ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menambah RAM HP realme dengan Fitur DRE

Cara Menambah RAM HP realme Header

Gadgetren – Mengikuti tren saat ini, realme telah menghadirkan fitur bawaan untuk menambah RAM yang bernama DRE (Dynamic RAM Expansion) di ponsel buatannya.

Hadirnya fitur DRE memungkinkan sistem ponsel realme terbaru dapat meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal untuk dijadikan RAM Virtual sehingga dapat digunakan untuk membantu menopang aplikasi yang sedang berjalan.

Sementara itu kapasitas RAM Virtual yang dapat disediakan oleh fitur DRE akan berbeda-beda pada setiap ponsel realme. Biasanya untuk ponsel kelas bawah atau menengah akan tersedia pilihan 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB sedangkan pada ponsel seri kelas menengah ke atas akan tersedia pilihan dari 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB.

Namun perlu dicatat bahwa kapasitas RAM Virtual tentu akan memakan kapasitas penyimpanan internal. Dengan begitu misal jika sebelumnya tertera bahwa penyimpanan internal yang tersedia sebesar 120 GB, pada saat fitur DRE diaktifkan dengan pilihan kapasitas 8 GB akan membuat sisanya menjadi 112 GB.

Berkat tambahan RAM dengan fitur DRE akan membuat aktivitas multitasking pada ponsel realme menjadi lebih lancar. Untuk bisa menambah RAM pada ponsel realme dengan fitur DRE pun sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Menambah RAM HP realme

  • Akses aplikasi Settings di ponsel realme.
  • Pilih menu About device.
    realme - Tambah RAM - 1
  • Pilih opsi RAM untuk mulai menambah.
    realme - Tambah RAM - 2
  • Pada halaman RAM Expansion, pastikan tombol toggle RAM Expansion ke posisi aktif.
    realme - Tambah RAM - 3
  • Pilih kapasitas RAM Virtual yang diinginkan pada bagian Expand by.
    realme - Tambah RAM - 4
  • Tekan tombol Restart Now untuk memuat ulang ponsel.
    realme - Tambah RAM - 5
  • Setelah proses restart selesai, maka DRE akan menambah RAM sesuai dengan kapasitas yang ditentukan.

Proses restart perlu dilakukan untuk menyegarkan sistem sehingga efek fitur DRE baru bisa dirasakan setelahnya. Dikarenakan menggunakan kapasitas penyimpanan ponsel, sebaiknya fitur ini tidak diaktifkan ketika hanya tinggal sedikit supaya tidak membebani sistem.

Dengan begitu, selalu pastikan bahwa kapasitas penyimpanan internal sudah mencukupi jika ingin selalu menambah RAM pada ponsel realme yang kamu gunakan. Selain itu, fitur DRE hanya tersedia pada ponsel realme generasi baru sehingga pengguna ponsel realme generasi baru disayangkan tidak dapat menikmati fitur ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar