ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan realme 12+ 5G, Tak Kalah Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan realme 12+ 5G - Header

Gadgetren – Perangkat realme 12+ 5G memang hadir sebagai opsi yang lebih terjangkau dari seri keluarganya di mana kita secara khusus sudah dapat meminangnya dengan harga Rp4.199.000.

Meskipun begitu, perangkat tersebut tetap bisa menjadi pilihan menarik saat kita sedang membutuhkan sebuah ponsel baru. Soalnya realme 12+ 5G sudah membawa spesifikasi dan dukungan cukup mumpuni untuk menangani berbagai macam keperluan.

Bahkan jika dilihat dengan saksama, perangkat anyar tersebut pun mempunyai sejumlah kelebihan yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan. Walaupun memang masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Kelebihan realme 12+ 5G

1. Chipset Unggulan

Sudah sangat wajar apabila sebuah perangkat yang dibanderol dengan harga Rp4 jutaan menawarkan chipset dengan teknologi jaringan 5G. Hanya saja pada realme 12+ 5G terasa lebih wah karena mereka menggunakan MediaTek Dimensity 7050.

Dimensity 7050 merupakan chipset 6nm yang dikembangkan berdasarkan arsitektur ARM Cortex-A78 dan Cortex-A55 berkecepatan hingga 2,6GHz. Sementara pemroses grafisnya pun sudah mengandalkan ARM Mali-G68 MC4.

Berdasarkan klaim dari pihak realme, hasil uji coba sintetis untuk chipset ini pun tergolong cukup tinggi. Dimensity 7050 dalam catatannya bahkan mampu menembus skor lebih dari 600 ribuan pada aplikasi AnTuTu.

Di sisi lain, chipset menengah 5G ini umumnya masih digunakan pada perangkat-perangkat dengan banderol harga lebih dari Rp5,5 juta. Oleh karena itu terasa cukup wah ketika realme berani memakainya pada realme 12+ 5G yang tersedia jauh lebih murah.

Pada realme 12+ 5G, chipset ini dikombinasikan bersama RAM berkapasitas 8GB. Kita yang masih merasa kurang puas pun dapat mengekspansinya menggunakan fitur DRE (Dynamic RAM Expansion) dengan memori virtual hingga 8GB sebagai tambahan.

2. Penyimpanan Luas

Disokong dengan mesin berkinerja mumpuni, realme 12+ 5G juga dilengkapi dengan penyimpanan yang tergolong sangat besar. Perangkat tersebut menawarkan media internal berkapasitas 256GB yang mana secara teknis sudah cukup untuk menyimpan berbagai macam data dan aplikasi.

Apabila dirasa masih belum cukup, realme 12+ 5G menariknya masih mempunyai slot khusus untuk memasang kartu media eksternal. Kita pun dapat memakainya untuk memperluas penyimpanan sehingga mampu menampung lebih banyak data.

3. Baterai dan Pengisian Daya OK

Sama halnya dengan berbagai macam ponsel di masa sekarang, realme 12+ 5G juga mempunyai dukungan baterai yang sangat besar. Kapasitas penyimpanan daya perangkat tersebut memungkinkan perangkat menampung listrik hingga 5.000mAh.

Pihak realme menyebut bahwa baterai ini memungkinkan realme 12+ 5G dapat digunakan sepanjang hari. Jadi kita tidak perlu khawatir perangkat cepat kehabisan daya sehingga kita terpaksa menghentikan aktivitas untuk sementara waktu.

Kalaupun kehabisan daya sehingga kita terpaksa melakukan pengisian, realme 12+ 5G di sisi lain sudah dilengkapi dengan teknologi 67W SuperVOOC. Perangkat tersebut pun dapat mengisi baterai dengan durasi waktu lebih singkat.

Dengan teknologi pengisian ini, realme 12+ 5G diklaim mampu mengisi dari 1 – 50 persen hanya dalam kurun waktu 19 menit. Sementara untuk membuat baterai sampai penuh memerlukan kurang lebih sekitar 48 menit.

4. Kamera Bersensor Sony

Perangkat realme 12+ 5G memang belum dibekali dengan lensa telefoto periskop seperti saudaranya. Hanya saja dukungan fotografi pada ponsel tersebut tak kalah mumpuni apalagi jika dibandingkan perangkat-perangkat sekelasnya.

Kamera utama realme 12+ 5G soalnya sudah dilengkapi sensor Sony LYT600 yang membawa fitur OIS di dalamnya. Ditunjang dengan peranti lunak khas realme, kita pun dapat memakainya untuk menghasilkan bidikan berkualitas secara lebih mudah.

Mengacu beberapa perangkat dengan sensor serupa yang pernah Tim Gadgetren coba, kamera utama realme 12+ 5G seharusnya mampu menghasilkan gambar yang terlihat tajam dengan warna cukup akurat. Bahkan dalam hal ini bisa memuaskan untuk pengambilan di siang maupun malam hari.

Ditambah lagi, konfigurasi lensa yang ditawarkan oleh realme 12+ 5G juga termasuk lengkap. Kita di antaranya sudah dapat menjumpai lensa ultrawide 8MP, makro 2MP, maupun kamera depan 16MP.

Kekurangan realme 12+ 5G

1. Pelindung Layar Dipertanyakan

Berbagai macam keunggulan dari perangkat realme 12+ 5G di atas sayangnya masih diikuti dengan sejumlah kekurangan. Adapun salah satu di antaranya terletak pada bagian layar.

Layar perangkat tersebut masih perlu dipertanyakan keandalan pemakaiannya. Pihak realme soalnya tidak menyebutkan secara jelas apakah realme 12+ 5G sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung unggulan seperti Corning Gorilla Glass atau belum.

Padahal jika melihat spesifikasinya, layar realme 12+ 5G sudah sangat menarik. Panelnya sudah menggunakan AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan refresh rate hingga 120Hz.

2. Slot Kartu Hibrida

Mendukung pemasangan kartu media eksternal, realme 12+ 5G sayangnya menggunakan slot berjenis hibrida. Kita pun harus memilih saat ingin memasang dua nomor secara bersamaan atau mengganti satunya dengan Micro SD.

Kabar baiknya, media penyimpanan internal yang diusung oleh realme 12+ 5G sudah cukup untuk menangani pemakaian di masa sekarang. Kita yang ingin menggunakan nomor ganda pun sebagai alternatifnya dapat menggunakan layanan awan atau melakukan pengelolaan data lebih baik apabila masih merasa kurang.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar