ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Update iOS Bisa Lama Atau Bahkan Stuck? Ini Solusinya!

Gadgetren – Supaya bisa menikmati berbagai fitur dan dukungan mutakhir pada perangkat iPhone, kita tentunya perlu mengunduh dan memasang pembaruan sistem iOS terbaru begitu tersedia.

Melakukan pembaruan pada sistem iOS untungnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Secara mendasar, kita bisa langsung melakukannya melalui halaman pengaturan tanpa perlu bantuan komputer atau perangkat lain.

Namun dalam beberapa kasus, pengunduhan dan pemasangan berkas sayangnya memang bisa mengalami berbagai kendala. Prosesnya bisa berjalan lama atau bahkan berhenti (stuck) tiba-tiba.

1. Koneksi Internet Lambat

Saat pembaruan iOS terasa lama atau bahkan mengalami stuck, jaringan internet yang kurang memadai bisa menjadi salah satu penyebabnya. iPhone memang memerlukan koneksi yang bagus agar pengunduhan sistem berjalan lancar.

Mengecek sambungan WiFi atau data seluler pun bisa menjadi langkah pertama saat pembaruan iOS mengalami masalah. Kita dalam hal ini dapat mencoba mengakses layanan internet lain atau beralih ke jaringan yang lebih kuat.

Apabila pembaruan iOS masih mengalami kendala, mengatur ulang jaringan di iPhone pun sering kali diperlukan. Langkah ini akan menyegarkan berbagai pengaturan sambungan di dalam perangkat.

Hanya saja perlu diperhatikan, mengatur ulang jaringan iPhone akan menghapus beberapa pengaturan. Termasuk di antaranya meliputi WiFi dan kata sandi yang tersimpan, VPN (Virtual Private Network), serta APN (Access Point Name).

2. Ruang Penyimpanan Hampir Habis

Selain sambungan internet yang memadai, proses pembaruan iOS juga memerlukan ruang penyimpanan yang cukup. Perangkat iPhone soalnya perlu menyimpan berkas sistem sementara sebelum memasangnya.

Mengosongkan ruang penyimpanan iPhone pun perlu dilakukan sebelum melakukan pembaruan iOS. Jika tidak, maka proses mengunduh dan memasang berkas sistem bisa mengalami sejumlah kendala.

Untuk mengosongkan ruang penyimpanan iPhone, kita dapat melakukan sejumlah hal mulai dari menghapus data dan aplikasi yang sudah tidak terpakai, menggunakan fungsi Offload App, hingga membersihkan cache.

3. Server Apple Penuh

Pembaruan iOS umumnya akan didistribusikan secara bertahap. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa server Apple bisa tumbang karena terlalu banyak orang yang mencoba mengaksesnya.

Server padahal menjadi salah satu bagian penting dalam pembaruan iOS. Saat terlalu penuh, proses mengunduh berkas sistem minimal akan berjalan lebih lambat dari seharusnya.

Menunggu sampai pembaruan berhasil terpasang tentu menjadi satu-satunya solusi yang bisa dilakukan ketika hal tersebut terjadi. Kita harus bersabar karena memang tidak bisa melakukan apa pun di level server.

Di sisi lain, kita memang tidak perlu terburu-buru untuk memasang pembaruan yang tersedia. Sistem iOS terbaru kadang-kadang hadir kurang sempurna dengan beberapa bug pengembangan yang masih tersisa.

4. iPhone Bermasalah

Berbagai kendala dalam proses pembaruan iOS juga bisa diakibatkan karena perangkat yang bermasalah. Misalnya, iPhone mengalami malafungsi atau kerusakan pada berkas sistem.

Sebagai solusinya, kita pun dapat melakukan pembaruan iOS dengan menggunakan bantuan komputer. Kita dalam hal ini memerlukan aplikasi iTunes atau Finder tergantung sistem operasi yang digunakan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar