ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menampilkan Jam di Layar HP OPPO Sebagai Widget

Gadgetren – Color OS secara bawaan akan menampilkan jam pada halaman Home Screen ponsel OPPO untuk memperlihatkan waktu terkini.

Dibandingkan harus melihat jam yang berbentuk kecil di bagian kiri atas layar ponsel OPPO, melihat widget jam yang besar tentunya akan lebih mudah.

Ada kalanya juga kamu widget jam tersebut hilang dari layar ponsel OPPO, baik itu tidak sengaja maupun sengaja. Kamu pun dapat menampilkan kembali jam di Home Screen dengan langkah mudah.

Cara Menampilkan Jam di Layar HP OPPO

  • Buka kunci layar.
  • Tekan serta tahan area kosong Home Screen.
  • Atau bisa juga gesture cubit di area kosong Home Screen.
  • Pilih opsi Widgets di bagian bawah.
  • Selanjutnya, kamu dapat memilih opsi widget Clock yang disediakan.
  • Jam pun langsung ditampilkan di layar ponsel OPPO.

OPPO Reno10 Pro 5G - Diagonal Layoff Display 2

Perlu dicatat bahwa kamu harus mengosongkan baris halaman Home Screen yang digunakan untuk diisi widget Clock. Apabila baris halamannya tidak kosong, maka sistem akan menampilkan jam di halaman lain Home Screen atau menggeser widget dan icon lain.

Biasanya widget Clock membutuhkan 1 baris, 2 baris, hingga 3 baris yang mana masing-masing memiliki tampilan berbeda. Untuk 1 baris biasanya menampilkan informasi sederhana antara jam dan cuaca.

Sedangkan 2 baris dan 3 baris biasanya akan menampilkan ikon, tulisan jam, serta cuaca yang lebih besar. Menariknya lagi, terdapat widget 3 baris yang dapat menampilkan 3 jam berbeda di negara yang berbeda.

Selain jam, memang data cuaca pun cukup menarik untuk disematkan sehingga dapat mengetahui kondisi terkini dan berjaga-jaga akan hujan atau cuaca kurang baik. Data cuaca pun akan disesuaikan dengan lokasi kamu berada.

Kamu pun dapat menghapus kembali jam dari layar ponsel OPPO dengan langkah serupa hingga muncul opsi Widgets. Nantinya akan terdapat tanda – di bagian kanan widget jam.

Pada saat kamu menekan tanda -, maka secara otomatis widget jam akan dihapus dari Home Screen. Apabila jam sudah hilang, maka kamu bebas menggantinya dengan shortcut dari ikon aplikasi maupun widget lainnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar