ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Aksesoris

Review Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90 – Ngebut Untuk Rekam Video

Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90

Review Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90
  • Rating
4.5

Kesimpulan

Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90 adalah kartu memori yang wajib dimiliki oleh pengguna kamera yang sering merekam video beresolusi 4K ke atas atau melakukan pengambilan gambar video slow motion. Selain itu cocok juga bagi mereka yang sering melakukan fotografi di mode burst.

Yang Disukai

  • Kecepatan baca tulis data sangat tinggi
  • Garansi seumur hidup
  • Ada lisensi software data recovery
  • Tangguh di berbagai kondisi

Yang Tidak Disukai

  • Harga agak mahal

Gadgetren – Di jaman sekarang ketika kamera sudah mampu merekam video dalam resolusi 8K dan slow motion hingga 240 FPS, penggunaan kartu memori berkecepatan tinggi menjadi kebutuhan wajib.

Tanpa kartu memori tersebut, fitur canggih dari kamera yang kamu miliki tidak akan maksimal terutama saat merekam video beresolusi tinggi atau memotret secara cepat dalam jumlah banyak.

Nah oleh karena itu kartu memori seperti Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90 hadir dengan kecepatan baca-tulis yang sangat tinggi mencapai hingga 300MB per detik.

Bagi yang masih awam, berbagai istilah di kartu memori ini mungkin bisa membingungkan. SDXC misalnya, adalah singkatan dari Secure Digital eXtended Capacity yang mendukung kapasitas hingga 2TB. Untuk kartu memori Sandisk Extreme Pro ini tersedia dalam lima pilihan kapasitas yaitu 32GB, 64GB, 128GB, 256GB, dan 512GB.

Kemudian, UHS adalah singkatan dari Ultra High Speed. Pada kartu memori Sandisk ini terdapat penanda UHS-II yang menunjukkan kartu ini mendukung kecepatan baca-tulis teoritis tinggi hingga 312MB per detik.

Yang paling penting untuk perekaman video adalah label V90, yang artinya kartu ini mampu menulis data secara bekerlanjutan dengan kecepatan minimal 90MB per detik. Ini memungkinkan perekaman video hingga resolusi 8K selama digunakan di kamera yang mendukung kemampuan tersebut.

Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90

Kebetulan saya menggunakan kamera Sony A6700 yang membutuhkan kartu memori minimal kelas V60 untuk memaksimalkan fitur slow motion yang dapat merekam hingga 240 FPS. Hasilnya ketika digunakan untuk merekam video slow motion, prosesnya terasa sangat mulus.

Selain itu untuk perekaman video biasa dengan resolusi 4K pada 60FPS, kartu memori ini juga mampu menanganinya dengan sangat baik tanpa hambatan.

Untuk menguji lebih lanjut performa kartu memori ini, saya menggunakan CrystalDiskMark di mana Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90 ini mencatat kecepatan baca sekuensial sebesar 296,87 MB per detik dan kecepatan tulis sekuensial mencapai 234,20 MB per detik.

Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90 - CrystalDiskMark

Hasil benchmark CrystalDiskMark

Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90 - Kecepatan Kopi Data

Kecepatan pengkopian data

Hasil ini hampir sesuai dengan klaim Sandisk yang menyebutkan kartu ini mampu mencapai kecepatan baca hingga 300MB per detik dan kecepatan tulis hingga 260MB per detik.

Selain menawarkan kecepatan baca-tulis yang tinggi, SanDisk Extreme PRO SDXC juga dilengkapi dengan berbagai fitur perlindungan. Kartu ini tahan guncangan, mampu beroperasi dalam suhu ekstrem antara -25° hingga 80°C, tahan air, dan juga tahan terhadap sinar-X.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah memiliki kartu SanDisk Extreme PRO SDXC versi V30 yang tidak sengaja terendam di mesin cuci namun hasilnya kartu tetap aman dan berfungsi normal.

Kartu ini juga dilengkapi dengan garansi seumur hidup sehingga jika terjadi kerusakan di kemudian hari bisa diperbaiki atau diganti tanpa khawatir.

Untuk mereka yang mungkin pernah secara tidak sengaja menghapus data, SanDisk menyediakan lisensi gratis untuk RescuePRO Deluxe Software selama dua tahun sehingga file yang terhapus bisa dipulihkan.

Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90

Jika ingin memastikan kartu ini tidak bisa ditulis secara tidak sengaja, terdapat switch proteksi di sisi kiri kartu memori yang memungkinkan pengguna untuk mengunci penulisan data.

Sandisk Extreme Pro SDXC UHS-II V90 adalah kartu memori yang wajib dimiliki oleh pengguna kamera yang sering merekam video beresolusi 4K ke atas atau melakukan pengambilan gambar video slow motion. Selain itu cocok juga bagi mereka yang sering melakukan fotografi di mode burst.

Namun kartu ini mungkin terbilang berlebihan bagi yang hanya memerlukan untuk fotografi biasa. Untuk kebutuhan tersebut, kartu memori dengan kelas lebih rendah seperti V30 atau V60 bisa menjadi pilihan yang lebih optimal.

Satu-satunya kekurangan dari kartu memori ini adalah harganya yang tergolong cukup tinggi, yakni sekitar 1,1 juta rupiah untuk kapasitas 32GB. Sementara untuk varian 128GB yang digunakan dalam review ini harganya sekitar 2,6 juta rupiah.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar