ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

5 Alasan Kenapa Memori Internal Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - Header

Gadgetren – Pemasangan aplikasi di dalam sebuah ponsel memang akan mengambil sebagian ruang kosong penyimpanan. Hanya saja tidak bisa menjadi satu-satunya alasan kenapa media internal bisa penuh.

Selain pemasangan aplikasi, ada banyak hal lain yang dapat membuat penyimpanan di dalam perangkat menjadi penuh. Umumnya akan berkaitan erat dengan aktivitas yang sering kita lakukan saat menggunakan ponsel tersebut.

Oleh karena itu, media penyimpanan internal pun dapat menjadi penuh meskipun aplikasi yang terpasang hanya sedikit. Adapun sebagian di antaranya bisa terjadi karena beberapa hal berikut.

1. Terlalu Banyak Gambar atau Video

Berkas gambar atau video umumnya mempunyai ukuran lebih besar ketimbang data-data yang lain. Belum lagi jika keduanya tersimpan dengan kualitas terbaiknya semisal hasil foto atau perekaman menggunakan kamera beresolusi tinggi.

Jika dibiarkan terus-menerus, kedua jenis berkas ini pun dapat membuat ruang penyimpanan lebih cepat habis. Media internal di dalam ponsel pun pada akhirnya bisa menjadi penuh tanpa harus memasang banyak aplikasi.

Menghapus gambar atau video dari galeri makanya bisa menjadi salah satu solusi yang dilakukan apabila media internal ponsel sering penuh padahal aplikasi di dalamnya sangat sedikit. Namun jika masih dianggap penting, kita bisa mencoba memindahkan berkas ke penyimpanan atau perangkat lain.

Memanfaatkan layanan penyimpanan awan seperti Google Photos juga bisa menjadi alternatif yang tak kalah menarik. Jika ponsel mendukung slot kartu media eksternal, memasang Micro SD lalu memindahkan foto atau video ke dalamnya pun bisa dipertimbangkan.

2. Penumpukan Cache maupun Data Sampah

  • Ketuk dan tahan ikon aplikasi.
  • Pilih menu App Info (ikon dengan huruf i) pada menu yang muncul.
    Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - 1
  • Masuk ke bagian Storage.
    Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - 2
  • Cek ukuran cache.
  • Gunakan fungsi Clear Cache jika diperlukan.
    Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - 3

Media internal ponsel juga bisa menjadi penuh apabila kita membiarkan data-data sampah maupun cache menumpuk seiring pemakaian. Meskipun di sisi lain biasanya membawa manfaat seperti mempercepat pemrosesan sebuah aplikasi atau sistem, berkas-berkas ini soalnya juga akan menggunakan sebagian ruang penyimpanan.

Untuk cache, kita dapat mengecek dan menghapusnya satu per satu untuk setiap aplikasi sebagaimana penjelasan di atas. Kita selain itu juga dapat memanfaatkan aplikasi cleaner bawaan ponsel atau dari pihak ketiga jika ingin membersihkan seluruhnya secara langsung.

Sementara untuk data sampah, jenisnya sangat beragam. Sebagian seperti berkas log atau sisa instalasi aplikasi mungkin akan ikut terhapus ketika kita memanfaatkan fungsi dari cleaner. Hanya saja sebagian yang lain seperti berkas cadangan yang sudah tak terpakai atau data tong sampah (recycle bin) kadang-kadang perlu dihapus secara manual.

3. Ukuran Data Aplikasi Memang Sangat Besar

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Keruk foto profil di pojok kanan atas.
    Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - 4
  • Pilih menu Manage apps & device.
    Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - 5
  • Ketuk bagian Free up space (biasanya ditandai dengan pemakaian penyimpanan dari kapasitas yang tersedia).
    Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - 6
  • Ketuk Short by (ikon garis-garis) di samping kanan.
    Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - 7
  • Ubah ke Size.
    Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - 8
  • Aplikasi akan diurutkan berdasarkan ukuran datanya.

Aplikasi berukuran besar juga dapat membuat penyimpanan menjadi lebih cepat penuh meskipun jumlahnya hanya sedikit. Biasanya akan didominasi oleh game-game yang kita pasang, terutama mereka yang menawarkan pengaturan konten beresolusi tinggi.

Kita yang menggunakan ponsel Android dapat mengeceknya dengan cara di atas. Sementara untuk menghapusnya, kita hanya perlu mencentang aplikasi-aplikasi yang ingin dihapus pada halaman Free up space lalu mengetuk Uninstall (ikon tong sampah) di pojok kanan.

Kenapa Memori Internal Selalu Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - 9

Bagaimana jika aplikasi tersebut masih diperlukan? Kita tentunya perlu membuat skala prioritas dan memilih mana yang lebih penting. Kita kemungkinan perlu menghapus aplikasi lain sebagai ganti apabila memang terpaksa.

Alternatif lainnya, kita dapat memanfaatkan versi ringan dari aplikasi berkaitan. Kita di sisi lain juga dapat memasang aplikasi berukuran lebih kecil dari pengembang berbeda tetapi mempunyai fungsi serupa jika memang tidak tersedia.

4. Ada Berkas Tersembunyi

Sejumlah berkas tersembunyi juga dapat membuat penyimpanan memori internal sering cepat penuh. Ini berlaku untuk data-data yang kita sembunyikan sendiri maupun yang dilakukan oleh sistem atau aplikasi.

Biasanya secara khusus dapat kita cek melalui file manager, galeri, hingga aplikasi bersangkutan dengan mengaktifkan fitur Hidden File atau Hidden Folder. Hanya saja caranya kemungkinan bisa berbeda-beda untuk setiap aplikasi.

5. Sering Mengunduh Berkas

Sering mengunduh berkas juga dapat menjadi salah satu faktor media penyimpanan internal di dalam sebuah ponsel cepat penuh. Meskipun ukuran datanya sangat kecil, lama kelamaan pun dapat semakin membengkak akibat penumpukan.

Mengecek folder download menggunakan file manager bisa menjadi salah satu hal yang dilakukan jika hal ini terjadi. Namun perlu sedikit digarisbawahi bahwa tidak semua unduhan tersimpan di lokasi yang sama sehingga kita mungkin perlu melihat berbagai macam folder lain.

Di samping itu, beberapa layanan juga tercatat menyediakan fitur download yang hanya dapat dilihat dari aplikasinya seperti YouTube. Kita juga perlu mengeceknya untuk memastikan tidak ada penumpukan di dalam aplikasi tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar