ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

Samsung Hadirkan SmartExchange Untuk Buang dan Jual Perangkat Elektronik Rumahan dengan Mudah

Samsung Hadirkan SmartExchange Untuk Buang dan Jual Perangkat Elektronik Rumahan dengan Mudah

Gadgetren – Untuk melestarikan lingkungan dan memberikan solusi bagi pengguna yang ingin membuang atau menjual produk elektronik lama mereka, Samsung Electronics Indonesia menghadirkan program SmartExchange.

Program ini adalah program tukar tambah dengan konsep khusus untuk kamu yang membeli produk consumer electronics Samsung, seperti mesin cuci, kulkas, microwave, Televisi, maupun monitor di situs resmi samsung.com/id.

SmartExchange menawarkan sistem tukar tambah dengan jaminan harga untuk pembelian produk lama sesuai kondisi. Kamu juga dapat titip jual produk atau titip buang (e-waste disposal) produk elektronik bekas milikmu.

Nantinya sampah ini akan didaur ulang oleh lembaga kompeten yang dipercaya oleh Samsung Electronics Indonesia sehingga kamu bisa ikut serta melindungi kelestarian lingkungan dari bahaya sampah elektronik.

Joseph Martius selaku Head of Home Appliance Business Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan bahwa membuang barang elektronik lama terkadang menjadi sebuah dilema dengan ukurannya yang besar, biaya yang mahal, dan kurangnya informasi mengenai tempat pembuangnya. Namun dengan kehadiran program SmartExchange dari Samsung, kini ada solusi untuk membuang atau menjual barang lama.

“Program ini turut membantu mengatasi tantangan seputar sampah elektronik karena barang yang tidak terpakai tidak sekadar dibuang, melainkan didaur ulang untuk penggunaan berkelanjutan. Solusi praktis ini bukan hanya menjadi lingkung, namun juga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen,” imbuh Joseph.

Sebelum mengikuti program SmartExchange ini, kamu harus memenuhi beberapa syarat bahwa produk elektronik yang bisa ditukar tambah dalam program SmartExchange antara lain: produknya masih menyala serta berfungsi normal.

Selanjutnya, kondisi layar serta panel (pada TV dan monitor) atau gear mesin, saluran air (pada mesin cuci), kompresor serta freon (pada kulkas), pemanas serta grill (pada microwave) masih dalam kondisi normal dan tidak terdapat kerusakan.

Begitu pula dengan kondisi tombol-tombol serta knob masih lengkap dan berfungsi normal, termasuk untuk remote control (untuk produk TV dan monitor). Kondisi fisik barang elektronik lama wajib masih cukup baik, seperti masih mulus atau terdapat lecet, baret, atau penyok maksimal di 4 titik.

Pihak Samsung Electronics Indonesia juga memberikan informasi untuk mengikuti program SmartExchange dengan cara berikut ini:

  1. Kamu dapat mengunjungi dan membeli produk consumer electronics di samsung.com/id bertanda khusus
  2. Pada saat proses pembayaran, pilih opsi pengiriman “SmartExchange + Free Installation” pada bagian halaman alamat pengiriman.
  3. Produk baru akan diantar ke alamatmu dan produk lama dapat diserahkan untuk dititip jual atau dititip buang.
  4. Tersedia gratis jasa instalasi produk untuk pelanggan program SmartExchange oleh tim yang berpengalaman.
  5. Setelah produk lama berhasil terjual, pelanggan akan mendapatkan hasil penjualan.

Melalui program SmartExchange, kamu juga dapat menukarkan produk lamamu dengan produk terbaru dari Samsung, seperti mesin cuci BESPOKE AI Washer + Dryer Combo yang mempunyai kapasitas 13kg dan 8kg atau mesin cuci Laundry Front Load Washer & Dryer Ecobubble yang memiliki kapasitas besar hingga 21 kg.

Itu baru sebagian produk elektronik saja yang dapat ditukar tambah pada program SmartExchange. Tentunya kamu dapat menukar tambah produk elektronik Samsung jenis lainnya pada program ini sesuai dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SmartExchange, kamu dapat mengunjungi situs resmi Samsung Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar