Smartphone Tips dan Trik

Gagal Lewat OTA? Begini Cara Update iOS Lewat iTunes

Cara Update iOS Lewat iTunes Header

Gadgetren – Update iOS memang dapat dilakukan secara langsung melalui pengaturan di dalam perangkat iPhone maupun iPod Touch. Tetapi kadang kala kita juga memerlukan bantuan dari layanan iTunes untuk melakukan hal tersebut.

Saat melakukan update iOS, kita soalnya bisa saja menjumpai sejumlah permasalahan teknis seperti data pembaruan OTA (Over The-Air) belum muncul di perangkat hingga kesalahan-kesalahan akibat kerusakan sistem.

Kita pun kadang-kadang perlu mengambil langkah preventif terlebih dahulu untuk menghindari berbagai macam hal yang tak diinginkan dengan membuat cadangan data ke komputer sehingga bisa lebih praktis saat perlu memulihkannya jika terjadi suatu masalah serius.

iTunes tentu dapat menjadi alternatif untuk berbagai macam hal tersebut, terutama memakai layanan buatan Apple ini untuk memperbarui iOS yang terbilang sama mudahnya dengan proses update melalui OTA.

Kita dalam hal ini hanya perlu memasang aplikasi tersebut melalui Microsoft Store jika kamu menggunakan perangkat bersistem operasi Windows. Setelah berhasil memasangnya, kamu dapat mengikuti langkah berikut untuk melakukan update iOS.

Cara Update iOS Lewat iTunes di Komputer Windows

  1. Pastikan aplikasi sudah terinstal dengan benar
  2. Login dengan Apple ID atau buat terlebih dahulu jika diperlukan
  3. Hubungkan perangkat yang ingin di-update ke komputer dengan kabel data
  4. Klik tombol Device (ikon iPhone) di bar atas aplikasi iTunes
  5. Ketuk Summary
  6. Tekan tombol Check for Update
  7. Jika tersedia versi anyar, klik Update
  8. Tunggu proses update sampai selesai
  9. Jangan lupa tekan tombol Eject dulu sebelum mencabut perangkat dari komputer

Sama seperti proses update melalui OTA, koneksi internet bakal berpengaruh terhadap lama waktu yang dibutuhkan karena perlu mengunduh data-data sesuai dengan model perangkat yang kita miliki.

Jadi selain koneksi internet yang stabil, kita juga harus menyiapkan waktu sebelum melakukan update iOS lewat iTunes. Kita misalnya dapat memilih waktu di malam hari yang mana biasanya waktu dimana kita tidak beraktivitas secara intensif.

Memperbarui iOS sendiri merupakan hal yang wajib bagi saya pribadi. Versi sistem yang lebih baru umumnya tak hanya menawarkan fitur anyar maupun desain segar melainkan juga proteksi dan keamanan privasi lebih mumpuni.

Tinggalkan Komentar