ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mematikan Centang Biru WhatsApp Agar Tidak Terlihat Dibaca

Cara Mematikan Centang Biru WhatsApp Header

Gadgetren – WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan teks, suara, gambar, video, serta melakukan panggilan suara dan video melalui internet.

Ketika mengirim pesan teks, pengguna dapat memilih pesan dapat diketahui terbaca oleh penerima atau tidak melalui fitur centang biru yang mana bisa diatur pada bagian setelan WhatsApp.

Fitur centang biru secara bawaan akan langsung aktif, namun kamu tentu bisa mematikannya agar penerima tidak tahu bahwa kamu sedang online maupun pesan telah terbaca atau belum.

Cara Mematikan Centang Biru WhatsApp

  1. Buka Aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.
  2. Di halaman Chat ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  3. Ketuk menu Setelan. Laporan-dibaca-WA-
  4. Ketuk menu Privasi. Laporan-dibaca-WA-
  5. Di bagian menu Laporan dibaca, geser tombol ke kiri untuk menonaktifkan Laporan Dibaca. Laporan-dibaca-WA-

Setelah kamu mematikan fitur ini, maka kamu tidak akan menerima tanda centang biru ketika orang lain membaca pesan yang kamu kirim. Sebaliknya, orang lain juga tidak akan melihat tanda centang biru ketika kamu membaca pesan mereka.

Namun, perhatikan bahwa centang biru tidak bisa dimatikan untuk pesan grup sehingga anggota lain tetap akan bisa melihatnya walaupun kamu sudah mengubah opsi Laporan dibaca. Hal ini kemungkinan bertujuan agar memberikan transparansi dalam komunikasi grup.

Pasalnya banyak anggota yang terlibat dalam sebuah grup dan laporan dibaca akan mengetahui apakah pesan telah dilihat oleh anggota lain atau belum.

Dalam banyak kasus, grup digunakan untuk koordinasi kegiatan atau diskusi penting. Laporan dibaca membantu memastikan bahwa semua anggota mengetahui status percakapan dan siapa yang telah menerima informasi yang dibagikan.

Jika laporan dibaca bisa dimatikan dalam grup, hal ini malah bisa menyebabkan kebingungan atau ketidakseimbangan dalam komunikasi grup di mana mungkin baru beberapa anggota saja yang sudah membacanya.

Dengan mempertahankan laporan dibaca untuk grup, WhatsApp memastikan bahwa setiap anggota grup memiliki pandangan yang sama mengenai siapa yang telah berpartisipasi dalam percakapan untuk membantu menjaga komunikasi yang lebih efisien dan efektif.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.