ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

6 Fitur iOS 18 Perlu Kamu Tahu, iPhone Apa yang Kebagian?

Gadgetren – Apple telah mengumumkan jadwal pembaruan iOS 18 yang akan dikirimkan pada tanggal 16 September 2024 pada berbagai perangkat yang mendukung.

Pembaruan iOS 18 akan otomatis diberikan untuk iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.  Adapun perangkat lainnya meliputi iPhone SE generasi kedua dan ketiga, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, seri iPhone 11, seri iPhone 12, seri iPhone 13, seri iPhone 14, serta seri iPhone 15.

Pembaruan iOS 18 akan menawarkan fitur-fitur baru dan yang menjadi sorotan merupakan Apple Intelligence yang sebelumnya sudah diumumkan akan hadir melalui pembaruan versi beta iOS 18.1 pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Mengenai keunggulan dari masing-masing fitur-fitur baru yang akan hadir pada iOS 18 bisa kamu simak penjelasan detailnya sebagai berikut.

Penyesuaian Layar Utama, Layar Terkunci, dan Pusat Kontrol

Fitur Baru iOS 18 - Apple UI

Apple memberikan pengalaman yang lebih personal lagi untuk pengguna melalui iOS 18 dengan kemampuan yang memungkinkan pengguna dapat menata aplikasi dan widget di Layar Utama.

Ikon aplikasi dan widget dapat tampil dengan efek gelap, berwarna, hingga membuatnya tampak lebih besar. Pengguna juga akan dapat mengganti kontrol di bagian bawah Layar Terkunci dengan memilih dari opsi yang tersedia di galeri kontrol atau menghapus sepenuhnya.

Dengan tombol Tindakan yang tersedia di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, pengguna dapat dengan cepat mengaktifkan kontrol yang tersedia di galeri.

Pembaruan Aplikasi Foto

Fitur Baru iOS 18 - Photos

Aplikasi Foto didesain ulang dan tampil baru untuk membantu pengguna dapat menelusuri berdasarkan tema tanpa harus mengatur konten ke dalam album. Pengguna dapat menikmati tampilan carousel baru yang menyajikan sorotan terbaru setiap hari. Selain itu tersedia konten yang diputar otomatis dari momen-momen lawas.

Aplikasi Pesan Baru

Fitur Baru iOS 18 - Messages

Untuk membuat komunikasi lebih asik, iMessage memiliki efek teks baru yang memungkinkan pengguna dapat mengekspresikan nada lebih baik dengan menambahkan format seperti tebal, garis bawah, miring, dan coretan.

Saat mengirim pesan ke kontak yang tidak memiliki perangkat Apple, aplikasi Pesan kini mendukung RCS untuk media yang lebih bervariasi dan pesan grup yang lebih andal dibandingkan dengan SMS dan MMS.

iOS 18 juga akan menghadirkan Messages via satelit ketika koneksi seluler dan Wi-Fi tidak tersedia. Messages via satelit secara otomatis dapat meminta untuk terhubung ke satelit terdekat langsung dari aplikasi Messages untuk mengirim dan menerima teks, emoji, dan Tapbacks melalui iMessage dan SMS.

Pengelolaan Email Lebih Ringkas

Fitur Baru iOS 18 - Mail

Dengan pengelolaan baru yang lebih ringkas dan mudah di email, pengguna dapat membaca email berdasarkan kategorisasi seperti Utama untuk email pribadi, terbaru, serta lainnya.

Email juga dilengkapi tampilan ringkasan baru yang menyatukan semua email relevan dari suatu bisnis agar dapat dengan cepat mengetahui mana yang penting.

Aplikasi Passwords

Fitur Baru iOS 18 - Passwords

iOS 18 akan menyediakan aplikasi Passwords baru untuk memudahkan pengguna mengakses kata sandi, kunci, hingga kode verifikasi. Aplikasi ini juga menyertakan peringatan ketika terdeteksi mengenai kelemahan umum seperti kata sandi yang mudah ditebak. digunakan berkali-kali, dan muncul dalam kebocoran data.

Fitur Privasi Lebih Aman

Fitur Baru iOS 18 - Privacy

Pengguna dapat mengunci aplikasi dan untuk privasi tambahan, menyembunyikan aplikasi, hingga memindahkannya ke folder aplikasi yang terkunci dan tersembunyi. Saat aplikasi dikunci atau disembunyikan, konten seperti pesan atau email di dalam aplikasi akan disembunyikan dari pencarian, notifikasi, dan tempat lain di seluruh sistem.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar