ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan vivo X200 Pro Mini, HP Mungil Mumpuni!

Gadgetren – Selain versi reguler dan Pro seperti sebelumnya, vivo kini turut memperkenalkan varian berukuran mungil bernama vivo X200 Pro Mini ke dalam lini ponsel flagship buatan mereka.

Perangkat tersebut pun dapat menjadi alternatif menarik bagi mereka yang menginginkan sebuah ponsel berukuran kecil tetapi mempunyai kemampuan mumpuni untuk menangani berbagai aktivitas dan kebutuhan.

Spesifikasi dan dukungan yang dibawanya sangat lengkap. Sebagian di antaranya bahkan menjadi keunggulan dari perangkat tersebut yang mana dapat dipertimbangkan saat ragu-ragu untuk meminangnya.

Kelebihan vivo X200 Pro Mini

1. Desain Mungil

Seperti apa yang sudah dijelaskan, vivo X200 Pro Mini mempunyai bodi yang terbilang mungil. Perangkat tersebut bakalan cocok buat mereka yang memerlukan ponsel ringkas untuk dibawa ke mana-mana.

Secara teknis, perangkat vivo X200 Pro Mini mempunyai bodi dengan panjang 150,83 mm dan lebar 71,76 mm dengan layar yang membentang hingga 6,31 inci. Ketebalannya pun hanya sekitar 8,15mm.

Bodi vivo X200 Pro Mini makannya sangat nyaman untuk digunakan bahkan dengan memakai satu tangan. Terlebih lagi, bobotnya juga tergolong sangat ringan di mana hanya sampai 187 gram.

2. Dapur Pacu Paling Bertenaga Saat Ini

Tidak jauh berbeda dari saudara-saudaranya, vivo X200 Pro Mini juga mengandalkan MediaTek Dimensity 9400 sebagai dapur pacu. Chipset ini tercatat mempunyai kinerja paling tangguh pada saat artikel diterbitkan.

Mengacu informasi yang disampaikan oleh Pihak vivo, vivo X200 Pro Mini mampu menghasilkan skor AnTuTu lebih dari 2,95 juta. Lebih tinggi dari berbagai perangkat flagship yang sudah meluncur sebelumnya.

Catatan angka pengujian yang tinggi ini cukup wajar karena Dimensity 9400 memang membawa sejumlah peningkatan. Dibandingkan generasi sebelumnya, kinerja pemrosesan datanya meningkat hingga 28 persen dan pemrosesan gambar 41 persen.

Selain itu, chipset ini pun sudah dipadukan bersama teknologi memori yang sangat mumpuni. Perangkat vivo X200 Pro Mini secara khusus sudah menggunakan kombinasi LPDDR5x dan UFS 4.0 seperti flagship pada umumnya.

3. Kamera Khas ZEISS

Keunggulan utama dari vivo X200 Pro Mini juga bukan hanya pada sektor kinerja. Perangkat tersebut pun membawa kamera yang menarik di mana sudah dikembangkan dengan berbagai teknologi ZEISS.

Termasuk salah satu di antaranya, kamera vivo X200 Pro Mini sudah dilengkapi dengan lensa optik ZEISS. Kemampuan pencitraan yang kuat darinya diklaim mampu menangani cahaya dan bayangan secara lebih baik untuk membantu kita menghasilkan foto dalam berbagai kondisi.

Lensanya pun sudah dilapisi dengan ZEISS T* Coating. Lapisan ini dapat meningkatkan transmisi cahaya, mengurangi pantulan cahaya, memproduksi warna secara akurat, dan membuat gambar pencitraan terlihat lebih natural.

Di sisi lain, sistem kamera pada vivo X200 Pro Mini juga mengemas konfigurasi yang sangat tinggi. Kamera utamanya bahkan sudah menggunakan sensor Sony LYT-818 beresolusi 50MP seperti kakaknya.

Meskipun tidak berukuran 1-inci, kemampuan pengambilan gambar Sony LYT-818 diklaim tak kalah mumpuni. Sensor ini bahkan disebut-sebut mempunyai dukungan perekaman video yang lebih baik.

Bersama dengan kamera utamanya, vivo X200 Pro Mini juga menghadirkan kamera telefoto periskop dan ultrawide dengan resolusi yang serupa. Kamera depannya pun sudah memakai sensor yang mampu menangani sampai 32MP.

4. Layar Memesona

Dengan layar yang berukuran kecil, vivo X200 Pro Mini menariknya masih menjanjikan tayangan gambar yang memesona. Panel yang digunakannya apalagi mendukung resolusi tinggi di mana sampai 2640 x 1216 piksel.

Panel miliknya pun sudah menggunakan 8T LTPO AMOLED yang mendukung tingkat kecerahan hingga 4.500nits. Teknologi layar ini dapat menangani refresh rate mulai dari 1Hz hingga 120Hz.

Layarnya pun sudah membawa berbagai dukungan seperti teknologi Dolby Vision dan HDR 10+. Selain itu, terdapat juga ZEISS Natural Color yang memungkinkan tampilan gambar terlihat lebih nyata.

5. Baterai dan Pengisian Daya Unggulan

Dalam bodinya yang mungil, vivo X200 Pro Mini menariknya juga sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Perangkat tersebut tercatat membawa kemampuan penyimpanan daya hingga 5.700mAh.

Ini dikarenakan vivo X200 Pro Mini sudah menggunakan teknologi silicon negative electrode battery yang menjanjikan baterai dengan kapasitas besar dan masa pakai panjang dalam dimensi lebih kecil.

Ketangguhan baterai vivo X200 Pro Mini pun sudah teruji. Hasil laboratorium vivo menunjukkan bahwa perangkat tersebut bahkan dapat bertahan hingga selama 10,8 jam untuk bermain game atau 19,8 jam untuk menonton video secara terus-menerus.

Bersama dengan baterainya yang besar, vivo X200 Pro Mini juga dilengkapi dengan dukungan pengisian daya yang mumpuni. Perangkat tersebut mendukung teknologi 90W FlashCharge dan 30W Wireless FlashCharge.

6. Bawa AI

Mengikuti jejak berbagai ponsel di masa sekarang, vivo X200 Pro Mini turut menghadirkan berbagai fitur kecerdasan buatan. Perangkat tersebut secara khusus mengemas model BlueLM Agent.

Model kecerdasan buatan yang dikembangkan vivo ini hadir dalam beberapa fitur yang bisa dipakai secara luring seperti Image Stylization dan Document Summarization. Jadi kita tidak perlu memakai layanan internet untuk sekadar melakukan pembuatan gambar, pengenalan teks, dan terjemahan instan.

Bukan hanya fitur cerdas buatan vivo sendiri. Perangkat tersebut juga hadir dengan Circle to Search dari Google yang memungkinkan kita mencari informasi hingga menerjemahkan teks hanya dengan menggambar lingkaran di layar.

Kekurangan vivo X200 Pro Mini

1. Sejumlah Fitur Tidak Langsung Tersedia

Hadir dengan antarmuka sistem mutakhir, vivo X200 Pro Mini sayangnya belum langsung sempurna. Beberapa fitur dari perangkat tersebut belum bisa dinikmati oleh pengguna pada saat diperkenalkan.

Perusahaan vivo menyebutkan bahwa beberapa fitur yang belum hadir akan didistribusikan melalui pembaruan selanjutnya. Ini mengartikan bahwa kita baru bisa menikmatinya jika sudah tersedia.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar