ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Wearable

8 Fitur Unggulan Samsung Galaxy Ring, Tak Kalah Lengkap!

Fitur Unggulan Samsung Galaxy Ring - Header

Gadgetren – Selain generasi baru dari jajaran produk yang sudah ada sebelumnya, Samsung turut memperkenalkan sebuah lini perangkat wearable baru yang diberi nama Samsung Galaxy Ring.

Seperti namanya, Galaxy Ring merupakan sebuah perangkat kebugaran berbentuk cincin. Perangkat tersebut dapat menjadi alternatif pas bagi mereka yang tidak mau menggunakan arloji atau gelang pintar selama 24 jam penuh.

Meskipun tidak selengkap lini Samsung Galaxy Watch dan Galaxy Fit, Galaxy Ring mempunyai sejumlah fitur unggulan yang dapat membantu kita memahami kesehatan dan kebugaran diri sendiri dengan mudah.

1. Galaxy AI

Seperti halnya berbagai produk Samsung di masa sekarang, Galaxy Ring juga dilengkapi dengan sistem kecerdasan buatan Samsung Galaxy AI. Perangkat wearable tersebut secara khusus membawa fitur-fitur yang mirip dengan Samsung Galaxy Watch 7.

Salah satunya adalah Energy Score. Fitur Galaxy AI ini memungkinkan kita memperoleh informasi tentang kesiapan fisik untuk menjalani rutinitas. Galaxy Ring akan secara cerdas mengevaluasi kondisi pengguna berdasarkan kualitas tidur, denyut jantung, hingga aktivitas.

Selain itu, Galaxy Ring juga menawarkan dukungan Wellness Tips. Kita akan memperoleh berbagai pesan personal mengenai cara meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh berdasarkan data komprehensif dan minat.

2. Sleep Tracking

Bentuknya yang ringkas dan ringan membuat Galaxy Ring bisa menjadi pendamping yang tepat saat kita tidur. Seperti cincin pada umumnya, perangkat tersebut bisa dipakai dengan nyaman dan tidak akan mengganggu meskipun tidak dilepas.

Fitur Unggulan Samsung Galaxy Ring - Aplikasi

Di sisi lain, perangkat tersebut juga dilengkapi dengan dukungan Sleep Score yang sudah ditingkatkan. Fitur ini memungkinkan Galaxy Ring melakukan analisis yang mendetail dan akurat terhadap kualitas tidur penggunanya.

Bersama dengan analisis mendengkur, Sleep Score akan memberikan metrik pengukuran yang lengkap. Termasuk di dalamnya meliputi gerakan, latensi, detak jantung, dan pernapasan yang mana semuanya akan diukur pada saat pengguna tidur.

3. Heart Monitoring

Dukungan pemantau kesehatan jantung juga tersedia di Galaxy Ring. Perangkat cincin pintar tersebut setidaknya mempunyai dua fitur utama yang bisa digunakan untuk melakukannya, yakni Heart Rate Alert dan Live Heart Rate Check.

Heart Rate Alert memungkinkan kita untuk senantiasa memperoleh informasi kesehatan jantung secara real-time. Fitur ini nantinya akan mengirim pemberitahuan instan ke ponsel saat detak jantung tiba-tiba menjadi terlalu tinggi atau rendah.

Sementara untuk Live Heart Rate Check, kita dapat memakainya untuk melihat informasi yang lebih mendetail mengenai detak jantung personal. Termasuk di antaranya meliputi jumlah per menit, waktu mulai, hingga durasinya.

4. Cycle Tracking

Khusus untuk pengguna perempuan, Galaxy Ring juga dilengkapi dengan Cycle Tracking. Fitur ini akan memudahkan mereka untuk melacak siklus menstruasi bulanan dan memprediksi mulai dari masa subur, ovulasi, hingga periode selanjutnya.

Fitur Galaxy Ring ini ditunjang dengan Infrared Temperature Sensor yang diklaim mempunyai kemampuan untuk membaca perubahan suhu kulit dengan lebih baik ketika pengguna sedang tidur di malam hari.

