ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik Handphone

Ini 3 Tips Foto Malam Menggunakan Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G TriCam

Gadgetren – Pada pertengahan bulan Maret 2023 lalu, Samsung telah menghadirkan handphone kelas menengah bernama Galaxy A54 5G.

Handphone ini menjadi salah satu perangkat yang bisa diandalkan untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto di malam hari karena dibekali tiga kamera belakang berupa lensa utama 50 MP, sudut lebar 12 MP, dan makro 5 MP. Kemudian lensa depan menggunakan resolusi 32 MP.

Untuk membuktikan hasil foto dalam kondisi pencahayaan minim pada kamera Galaxy A54 5G, pihak Samsung pun menggaet fotografer Street, Urban, dan Minimalis yakni Dika Fidia. Hasilnya, Dika Fidia membagikan tiga tips mengambil kontenĀ  foto pada kondisi kurang cahaya menggunakan fitur Nightography.

Tiga Tips Foto dan Video Malam dengan Galaxy A54 5G

Nightography dengan Night Mode

Samsung-Galaxy-A54-Pro-Mode-Night-Mode

Dengan Galaxy A54 5G, Dika mengambil foto bis Trans Jakarta yang sedang berhenti mengangkut penumpang di kala malam hari. Dika menggunakan Night Mode untuk menangkap momen tersebut. Night Mode sendiri ada pada aplikasi Camera pada menu More.

Setelah itu pilih menu Night dengan mengetuknya maka kamera akan mengatur pengambilan gambar untuk mode malam. Dika menyebutkan agar hasil foto bisa jelas dan tidak blur maka perlu ditambahkan tripod sehingga lebih stabil.

Hasil foto bis Trans Jakarta yang mengangkut penumpang dengan Galaxy A54 5G terlihat jelas dan cerah meskipun di malam hari. Warna-warna pada foto juga jernih yang didukung dengan penerangan malam.

Nightography dengan Pro Mode

Samsung-Galaxy-A54-Headline-Picture

Fitur lainnya yang bisa digunakan untuk mengambil foto atau video dengan lebih banyak cahaya menggunakan Pro Mode. Dalam mode ini Dika mengatakan bahwa untuk menangkap lebih banyak cahaya maka membutuhkan ISO yang lebih besar mulai ISO 400 ke atas.

Namun pengguna juga harus berhati-hati dalam mengatur ISO yang disesuaikan dengan subjek di kondisi minim cahaya karena jika ISO terlalu tinggi misalnya 3200 maka bercak noise pada foto akan semakin kasar.

Video Editing Nightography

Samsung-Galaxy-A54-Remastering-Picture

Setelah hasil foto-foto dengan Nightography disimpan maka waktunya untuk memberikan sentuhan akhir agar hasilnya bisa lebih dramatis lagi sehingga bisa diunggah ke media sosial. Untuk itu Galaxy A54 5G menyediakan fitur AI Image Enhancer yang terdiri dari Remaster Picture dan Object Eraser.

Keduanya mampu meningkatkan kualitas foto-foto pada Galaxy A54 5G termasuk dengan mode malam. Adapun fitur Remaster Picture mampu mengurangi blur dan noise di foto dan meningkatkan resolusi foto sehingga foto akan terlihat lebih tajam dan hidup.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa membuka Galeri foto dan memilih foto yang akan di-Remaster. Pada foto tersebut ketuk ikon tiga titik di pojok kanan bawah dan pilih menu Remaster Picture. Kemudian jika hasil remaster sudah sesuai maka bisa mengetuk tombol Save untuk menyimpan perubahan ke Galeri.

Samsung-Galaxy-A54-Object-Eraser.

Sementara fitur Object Eraser memungkinkan pengguna menghapus objek yang tidak diinginkan. Salah satunya menghilangkan bayangan dan pantulan yang tidak diinginkan dari foto. Untuk menerapkan fitur tersebut pada foto yang dipilih sama seperti Remaster Picture.

Menu yang dipilih ialah Object Eraser. Selanjutnya pada foto bisa di-highlight area yang ingin dihapus dengan mengetuk tombol Erase. Jika sudah benar ketuk tombol Done dan pilih Save untuk menyimpan perubahan.

Soal harga Galaxy A54 5G dibanderol Rp5.999.000 untuk RAM berkapasitas 8 GB dan penyimpanan 128 GB sedangkan untuk RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB dilepas Rp6.399.000. Chipset perangkat ini menggunakan Exynos 1380 (5nm) Octa-Core 2.4GHz.

Baterainya berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi pengisian cepat 25W. Handphone ini juga mengantongi sertifikasi IP67 sehingga sudah tahan cipratan air dan debu.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar