ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Fitur Ini Bikin OPPO Reno11 Pro 5G Bisa Kendalikan Perangkat Elektronik Rumah

OPPO Reno11 Pro 5G - Display

Gadgetren – Hampir sama dengan generasi sebelumnya, OPPO Reno11 Pro 5G sudah dilengkapi dengan sensor Inframerah di bagian atasnya.

Berkat hadirnya sensor ini, OPPO Reno11 Pro 5G dapat digunakan untuk menjadi remote control beragam perangkat elektronik seperti Televisi, Kipas Angin, AC, DVD Player, Proyektor, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mengaktifkan kemampuan remote control perlu menggunakan aplikasi IR Remote yang sudah tersemat secara bawaan pada OPPO Reno11 Pro 5G.

Cara Menggunakan IR Remote di OPPO Reno11 Pro 5G

  1. Buka kunci layar ponsel.
  2. Akses aplikasi IR Remote.
    OPPO Reno11 Pro 5G - Remote Control - 1
  3. Klik tombol Add berikon +di bagian kanan bawah.
    OPPO Reno11 Pro 5G - Remote Control - 2
  4. Cari dan pilih perangkat elektronik yang ingin dikendalikan. Misalnya pilih TV.
    OPPO Reno11 Pro 5G - Remote Control - 3
  5. Kemudian cari dan pilih merek TV yang diinginkan.
    OPPO Reno11 Pro 5G - Remote Control - 4
  6. Pada halaman Pair Remote (Is The TV on), tekan No apabila TV sedang dalam kondisi mati atau Yes ketika sedang menyala.OPPO Reno11 Pro 5G - Remote Control - 5
  7. Apabila memilih No, maka tekan tombol Power untuk menyalakan TV.OPPO Reno11 Pro 5G - Remote Control - 6
  8. Pada saat berhasil, maka TV akan menyala.
  9. Lalu pilih Yes di bagian Did it work?.
    OPPO Reno11 Pro 5G - Remote Control - 7
  10. Pada halaman Save Remote, masukkan nama yang diinginkan pada Remote name.
  11. Tekan tombol Save.
    OPPO Reno11 Pro 5G - Remote Control - 8
  12. Selanjutnya berbagai tombol Remote Control untuk mengendalikan TV akan muncul.
    OPPO Reno11 Pro 5G - Remote Control - 9

Tombol-tombol Remote Control yang muncul pada aplikasi IR Remote jika memilih perangkat elektronik TV biasanya terdiri dari Mute, Channel, Home Power, Volume, More, Back, Arrow, dan OK.

Sebagai catatan, kamu bisa menemukan banyak perangkat elektronik ketika mengakses aplikasi IR Remote. Selain itu, pihak OPPO juga turut menghadirkan beragam merek dari peralatan elektronik yang sudah hadir di berbagai negara pada aplikasi tersebut.

Namun untuk User Interface (UI) atau tampilan antarmuka untuk tombol-tombol remote control yang muncul pada OPPO Reno11 Pro 5G akan berbeda-beda tergantung dari peralatan elektronik yang kamu pilih untuk dikendalikan.

Tentunya apabila kamu ingin menambahkan remote control untuk perangkat lainnya, maka dapat kembali ke halaman utama aplikasi IR Remote dan memilih kembali tombol Add berikon + di bagian bawah.

Setelah memilih jenis perangkat elektroniknya, maka dapat menentukan merek yang dimiliki. Lalu kamu dapat mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi IR Remote hingga berfungsi untuk mengendalikan peralatan elektronik tersebut.

Meskipun fitur menjadi remote control ini sangat memudahkan untuk mengendalikan peralatan elektronik, namun sebaiknya kamu menggunakannya dengan bijak ketika menggunakannya di berbagai lokasi terutama di tempat umum agar tidak merepotkan orang lain.

Menurut saya, hadirnya fitur remote control ini bisa sebagai pengganti sementara ketika remote control bawaan dari AC, TV, Proyektor, Kipas Angin, DVD Player, atau lainnya sedang hilang.

Jika kamu ingin membeli OPPO Reno11 Pro 5G, maka sudah dapat membelinya dengan harga Rp8.999.000 di Indonesia melalui OPPO Official Store di e-commerce Tokopedia. Sebagai tambahan, ponsel ini hadir dengan kombinasi chipset MediaTek Dimensity 8200 Octa-Core, RAM 12 GB, dan penyimpanan internal 512 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar