ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

Ini 4 Fitur AI di Samsung TV Neo QLED 8K 2024 Terbaru

Samsung TV AI Fitur

Gadgetren – Pada segmen televisi, Samsung tampaknya aktif berinovasi untuk menghadirkan beragam perangkat dapat semakin membuat nyaman penggunanya dalam menikmati hiburan.

Hal ini terlihat dengan hadirnya beberapa fitur AI di Samsung TV terbaru, yakni Neo QLED 8K. Menariknya lagi TV ini telah dibekali dengan prosesor NQ8 AI Gen3 yang mendukung AI dengan baik karena mampu menghadirkan 512 neural networks yang delapan kali lebih banyak dari generasi sebelumnya yang hanya 64.

Berkat dukungan AI, membuat TV terbaru ini dapat menganalisis dan mengoptimalkan konten secara real time, memberikan kualitas gambar serta suara yang bagus, dan meningkatkan pengalaman menonton TV menjadi pengalaman yang membuat penonton seolah masuk ke dalam TV.

Terdapat empat fitur AI utama yang dihadirkan pada Samsung TV Terbaru ini, yakni 8K AI Upscaling Pro, AI Motion Enhancer Pro, Active voice Amplifier Pro, dan Objek Tracking Sound (OTS) Pro.

4 Fitur AI di Samsung TV Terbaru

AI Motion Enhancer Pro

Dengan dukungan prosesor NQ8 AI Gen 3 pada Samsung TV Neo QLED 8K, fitur AI Motion Enhancer dapat menggunakan deep learning untuk mempertajam serta memperhalus gerakan objek dan teks yang ditampilkan di layar TV.

Dengan begitu, pengguna yang menonton pertandingan olahraga yang biasanya memiliki pergerakan tinggi dapat melihat objek dengan lebih jelas. Misalnya fitur ini akan membuat gerakan bola yang terlihat sangat blur akan terlihat sangat jelas ketika ditampilkan pada Samsung TV ini.

8K AI Upscaling Pro

Teknologi 8K AI Upscaling Pro didukung oleh 512 neural networks AI yang mampu membuat konten dengan resolusi Full HD maupun 4K ditingkatkan serta setiap frame gambar dioptimalkan menjadi resolusi 8K.

Dengan begitu, pengguna masih dapat menikmati video maupun film dengan jernih serta nyaman pada Samsung TV Neo QLED 8K walaupun kontennya masih beresolusi Full HD maupun 4K karena AI secara cerdas akan membuat kontennya terasa native di resolusi 8K.

Pihak Samsung menjanjikan bahwa pengguna Samsung TV ini dapat menikmati acara TV, film, dan konten streaming, termasuk dari aplikasi YouTube maupun layanan streaming lainnya, dengan tampilan gambar yang tajam serta halus.

Kejernihan dan detail gambar dari konten yang ditingkatkan dari fitur 8K AI Upscaling Pro dengan prosesor NQ8 AI Gen 3 ini diklaim 1,8 kali lebih bagi dibandingkan dengan prosesor NQ4 AI Gen 2 milik Samsung TV Neo QLED 4K.

Samsung Neo QLED 8K TV 2024 Upscaling

Active Voice Amplifier Pro

Pada saat menonton video rekaman atau film yang mengandung banyak percakapan atau dialog, tergantung muncul lagu atau suara latar yang mengganggu. Nah dengan bantuan Active Voice Amplifier Pro, maka suara dialog dari karakter akan menjadi jernih karena suaranya akan diperjelas dan ditingkatan menjadi lebih terdengar berkat kemampuan AI.

Fitur yang satu ini tidak aktif secara otomatis sehingga kamu dapat mengaktifkannya terlebih dulu pada menu Pengaturan atau Settings yang terdapat pada Samsung TV Neo QLED 8K.

Object Tracking Sound (OTS) Pro

OTS Pro ini memanfaatkan AI untuk melacak setiap gerakan atau aksi objek pada konten yang ditampilkan di TV sehingga suaranya secara dinamis dapat mengikuti pergerakan objek ke setiap arah sehingga membuat pengguna Samsung TV Neo QLED 8K seperti berada di posisi karakter yang membuat terasa sedang berada di dalam film tersebut.

Tentunya fitur ini menarik karena membuat pengguna Samsung TV Neo QLED 8K ini terasa sama-sama mendengarkan apa yang didengarkan karakter layaknya seperti sedang berada di film tersebut.

Dengan kemampuan dari 4 fitur AI utama ini, membuat Samsung TV Neo QLED 8K mampu mendorong pengalaman audio serta visual, pengalaman yang dipersonalisasi, dan keberlanjutan yang ditingkatkan yang membuat pengguna semakin nyaman dalam menikmati video maupun film yang lebih imersif.

Samsung TV Neo OLED 8K ini bisa di pre-order dari tanggal 17 Agustus hingga 11 September 2024 di Indonesia dengan harga antara Rp49.999.000 hingga Rp129.999.000 tergantung spesifikasi dan tersedia paket bonus mulai dari Music Frame hingga handphone Samsung Galaxy S24 Ultra.

Samsung TV Neo QLED 4K 2024 sudah hadir dengan harga Rp13.999.000 hingga 129.999.000 di Tanah Air dengan bonus Galaxy Buds2 Pro, Music Frame, atau The Freestyle Gen 2.

Samsung TV OLED tersedia pada harga Rp22.999.000 hingga Rp69.999.000 di Indonesia dengan bonus perangkat Soundbar HW-S8008, Music Frame, atau potongan harga 15% untuk pembelian perangkat soundbar HW-Q800D.

Terakhir, pre-order juga dibuka untuk pembelian Samsung Music Frame dengan harga Rp7.999.000 dan pembeli berkesempatan mendapatkan potongan harga hingga 15% untuk pembelian dengan Samsung The Frame.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar