ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Hands-On Samsung Galaxy A54 5G – Usung Layar Super AMOLED 120Hz

Samsung Galaxy A54 5G Feature

Gadgetren – Samsung Electronics Indonesia baru-baru ini mengadakan acara bertajuk Hands-on Experience “The New Galaxy A54 5G” di Jakarta. Pada acara tersebut tim Gadgetren berkesempatan untuk melakukan hands-on sekaligus mencoba beberapa fitur yang dibawa oleh Samsung Galaxy A54 5G.

Unit handphone ini yang saya gunakan adalah varian warna warna Awesome Violet. Pada boks penjualannya terdapat buku panduan, buku garansi, dan kabel USB Type-C ke Type-C.

Dalam dus paket penjualan tidak terlihat charger dan casing pelengkap. Untuk itu perlu menggunakan charger dari handphone lama atau membelinya secara terpisah.

Samsung Galaxy A54 5G Back

Secara kasat mata, perangkat yang satu ini mengusung layar dengan desain Infinity-O yang memenuhi bagian depan lengkap dengan bezel yang kecil dan punch hole di bagian atasnya.

Layarnya mempunyai lebar 6,4 inci dengan teknologi Super AMOLED dan Vision Booster yang dapat menghadirkan konten dengan terang dan jernih sehingga nyaman di mata saya. Tingkat kecerahannya yang mencapai 1.000 nits memungkinkan konten pada layar ini masih dapat dilihat walaupun saya sedang berada di bawah terik matahari.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan, Samsung pun turut menyematkan Corning Gorilla Glass 5 pada lapisan atas perangkat ini. Layarnya juga menggunakan refresh rate hingga 120Hz yang mampu menampilkan gerakan transisi maupun animasi game dengan halus, terutama pada game yang memang mampu mendukung frame rate tinggi.

Refresh rate pada handphone ini juga dapat diatur menjadi Standard atau Adaptive. Untuk Standard mengizinkan saya menguncinya ke 60Hz. Sedangkan Adaptive memungkinkan kecepatan refresh rate dapat berubah-ubah tergantung dari konten yang sedang dilihat.

Samsung Galaxy A54 5G Display

Perangkat ini sudah dibekali dengan OneUI 5.1 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan antarmuka sederhana yang memudahkan saya untuk memilih serta menavigasi menu, menjalankan aplikasi maupun game, dan mengakses berbagai fitur.

Beralih ke bodi belakangnya, Samsung Galaxy A54 5G ini dilapisi material Corning Gorilla Glass 5 yang memberikan kesan kokoh dan mewah. Adapun warna Awesome Violet pada perangkat yang saya Hands-On, terlihat simpel dan menawan.

Selain itu, Galaxy A54 5G ini juga mempunyai varian warna lain yang terdiri dari Awesome Lime, Awesome Graphite, dan Awesome White. Varian tersebut dihadirkan agar memberikan pilihan warna sesuai dengan masyarakat Indonesia.

Masih pada bagian belakangnya, terdapat layout tiga kamera yang disusun secara vertikal dan simpel ditambah LED Flash. Tak ketinggalan, terdapat logo Samsung di bagian bawah belakangnya.

Samsung Galaxy A54 5G Port Button

Pada bagian kanan handphone ini, terdapat tombol Volume dan Power yang disusun secara vertikal. Adapun slot kartu SIM serta microSD disematkan tepat pada bagian atasnya. Untuk bagian bawahnya, terdapat port USB Type-C dan lubang speaker.

Sertifikasi IP67 yang dihadirkan membuktikan bahwa Samsung Galaxy A54 5G ini mampu bertahan selama 1 meter di dalam air dengan waktu maksimal 30 menit. Terdapat juga sensor NFC yang dapat memudahkan saya untuk pengisian atau pengecekan saldo kartu emoney dan pembayaran digital.

Baterai 5.000mAh yang hadir pada handphone ini diklaim pihak Samsung mampu bertahan lebih dari 2 hari dalam pemakaian normal. Sementara fitur 25W Fast Charging pada Samsung Galaxy A54 5G dapat mengisi daya dari kondisi 0% ke 50% cuma dalam waktu 30 menit saja.

Dapur pacu dari perangkat ini dipercayakan pada chipset Exynos 1380 (5nm) Octa-Core 2 GHz yang didampingi RAM 8 GB sehingga mampu menangani aktivitas multitasking aplikasi maupun game dengan baik.

Samsung Galaxy A54 5G AnTuTu and Geekbench

Terdapat fitur RAM Plus yang memungkinkan sistem meminjam kapasitas kosong dari ruang penyimpanan untuk menjadi RAM Virtual dengan pilihan yang terdiri dari 2 GB, 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB.

Pihak Samsung juga mengklaim bahwa performa chipset Exynos 1380 dari Samsung Galaxy A54 5G memiliki peningkatan kinerja 20% CPU dan 26% GPU dibandingkan handphone generasi sebelumnya.

Pada saat saya melakukan pengujian dengan AnTuTu Benchmark v9.5.7, perangkat ini berhasil mendapatkan skor 511.487 poin. Sementara Sementara berdasarkan pengujian dengan Geekbench 6, Samsung Galaxy A54 5G berhasil mendapatkan skor 1.004 poin untuk Single-Core dan 2.767 poin untuk Multi-Core.

Samsung Galaxy A54 5G TriCam

Soal urusan fotografi, Samsung Galaxy A54 5G ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 12 MP, dan makro 5 MP. Hadirnya fitur OIS (Optical Image Stabilization), membuat saya dapat menghasilkan foto yang jelas dan tidak blur.

Sementara kamera ultrawide dapat menghasilkan foto dengan area yang luas secara instan dan minim distorsi sehingga hasil fotonya masih terlihat proporsional. Adapun foto makro dapat digunakan untuk membidik objek dari jarak yang dekat antara 3 cm hingga 5 cm.

Dukungan fitur Nightography pada perangkat ini memungkinkan saya dapat menghasilkan foto yang baik di kondisi minim cahaya. Sementara kamera depan dari perangkat ini sudah mempunyai resolusi 32 MP yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto selfie normal dan Portrait dengan baik.

Samsung Galaxy A54 5G - Gedung - Ultrawide

Ultrawide

Samsung Galaxy A54 5G - Gedung - 50 MP

50 MP

Samsung Galaxy A54 5G - Model - Ultrawide

Ultrawide

Samsung Galaxy A54 5G - Model - 50 MP

50 MP

Samsung Galaxy A54 5G - Model - Portrait

Portrait

Samsung Galaxy A54 5G - Bunga - Makro

Makro

Samsung Galaxy A54 5G - Batu - Makro

Makro

Samsung Galaxy A54 5G - Model Black - Night

Night

Samsung Galaxy A54 5G - Model Black - Portrait

Portrait

Samsung Galaxy A54 5G - Selfie - Auto

Auto

Samsung Galaxy A54 5G - Selfie - Portrait

Portrait

Samsung Galaxy A54 5G sendiri dijual di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp5.999.000 untuk varian RAM 8 GB + ROM 128 GB dan Rp6.399.000 untuk RAM 8 GB + ROM 256 GB.

Bagi yang melakukan pembelian dari tanggal 16 hingga 31 Maret 2023 berkesempatan mendapatkan cashback Rp300.000, Samsung Care+ selama 6 bulan, dan XL Prabayar dengan kuota 120 GB selama 12 bulan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar