ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Tips Foto Kembang Api dengan OPPO Reno10 Series 5G

Cara Foto Kembang Api dengan OPPO Reno10 Series 5G[Ilustrasi: Pexels]

Gadgetren – Biasanya banyak orang yang akan menyalakan kembang api ketika memasuki acara perayaan besar seperti Tahun Baru pada tengah malam. Nah untuk mengabadikan momen kembang api tersebut, kamu dapat memotretnya dengan menggunakan handphone berkamera canggih seperti OPPO Reno10 Series 5G.

OPPO Reno10 Series 5G hadir dengan tiga versi di Indonesia yang terdiri dari Reno10 5G dengan kamera 64 MP (apertur f/1.7), Reno10 Pro 5G dengan kamera utama 50 MP (apertur f/1.8), dan Reno10 Pro 5G dengan kamera utama 50 MP (aperture f/1.8).

Bisa dibilang OPPO Reno10 Series 5G ini memiliki dukungan kamera utama beresolusi besar yang mampu menghasilkan foto berkualitas bagus. Untuk membuat hasil foto kembang api yang bagus, kamu dapat mengikuti beberapa tips memotretnya berikut ini.

Cara Foto Kembang Api dengan OPPO Reno10 Series 5G

Pakai Mode Pro

OPPO Reno10 Series 5G - Mode Pro Feature

Dibandingkan menggunakan mode Auto, kamu dapat memanfaatkan mode Pro yang terdapat pada OPPO Reno10 5G Series agar dapat menghasilkan foto kembang api yang lebih dramatis.

Dengan mode Pro ini memungkinkan kamu dapat mengatur beberapa aspek penting kamera mulai dari ISO, Shutter Speed, Focus, dan White Balance secara manual yang dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan.

Namun berbeda dengan mode Auto yang sudah ditentukan secara otomatis oleh sistem, kamu harus melakukan percobaan beberapa kali terlebih dulu agar bisa menghasilkan foto yang bagus karena pengaturannya yang manual untuk mendapatkan kombinasi angka ISO dan Shutter Speed terbaik.

Untuk mengaktifkannya, kamu dapat mengunjungi menu Mode Pro yang terdapat di bagian More pada aplikasi kamera bawaan dari handphone OPPO Reno10 Series 5G sebagai berikut ini:

  1. Buka aplikasi kamera bawaan perangkat
  2. Pada pada aplikasi kamera, swipe atau geser menu ke kanan hingga muncul menu More
    OPPO Reno10 Series 5G - Mode Pro Set 2
  3. Selanjutnya, pilih Pro
    OPPO Reno10 Series 5G - Mode Pro Set 3
  4. Nantinya pada saat tulisan Pro muncul, kamu juga akan melihat pengaturan ISO, Shutter Speed, EV, Focus, dan White Balance
    OPPO Reno10 Series 5G - Mode Pro Set 4

Atur ISO ke Terendah

OPPO Reno10 Series 5G - ISO Set

ISO merupakan tingkat sensivitas dari sensor kamera Reno10 Series 5G terhadap penyerapan cahaya. Dengan begitu, kamu dapat menentukan seberapa besar cahaya yang dapat ditangkap oleh kamera perangkat.

Semakin rendah nilai ISO, maka membuat hasil foto menjadi lebih gelap. Sedangkan nilai ISO yang lebih tinggi, akan membuat hasil foto menjadi lebih terang. Dengan cahaya kembang api yang terang, maka kita dapat mengatur ISO ke posisi terendah agar menangkap momen kembang api dengan hasil yang jelas.

Biasanya apabila ISO diset dengan angka yang tinggi akan membuat penyerapan cahayanya pun menjadi banyak sehingga berakibat terjadinya overexposure yang menyebabkan foto terlalu terang.

Untuk itulah, kamu dapat mengatur ISO pada mode Pro ke angka terendah 100 yang terdapat pada aplikasi kamera bawaan yang terdapat pada OPPO Reno10 Series 5G ketika ingin memotret kembang api.

Setel Shutter Speed Lebih Lama

OPPO Reno10 Series 5G - Shutter Speed Set

Biasanya ISO yang rendah ini akan dikombinasikan dengan Shutter Speed dengan waktu yang lama agar mendapatkan hasil foto kembang api dengan garis cahaya yang terlihat menarik.

Shutter Speed sendiri merupakan lamanya waktu rana kamera yang terbuka untuk memotret suatu objek. Dengan Shutter Speed yang lebih lama, kamu dapat menangkap objek dengan lebih lama dengan berakibat pada objek terlihat blur yang memiliki kesan sedang bergerak dengan cepat, namun latar belakangnya terlihat diam.

Shutter Speed yang lebih lama ini sangat cocok untuk memotret objek yang memiliki cahaya di malam hari karena bisa mendapatkan garis cahaya yang lebih panjang sehingga menghasilkan foto yang dramatis.

Semakin lama Shutter Speed yang digunakan, maka berefek juga pada penyerapan cahaya yang lebih tinggi. Untuk itulah, kamu harus mengombinasikannya dengan angka ISO yang rendah agar hasil foto nya menjadi tidak sangat terang.

Pada mode Pro di OPPO Reno10 Series 5G, kamu dapat mengatur angka Shutter Speed dari 1/8000 detik hingga 30 detik. Untuk itulah, kamu menjajal Shutter Speed terlebih dulu antara 0,5 detik, 1 detik, 3 detik, 4 detik, 8 detik, atau 30 detik, agar bisa melihat hasil foto terbaiknya.

Gunakan Tripod

Mode Pro - OPPO Reno10 Series 5G

Setelah mode Pro dengan ISO dan Shutter Speed yang ditentukan, barulah kamu pasangkan handphone ke Tripod agar bisa membuat perangkat berdiri stabil ketika sedang mengambil foto kembang api.

Perlu dicatat bahwa semakin lama Shutter Speed yang digunakan akan membuat tingkat blur pada foto menjadi sangat tinggi ketika terjadi sedikit getaran pada kamera Reno10 Series 5G. Apalagi terkadang tangan kita akan tremor atau bergoyang ketika sedang menahan perangkat yang sedang memotret objek.

Dengan begitu, kamu dapat langsung menaruh handphone pada Tripod yang tentunya stabil sehingga dapat meminimalisir noise dari hasil foto yang menggunakan Shutter Speed yang lama.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar