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan pengisian berdaya 22,5W. Teknologi ini memungkinkan baterai cepat terisi penuh sehingga kita tidak perlu menunggu lama untuk menggunakan ponsel.

5. Fitur Lengkap

Dibanderol dengan harga Rp1 jutaan, nubia V60 Design membawa fitur yang lumayan lengkap. Kita bahkan akan menemukan sejumlah dukungan yang umumnya tersedia untuk kelas di atasnya.

Salah satu di antaranya termasuk fitur pemindai sidik jari. Ponsel besutan ZTE tersebut sudah dilengkapi dengan sensor yang secara khusus diletakkan terintegrasi dengan tombol Power di bagian samping.

Tak hanya sampai di situ, ZTE pun telah menyematkan dukungan NFC (Near Field Communication) ke dalam nubia V60 Design. Perangkat tersebut makanya sudah dapat digunakan untuk mengecek saldo e-money atau melakukan transaksi digital lainnya.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Tim Gadgetren, sertifikasi IP53 juga sudah turut melengkapi berbagai fitur penunjang dalam perangkat tersebut. Ini mengartikan bahwa nubia V60 Design mempunyai ketahanan lebih baik terhadap percikan air dan debu.

Mendukung pemasangan MicroSD, nubia V60 Design juga hadir dengan slot kartu terdedikasi. Kita nantinya dapat mengekspansi penyimpanan dan memasang dua nomor sekaligus saat memakai perangkat tersebut.

Kekurangan ZTE nubia V60 Design

1. Sistem Operasi Bawaan Ketinggalan

Hadir pada saat Android 15 akan segera meluncur dan kebanyakan perangkat sudah menggunakan Android 14, sistem operasi yang dijalankan oleh nubia V60 Design secara bawaan sayangnya cukup ketinggalan.

Alih-alih memakai salah satu sistem terbaru di atas, antarmuka MyOS 13 yang dijalankan oleh nubia V60 Design masih memakai Android 13. Makanya ada kemungkinan beberapa fitur mutakhir belum hadir di perangkat tersebut.

Hal ini sangat disayangkan karena kita setidaknya harus mengunduh sendiri saat pembaruan sudah keluar. Pihak ZTE di sisi lain tidak mengungkapkan apakah perangkat tersebut akan memperoleh sistem yang lebih baru atau tidak.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar