Smartphone Tips dan Trik

Cara Reset Jaringan iPhone Supaya Koneksi Kembali Normal

Cara Reset Jaringan iPhone Header

Gadgetren – Kita memang dapat melakukan reset jaringan ke pengaturan awal untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan teknis yang terjadi di perangkat seluler seperti iPhone.

Jaringan seluler maupun koneksi internet merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk berbagai macam handphone masa kini. Tanpa dilengkapi dukungan yang baik dari kedua hal ini, banyak fungsi di dalam perangkat bakal menjadi kurang berarti.

Mulai dari sekedar menelepon atau mengirim SMS hingga mengakses layanan media sosial atau mengecek email pekerjaan, jaringan seluler akan memegang peranan penting bagaimana berbagai macam hal tersebut dapat dilakukan.

Sayangnya pengaturan jaringan di dalam handphone itu sendiri kadang kala justru menjadi sumber masalah. Alih-alih mempermudah kita terhubung ke layanan seluler atau internet, pengaturan yang salah malah bisa menjadi penghambat hal itu.

Pada perangkat iPhone, kita untungnya bisa melakukan reset pengaturan jaringan dengan mudah. Kamu yang belum tahu dapat menyimak secara lengkap langkah-langkahnya berikut.

Cara Reset Jaringan iPhone

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke bagian General
  3. Ketuk menu Reset
  4. Pilih opsi Reset Network Settings
  5. Masukan passcode iPhone yang digunakan jika diperlukan
  6. Konfirmasi dengan menekan tombol Reset Network Settings

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengaturan jaringan akan kembali seperti semula. Perlu diingat bahwa beberapa hal seperti kata sandi jaringan WiFi, setelan VPN (Virtual Private Network), konfigurasi SMSC (Short Message Service Center), maupun Access Point Name (APN) bakalan ikut terhapus dalam prosesnya.

Terhapusnya berbagai macam setelan tersebut tentu bukan hal buruk, tetapi sebaliknya dapat menjadi solusi untuk masalah jaringan seluler atau internet. Dengan begitu perangkat akan melakukan konfigurasi ulang seperti semula.

Kita pun tak perlu khawatir karena opsi Reset Network Settings yang tersedia di iPhone hanya berlaku untuk konfigurasi jaringan. Prosesnya tidak akan memengaruhi data atau setelan lain seperti saat melakukan Reset All Settings atau biasa juga disebut Factory Reset.

Namun perlu diingat, beberapa pengaturan jaringan mungkin harus dilakukan secara manual setelah proses reset selesai. Adapun beberapa di antaranya termasuk seperti setelan untuk VPN maupun konfigurasi untuk menyambungkan iPhone ke WiFi.

Sebelum melakukan reset, kita perlu mencoba beberapa metode lain dalam menyelesaikan masalah jaringan di iPhone yang mana termasuk di antaranya meliputi restart perangkat, mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat, maupun menghubungkan ulang jaringan WiFi.

Tinggalkan Komentar