ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Seri Apple iPhone 16 Resmi Diperkenalkan, Ada Tombol Kamera Baru dan Prosesor Lebih Ngebut

Seri Apple iPhone 16 Resmi Diperkenalkan, Ada Tombol Kamera Baru dan Prosesor Lebih Ngebut

Gadgetren – Dalam ajang Apple Event yang digelar tanggal 9 September 2024 bertajuk “It’s Glowtime”, Apple telah mengumumkan seri iPhone 16 yang terdiri dari empat model mencakup iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Semua model seri iPhone 16 tersebut akan dipasarkan secara bebas mulai tanggal 20 September 2024 mendatang dan saat ini seri iPhone 16 sudah mulai bisa dipesan untuk wilayah Amerika Serikat. Soal harga, iPhone 16 dibanderol $799 atau setara Rp12,3 jutaan, sedangkan untuk iPhone 16 Plus dihargai $899 atau sekitar Rp13,8 jutaan.

Namun begitu tentunya harga tersebut akan berbeda ketika nantinya masuk ke Indonesia untuk dipasarkan. Untuk ketersediaannya di pasar Indonesia sendiri distributor resmi Apple diketahui belum mengumumkannya.

Biasanya diumumkan dalam waktu dekat selang satu sampai dua bulan. Adapun pilihan warna iPhone 16 menawarkan lima varian yaitu putih, hitam, ultramarine, merah muda, dan teal.

Sementara model iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max hadir dalam warna titanium hitam, titanium putih, titanium, titanium desert, dan titanium natural atau abu-abu. iPhone 16 Pro dibanderol seharga $999 atau setara Rp15,4 jutaan sedangkan model iphone 16 Pro Max seharga $1.199 atau setara Rp18,5 jutaan.

Mengenai spesifikasinya, kali ini model standar iphone 16 dan 16 Plus mewarisi tombol aksi yang telah tersedia pada seri iPhone 15. Tombol aksi berada di sisi kiri ponsel diatas tombol volume yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengakses berbagai fungsi hanya dengan sekali tekan.

Pengguna dapat dengan cepat membuka kamera, senter, atau kontrol; beralih antara nada dering dan hening, mengenali musik dengan Shazam, mengaktifkan Memo Suara, Fokus, Terjemahkan, dan fitur aksesibilitas seperti kaca pembesar, atau menggunakan pintasan untuk opsi lainnya.

Apple iPhone 16 Pro

Tombol aksi juga dapat mengakses fungsionalitas dalam aplikasi, seperti membantu pengguna membuka dan mengunci mobil mereka dengan FordPass. Selain itu iPhone 16 dan 16 Plus memiliki tombol praktis baru di sisi kanan bawah seperti DSLR yang dapat digunakan untuk mengambil gambar dan video serta menyesuaikan pengaturan.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dibekali kamera belakang yang disusun secara vertikal terdiri dari kamera utama 48MP dan kamera ultra wide 12MP. Kamera utama 48 MP memungkinkan opsi Telefoto 2x kualitas optik yang seakan-akan ada dua kamera dalam satu kamera,sehingga pengguna dapat lebih dekat dengan subjek untuk mengatur komposisi foto dengan mudah.

Disamping itu, kamera Ultra Wide juga dapat menangkap cahaya hingga 2,6x lebih banyak untuk kualitas gambar yang lebih tinggi. Kemudian iPhone 16 dan iPhone 16 Plus kini dapat mengambil foto dan video spasial untuk dilihat di Apple Vision Pro.

Performa pacu iPhone 16 dan iPhone 16 Plus menggunakan chipset A18 yang diklaim lebih cepat untuk menangani fitur-fitur AI baru yang akan hadir di perangkat tersebut. Chip baru ini dibuat melalui fabrikasi 3nm generasi kedua yang memungkinkan game memiliki visual yang kaya grafis, fitur fotografi komputasi yang mumpuni, dan semakin mempercepat fitur Apple Intelligence.

 iPhone-16-dan-16-Plus-tombol-kamera-baru

iPhone 16 hadir dalam ukuran layar 6,1” dan layar iPhone 16 Plus berukuran 6,7”. Keduanya didukung layar Super Retina XDR dengan panel OLED dan Dynamic Island sebagai notifikasi aplikasi maupun status perangkat.

Beralih ke iPhone 16 Pro dan Pro Max hadir dengan layar yang sedikit lebih besar dibandingkan model standar. Model Pro dasar mengusung layar 6,3” sedangkan Pro Max memiliki layar 6,9”. Sama seperti iPhone 16 dasar, jajaran Pro juga hadir dengan tombol pengambilan gambar baru.

Keduanya ditenagai oleh chipset A18 Pro yang dirancang untuk mendukung game yang kaya grafis, fitur fotografi komputasi yang canggih, dan Apple Intelligence. Chipset A18 Pro juga dibangun 3nm generasi kedua 3 yang berisi Neural Engine 16-core dan GPU 6-core yang lebih cepat hingga 20 persen dibanding generasi sebelumnya.

Dengan begitu mampu menghadirkan visual menawan untuk gaming. Ray tracing yang didukung perangkat keras menjadi 2x lebih cepat untuk sumber cahaya dan pantulan yang lebih realistis, dan Mode Game di iOS 18 membuka frame rate yang lebih konsisten sekaligus membuat AirPods, pengontrol game, dan aksesori nirkabel lainnya menjadi sangat responsif.

 iPhone-16-Pro-dan-16-Pro-Max-1.

Berbeda dengan model tahun lalu, kedua ponsel iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max menggunakan kamera Fusion 48 MP dengan sensor quad-pixel yang diklaim lebih cepat dan lebih efisien serta antarmuka kamera Apple yang memungkinkan perekaman video 4K120 fps dalam format Dolby Vision.

Sensor quad-pixel disebut dapat membaca data 2x lebih cepat, sehingga memungkinkan nol jeda rana untuk foto 48 MP ProRAW atau HEIF.

Selain itu juga tersedia kamera 48MP Ultra Wide dengan dukungan sensor quad-pixel bersama autofocus sehingga pengguna bisa mengambil gambar dengan resolusi lebih tinggi 48MP ProRAW dan HEIF saat menangkap foto yang dibingkai secara unik dan sudut yang lebih lebar, atau mengambil dari jarak dekat dengan objek foto dengan fotografi makro.

Kamera Telefoto 5x yang canggih kini hadir di iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max sehingga pengguna dapat menangkap aksi dari jarak yang lebih jauh. Kemudian iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max kini dapat mengambil foto spasial selain video untuk dilihat melalui Apple Vision Pro.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar