Tips dan Trik Handphone

Cara Menghilangkan Tanda Headset di Handphone Infinix yang Mengganggu

Cara Menghilangkan Tanda Headset di Handphone Infinix Header

Gadgetren – Untuk bersaing dengan produsen lainnya di Indonesia, Infinix telah menghadirkan beragam handphone dengan spesifikasi dan harga menarik.

Layaknya handphone lain, terkadang masih terdapat masalah pada handphone Infinix ketika digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Salah satunya tanda headset yang tidak hilang pada bagian atas layar walaupun earphone atau headphone telah dilepas. Hadirnya tanda headset akan mengganggu karena apabila suara tidak akan terdengar dari speaker karena sistem menganggapnya bahwa ada perangkat audio terhubung.

1. Bersihkan Jack Headset

Salah satu hal yang menyebabkan masalah tersebut biasanya karena port 3,5mm jack dalam kondisi kotor sehingga seolah-olah seperti permukaan colokan sedang terpasang earphone atau headphone.

Kamu dapat membersihkannya dengan tisu atau kain hingga kotoran benar-benar menghilang. Apabila berhasil, maka seharusnya tanda headset akan turut menghilang.

2. Hubungkan Kembali Perangkat Audio

Terkadang pada saat kamu mencopot sambungan perangkat audio secara terburu-buru, sistem secara tidak sengaja masih memunculkan tanda headset di bagian atas layar karena masih dikira tersambung.

Kamu dapat menyambungkan kembali earphone atau headphone ke port audio secara berulang untuk benar-benar memastikan bahwa tanda headset hilang.

3. Gunakan Aplikasi Disable Headphone

Kamu dapat menggunakan aplikasi Disable Headphone, HDST Toggle untuk coba menghilangkan lambah headset di handphone Infinix. Aplikasi ini pun dapat diunduh langsung dari Google Play Store.

Pada halaman utama Disable Headphone, kamu tinggal memilih tombol Speaker untuk beralih ke Speaker Mode. Selanjutnya, tekan tombol Test Sound untuk mengecek suaranya apakah keluar dari speaker atau tidak.

4. Factory Reset

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang berhasil, sayangnya mungkin kamu mau tidak mau harus melakukan Factory Reset agar sistem dikembalikan seperti semula. Fitur ini akan menghilangkan data sehingga kamu harus mencadangkan data terlebih dulu agar dapat dipulihkan.

Kamu dapat melakukan reset handphone Infinix dengan mengakses menu Erase all data (factory reset) di pengaturan. Setelah proses Factory Reset selesai, maka handphone akan ke menu pengaturan awal.

Biasanya tanda headset pun akan menghilang karena sistem operasi XOS sudah normal seperti semula. Namun sebagai catatan, Factory Reset sebaiknya sebagai solusi terakhir apabila atas sudah tidak ada cara yang berhasil untuk dilakukan.

Tinggalkan Komentar