5. Fitness Tracking

Sebagai pelacak kebugaran, Galaxy Ring menawarkan dukungan untuk melacak aktivitas saat kita sedang berlatih. Perangkat tersebut bahkan mempunyai fitur Auto Workout Detection yang akan mendeteksi latihan secara otomatis sehingga ketika tidak perlu melakukan pengaturan apa pun.

Fitur Unggulan Samsung Galaxy Ring - Workout

Sayangnya, fitur Auto Workout Detection di Galaxy Ring masih mempunyai fungsi yang sangat terbatas. Kemampuan deteksinya sementara ini hanya mendukung olahraga lari maupun jalan kaki. Samsung berharap dapat meningkatkannya di masa mendatang.

Untuk melengkapi fungsi pelacak kebugarannya, Galaxy Ring sebenarnya mempunyai dukungan Inactive Alert yang akan memperingatkan kita untuk tetap bergerak. Namun, fitur ini sayangnya memerlukan aplikasi Samsung Health untuk bekerja.

6. Titanium dengan Fitur Tahan Air

Dirancang untuk menemani pengguna beraktivitas 24 jam penuh, Galaxy Ring hadir dengan bingkai terbuat dari Titanium Grade 5 yang menawarkan keandalan pemakaian tinggi. Desainnya juga dibuat cekung untuk meminimalkan goresan akibat kontak abrasif yang tidak disengaja.

Dalam hal ini, Galaxy Ring mempunyai lebar 7 mm dengan ketebalan 2,6mm. Bobotnya berbeda-beda mulai dari 2,3 gram hingga 3 gram di mana tergantung ukuran cincin yang dipilih pengguna.

Bagi kamu yang belum tahu, Galaxy Ring mempunyai sembilan ukuran berbeda. Kita dapat memilih mulai dari 5 hingga 13. Pembelian perangkat tersebut menariknya menyediakan opsi sizing kit untuk melakukan pencocokan dengan jari yang bisa dikirim ke rumah.

Fitur Unggulan Samsung Galaxy Ring - Waterproof

Keandalan pemakaian Galaxy Ring juga terlihat dari ketersediaan fitur tahan air dan debunya. Perangkat tersebut bahkan tak hanya mengemas sertifikasi IP68 saja, melainkan juga 10ATM yang menunjukkan bahwa perangkat dapat digunakan menyelam hingga kedalaman 100 meter.

7. Baterai Tahan Lama

Tersedia dalam sembilan ukuran, baterai Galaxy Ring memang mempunyai kapasitas yang berbeda-beda. Namun berdasarkan klaim Samsung, masing-masing mempunyai durasi waktu penggunaan yang cukup lama.

Ukuran 5 sampai 11 kabarnya dapat bertahan hingga selama enam hari pemakaian untuk setiap kali pengisian daya. Sementara untuk ukuran 12 dan 13 yang mempunyai kapasitas baterai lebih besar, perangkat tersebut bisa sampai tujuh hari.

Fitur Unggulan Samsung Galaxy Ring - Charging

Yang tak kalah menarik, teknologi pengisian daya Galaxy Ring sudah memakai sistem charging case seperti TWS alih-alih hanya sebuah dudukan saja. Di dalamnya pun terdapat baterai berkapasitas 361mAh yang memungkinkan kita melakukan pengisian secara portable.

8. Mendukung Gesture Pengoperasian

Tidak hanya fitur yang berkaitan dengan kesehatan maupun kebugaran saja, Galaxy Ring juga dilengkapi dengan gesture gerakan mencubit dua kali yang dapat digunakan untuk mengoperasikan ponsel-ponsel buatan Samsung.

Namun dalam hal ini, penggunaan gesture sayangnya masih sangat terbatas. Kita hanya dapat memakainya untuk mematikan alarm atau mengambil foto saja. Fitur ini pun hanya mendukung ponsel-ponsel yang sudah menjalankan sistem One UI 6.1.1 atau lebih baru.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.