ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Perangkat Pintar

Pertama Kali Diperkenalkan, Robot Anjing Pintar dari TECNO Ini Bisa Berinteraksi dengan Manusia

Pertama Kali Diperkenalkan, Robot Anjing Pintar dari TECNO Ini Bisa Berinteraksi dengan Manusia

Gadgetren – Dalam pameran TECNO Game Fest di Mall Taman Anggrek Jakarta mulai tanggal 24 – 29 September 2024, TECNO dikabarkan telah memamerkan robot anjing pintar terbarunya yang bernama TECNO Dynamic 1.

Robot TECNO Dynamic 1 menariknya dihadirkan pertama kali di Indonesia dalam pameran tersebut. Tim Gadgetren berkesempatan berinteraksi dengan robot anjing pintar ini dan bahkan ketika robot ini dimainkan berhasil mencuri perhatian pengunjung.

Robot TECNO Dynamic 1 merupakan inovasi baru dari TECNO Mobile Indonesia yang saat ini belum resmi dipasarkan secara bebas. Mengenai tanggal peluncurannya pun masih dirahasiakan pihak TECNO Mobile Indonesia.

Meskipun baru dipamerkan, anjing pintar ini sudah mengeluarkan kebolehannya seperti bisa melompat, berjabat tangan, melambaikan tangan, berdiri dengan kaki depan ke atas, menaiki permukaan yang menanjak maupun menurun, hingga handstand.

Karena kakinya harus menapak ke permukaan maka robot anjing pintar ini tidak bisa menaiki tangga dengan ketinggian yang menukik. Ketika melompat juga memiliki jeda untuk membuat momentum lompatan sehingga bergerak cepat.

Dibekali dengan akselerasi AI, robot anjing pintar ini dapat berkomunikasi dengan pengguna melalui perangkat smartphone yang telah diinstal aplikasi khusus yang diberikan oleh produsen TECNO dimana tidak bisa ditemukan di Google Play Store dan Apple App Store.

TECNO-Dynamic-1-8

Secara fisik, robot anjing pintar yang satu ini menghadirkan desain menyerupai anjing ras German Shepherd. Desainnya menggunakan Biomophic yang tak hanya terlihat seperti anjing saja tapi juga memiliki gerakan menyerupai anjing.

Kemampuan gerakannya ini berkat teknologi canggih dari 45N.m/kg torsi yang kuat serta sistem pendinginan khusus di persendian lututnya sehingga dapat bergerak dengan bebas termasuk juga bisa berlari.

Namun begitu, robot anjing pintar ini disebut-sebut bisa menjadi asisten pintar yang dapat digunakan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari mulai dari hiburan, bantuan seperti mengambil barang atau paket dari luar rumah, hingga edukasi.

Pengguna dapat memainkan robot anjing dengan menggunakan remote control yang bisa dihubungkan ke aplikasi khususnya di smartphone. Smartphone dapat ditempatkan dengan wadah khusus pada remote control layaknya gaming handheld.

 TECNO-Dynamic-1-power.

Untuk berinteraksi dengan orang, robot TECNO Dynamic 1 dilengkapi dengan sistem canggih seperti AI HyperSense Fusion System yaitu sebuah kamera kedalaman Intel RealSense D430, sensor optik, dan inframerah untuk navigasi presisi.

Di layar smartphone, pengguna akan dapat melihat menggunakan mata robot anjing untuk menggerakan robot tersebut agar terlihat aktivitas orang lain yang mendekati.

Selain itu melalui kamera robot, pengguna dapat menangkap foto dan merekam video. Ada beragam menu yang ditampilkan di layar pengoperasian smartphone gerakan robot anjing menunjukkan hati, pounce, greet, dance, pose, sit down, crouch down, keep walking, run dan lainnya.

 TECNO-Dynamic-1-smartphone-operasi.

Performa pacunya ditenagai prosesor ARM 8-core dan memiliki baterai berkapasitas 15.000mAh yang diklaim tahan hingga 2 hari. Pengisian dayanya bisa diisi hingga 2 jam hingga kondisi putih dengan lampu indikator putih. Bobotnya sendiri sekitar 16 kg.

Dessy Triani selaku Senior Public Relations Manager TECNO Indonesia menyampaikan bahwa TECNO Dynamic 1 merupakan cerminan dari visi pihaknya untuk menghadirkan teknologi yang tidak hanya fungsional, tetapi juga menyenangkan dan bisa meningkatkan pengalaman teknologi di kehidupan sehari-hari.

“Kami ingin memperkenalkan masa depan interaksi manusia dan mesin kepada para penggemar teknologi dan gaming di Indonesia melalui TECNO Game Fest 2024 ini,” ujarnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar