ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Hilangkan Tanda Headset di HP Infinix Agar Speaker Nyala

Cara Hilangkan Tanda Headset di HP Infinix Header

Gadgetren – Berada di bawah naungan Transsion, Infinix telah berhasil merilis dan menjual beragam ponsel buatannya di Indonesia.

Sama seperti ponsel lainnya, bisa saja terjadi error pada ponsel Infinix ketika sudah digunakan dalam waktu yang lama. Salah satunya muncul tanda headset di bagian status yang mana permasalahan ini cukup sering ditemukan.

Tanda headset yang tetap muncul meskipun earphone atau headphone tidak terhubung akan membuat suara menjadi tidak keluar dari speaker karena sistem menganggap bahwa ada perangkat audio sedang terhubung. Lalu apa yang bisa dilakukan?

1. Restart Ponsel

Di samping menggunakan Safe Mode, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan restart ponsel Infinix melalui menu Turn Off atau Restart yang dapat kamu akses dengan menekan tombol Power beberapa saat.

Namun pada beberapa perangkat Infinix terbaru, kamu perlu menekan kombinasi tombol Power dan Volume Atas untuk memunculkan menu Turn off atau Restart.

Saat melakukan restart, ponsel akan mati terlebih dulu dan menyala secara otomatis untuk menyegarkan sistem. Restart ini biasanya digunakan sebagai langkah untuk mengatasi berbagai masalah, termasuk tanda headset yang muncul.

2. Bersihkan Port Audio Jack

Salah satu hal umum yang biasanya membuat tanda headset muncul pada ponsel Infinix disebabkan oleh port 3,5mm jack audio yang kotor sehingga seakan-akan sistem merasa bahwa ada earphone atau headphone akibat permukaan dari port tertutupi.

Kamu pun bisa membersihkannya dengan menggunakan tisu atau kain secara perlahan hingga kotoran hilang sepenuhnya yang mana seharusnya tanda headset akan menghilang dan suara dari speaker akan terdengar jika ini penyebabnya.

3. Coba Sambungkan Perangkat Audio Kembali

Ada lagi kasus ketika kamu melepas sambungan earphone atau headphone dari port 3,5mm jack audio secara terburu-buru, maka sistem terkadang akan mendeteksi bahwa perangkat audio masih terhubung.

Hal ini pun membuat sistem tetap memunculkan tanda headset di ponsel Infinix. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat menghubungkan kembali 3,5mm jack audio beberapa kali secara berulang untuk memperbaiki masalah tanda headset yang muncul.

4. Pasang Aplikasi Disable Headphone

Dikarenakan deteksi perangkat audio yang menjadi masalah, kamu pun bisa coba memaksa sistem untuk beralih ke speaker sebagai solusi alternatifnya

Kamu pun bisa menggunakan aplikasi buatan Lean StartApp bernama Disable Headphone, HDST Toggle dari Google Play Store untuk melakukannya tanpa perlu mengaktifkan fitur Developer Option.

Pada halaman utama aplikasi, kamu hanya perlu langsung menekan tombol Speaker untuk beralih ke Speaker Mode agar suara keluar dari speaker ponsel. Kamu juga dapat menekan tombol Test Sound ketika ingin menguji apakah apakah suara keluar dari speaker atau tidak.

5. Factory Reset

Sebagai langkah terakhir, kamu bisa coba membuat sistem operasi kembali seperti sedia kala melakukan Factory Reset pada ponsel Infinix yang bermasalah.

Kamu mengakses Erase all data (factory reset) pada aplikasi Settings untuk membuat sistem operasi kembali seperti semula. Jika masalah tanda headset memang diakibatkan oleh error sistem, maka seharunya melakukan Factory Reset dapat menjadi solusinya.

Namun Factory Reset akan menghilangkan data yang ada di dalam ponsel secara keseluruhan. Jadi kamu sebaikanya melakukan backup data terlebih dulu ke penyimpanan lain.

Sementara itu jika kamu merasa tidak nyaman dengan getaran yang muncul setiap kali menekan tombol keyboard, kamu bisa loh menghilang getaran keyboard tersebut melalui pengaturan yang sudah disediakan secara langsung

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar