ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Aplikasi Tersembunyi di HP OPPO Untuk Diakses Lagi

Cara Melihat Aplikasi Tersembunyi di HP OPPO Header

Gadgetren – OPPO telah menghadirkan beragam fitur keamanan pada ColorOS yang disematkan di ponsel buatannya untuk menjaga privasi dari pengguna.

Salah satunya fitur Hide Apps yang memiliki fungsi untuk menyembunyikan aplikasi sehingga orang lain tidak dapat mengakses aplikasi tersebut seenaknya.

Aplikasi yang disembunyikan dengan fitur Hide Apps tidak akan muncul pada halaman Home Screen maupun App. Oleh karena itu jika kamu ingin kembali melihat aplikasi tersembunyi membutuhkan langkah khusus.

Cara Melihat Aplikasi Tersembunyi di HP OPPO

  1. Buka aplikasi Phone.
  2. Ketik Kode Akses yang telah dibuat sebelumnya. Contoh #1234#.
  3. Apabila berhasil, maka aplikasi tersembunyi akan terlihat
  4. Selanjutnya, kamu dapat mengakses aplikasi tersebut untuk melakukan aktivitas seperti biasanya

Perlu dicatat bahwa biasanya Kode Akses yang dimasukkan harus sama dengan yang sudah kamu buat ketika kamu mengaktifkan fitur Hide Apps. Dengan begitu, hanya kamu yang mengetahui Kode Akses untuk bisa mengakses aplikasi yang tersembunyi.

Kode Akses sendiri merupakan kombinasi #(digit angka)# seperti #1234#. Supaya Kode Aksesnya aktif, kamu minimal harus memasukkan minimal 1 digit angka atau maksimal 16 digit angka.

Semakin banyak digit angka yang dimasukkan, tentunya Kode Akses menjadi lebih kuat sehingga lebih sulit untuk diduga maupun diretas. Sementara untuk mengembalikan aplikasi yang tersembunyi agar muncul lagi di daftar aplikasi, kamu perlu melakukan langkah berikut.

Mengembalikan Aplikasi Tersembunyi

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Security & Privacy atau Privacy.
  3. Pilih menu Hide Apps.
  4. Masukkan Password, PIN, atau Pattern yang sebelumnya telah dibuat.
  5. Matikan tombol dari aplikasi yang akan dimunculkan kembali.

Nantinya aplikasi yang telah kamu nonaktifkan akan muncul lagi di halaman Home maupun App Drawer. Tentunya aplikasi juga bisa diakses secara langsung tanpa perlu membutuhkan kode lagi.

Dibandingkan dengan harus memasang aplikasi dari pihak ketiga, bisa dibilang fitur Hide Apps akan lebih secara praktis dalam menyembunyikan aplikasi. Ditambah lagi dukungannya pun lebih cepat dan stabil karena sudah bawaan dari ColorOS pada ponsel OPPO.

Selain itu juga tentunya tidak akan menghadirkan iklan seperti yang sering bermunculan di aplikasi pihak ketiga khususnya pada versi gratis.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar