ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Aksesoris

Review Razer Fortnite Edition – Performa Tinggi, Gaming Makin Keren

Review Razer Fortnite Edition - Performa Tinggi, Gaming Makin Keren

Review Razer Fortnite Edition
  • Rating
4.5

Kesimpulan

Setiap periferal Razer edisi khusus Fortnite ini menawarkan keunggulan masing-masing yang mendukung aktivitas gaming atau penggunaan komputer sehari-hari. Selain itu desainnya yang menarik dapat menyempurnakan suasana gaming komputer kamu.

Yang Disukai

  • Satu set periferal yang bermanfaat
  • Performa tiap periferal sangat mumpuni
  • Desain yang keren
  • Ada bonus in-game item Fortnite

Yang Tidak Disukai

  • Harga mahal

Gadgetren –  Bagi para penggemar Fortnite, game third person shooter populer di dunia, Razer telah merilis koleksi periferal PC edisi spesial Fortnite yang akan membuat pengalaman bermain semakin seru.

Koleksi ini mencakup Razer DeathAdder V3 Pro, Razer BlackWidow V4 X, Razer Goliathus Extended Chroma, dan Razer Kraken V3 X. Dengan keempat periferal ini, sesi gaming kamu akan terasa lebih optimal, nyaman, dan tentu saja penuh gaya.

Lebih dari itu, setiap periferal hadir dengan bonus item in-game yang berbeda yang bisa kamu klaim di Fortnite. Detail lengkapnya sebagai berikut:

  • Razer DeathAdder V3 Pro: Cliffhanger Pickaxe
  • Razer BlackWidow V4 X: Demon Skull Pickaxe
  • Razer Goliathus Extended Chroma: Dauntless Dragon Glider
  • Razer Kraken V3 X: Raptor Glider

Razer DeathAdder V3 Pro

Razer DeathAdder V3 Pro Fortnite

Periferal pertama yang wajib dibahas, terutama untuk game shooter, adalah Razer DeathAdder V3 Pro. Mouse ini menawarkan keunggulan utama dengan bobotnya yang sangat ringan, hanya 63g, namun tetap mempertahankan desain ergonomis yang nyaman di tangan.

Tombol mouse ini menggunakan teknologi Razer Optical Mouse Switches Gen-3 yang membuat setiap klik terasa responsif dan ringan. Ini sangat berguna untuk melakukan klik cepat dan berulang dalam waktu singkat. Selain itu scroll wheel-nya dilengkapi dengan gerigi yang memberikan pegangan lebih baik saat jari melakukan scrolling.

Tak hanya itu, mouse ini juga memiliki dua tombol tambahan di sisi kirinya yang bisa dikustomisasi melalui aplikasi Razer Synapse. Kamu bisa mengatur tombol-tombol ini untuk menjalankan kombinasi tombol keyboard atau bahkan membuka aplikasi tertentu sesuai kebutuhan.

Di bagian bawah mouse terdapat tombol power yang juga berfungsi untuk mengubah DPI. Fitur ini memudahkanmu dalam menyesuaikan kecepatan gerakan mouse, apakah ingin lebih cepat atau lebih lambat.

Berkat Razer Focus Pro 30K Optical Sensor, mouse ini mampu memberikan akurasi gerakan yang sangat tinggi. Razer DeathAdder V3 Pro bisa digunakan baik dengan sambungan kabel maupun secara nirkabel melalui dongle Razer HyperSpeed Wireless yang sudah disertakan dalam paket penjualan.

Untuk memberikan fleksibilitas lebih, dongle Razer HyperSpeed Wireless dapat diposisikan dengan bebas menggunakan adaptor khusus dan kabel USB Type-C ke Type-A yang juga sudah tersedia di dalam boks.

Mouse ini juga mendukung Razer HyperPolling Wireless Dongle untuk koneksi nirkabel yang lebih cepat tapi sayangnya harus dibeli terpisah. Dan tidak ada lampu RGB pada mouse ini, hanya sebuah lampu indikator kecil di bagian atas yang akan menyala saat mouse sedang diisi daya atau saat DPI diubah.

Razer DeathAdder V3 Pro menggunakan baterai yang dapat diisi ulang melalui port USB Type-C di bagian depan. Razer mengklaim bahwa baterainya mampu bertahan hingga 90 jam, dan dari pengalaman saya daya tahan baterainya memang cukup lama. Setelah 9 hari pemakaian di mana tiap harinya saya pakai sekitar 8 jam, baterai mouse masih tersisa 26%.

Razer BlackWidow V4 X

Razer BlackWidow V4 X Fortnite

Sebuah mouse yang bagus tentu lebih sempurna jika dipadukan dengan keyboard yang tak kalah bagus juga. Untungnya dalam edisi spesial Fortnite ini, Razer juga menghadirkan BlackWidow V4 X, sebuah keyboard mekanikal yang responsif namun tetap tidak berisik saat digunakan untuk mengetik cepat.

Keyboard ini dilengkapi dengan tombol-tombol yang lengkap, bahkan ada fitur tambahan seperti roller multi-fungsi dan satu set tombol makro. Dengan adanya tombol makro khusus di sisi kiri, BlackWidow V4 X memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan keyboard biasa sehingga mungkin memerlukan sedikit penyesuaian dengan tata letak uniknya.

Di awal penggunaan, saya sempat merasa canggung karena letak tombol makro yang membuat saya beberapa kali salah pencet. Namun setelah beberapa hari, jari-jari saya mulai terbiasa dengan tata letak keyboard ini dan saya bisa beraktivitas seperti biasa.

Salah satu hal yang paling saya sukai dari keyboard ini adalah respons tombolnya yang sangat cepat tanpa terasa berat saat ditekan. Selain itu suaranya juga tidak terlalu berisik sehingga tidak mengganggu orang lain saat digunakan.

Enam tombol makro di sisi kiri keyboard ini bisa disesuaikan sesuai kebutuhan melalui Razer Synapse. Meski disebut tombol makro, fungsinya tak terbatas pada itu saja. Kamu bisa mengaturnya untuk melakukan berbagai tugas seperti menjalankan program ataupun mengaktifkan shortcut Windows.

Berbeda dengan mouse sebelumnya, Razer BlackWidow V4 X mendukung pencahayaan Razer Chroma RGB di setiap tombolnya yang memungkinkan kamu untuk menampilkan beragam warna sesuai selera.

Razer Goliathus Extended Chroma

Razer Goliathus Extended Chroma Fortnite

Untuk melengkapi setup keyboard dan mouse, edisi khusus Fortnite dari Razer juga menghadirkan mousepad Razer Goliathus Extended Chroma. Mousepad ini memiliki ukuran yang sangat panjang mencapai 92 x 29,4 cm sehingga memberikan ruang yang cukup untuk menempatkan keyboard dan mouse dengan bebas.

Menariknya seluruh sisi mousepad dilengkapi dengan lampu Razer Chroma RGB yang menyala, menambah suasana komputer kamu dengan efek pencahayaan yang menarik.

Mousepad ini terbuat dari material kain dengan tekstur mikro yang lembut untuk dapat mendukung berbagai gaya permainan baik yang gerakan cepat maupun kontrol yang presisi. Agar tidak mudah bergerak saat digunakan secara intensif, mousepad ini dilengkapi dengan alas karet anti-slip di bagian bawahnya.

Kombinasi mousepad Razer Goliathus Extended Chroma dengan keyboard Razer BlackWidow V4 X dan mouse Razer DeathAdder V3 Pro tentunya akan memberikan pengalaman bermain game yang semakin sempurna.

Razer Kraken V3 X

Razer Kraken V3 X Fornite

Periferal terakhir namun tidak kalah penting adalah headphone Razer Kraken V3 X. Untuk pengalaman bermain game yang memuaskan, kualitas suara yang jernih sangatlah penting dan headphone ini dari Razer dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Razer Kraken V3 X memiliki desain over-ear yang menutupi seluruh telinga, memberikan isolasi suara yang baik. Meskipun memiliki ukuran yang besar, headphone ini tergolong ringan dengan berat hanya 285 gram sehingga tidak membuat kepala terasa lelah meskipun digunakan dalam waktu lama.

Ear cushion pada headphone ini terasa nyaman di telinga berkat kombinasi material kain dan memory foam yang memiliki sifat breathable. Setiap earcup juga dilengkapi dengan lampu Razer Chroma RGB yang dapat menyala dengan berbagai warna, serupa dengan periferal Razer lainnya.

Untuk menghasilkan suara berkualitas tinggi, headphone ini dilengkapi dengan Razer TriForce 40mm Drivers. Suara letusan senjata dan langkah kaki terdengar jelas saat bermain game. Menariknya headphone ini mendukung 7.1 Surround Sound yang perlu diredeem melalui kode aktivasi ataupun melalui pendaftaran produk di website Razer.

Untuk keperluan komunikasi dengan teman bermain, headphone ini memiliki mikrofon Razer HyperClear Cardioid Mic yang menjuntai dari sisi kiri. Mikrofon ini memastikan suara kamu terdengar jernih dan jelas oleh lawan bicara.

Razer Fortnite Edition

Kecuali mouse Razer DeathAdder V3 Pro, semua periferal Razer edisi khusus Fortnite ini menggunakan kabel USB Type-A untuk koneksi ke komputer atau laptop.

Uniknya Razer Chroma RGB pada setiap peripheral ini dapat beradaptasi dengan aktivitas dalam game terutama Fortnite berkat integrasi dengan Razer Chroma melalui aplikasi Razer Synapse.

Secara keseluruhan, setiap periferal Razer edisi khusus Fortnite ini menawarkan keunggulan masing-masing yang mendukung aktivitas gaming atau penggunaan komputer sehari-hari. Selain itu desainnya yang menarik dapat menyempurnakan suasana gaming komputer kamu.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar