Tips dan Trik

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP realme Agar Tidak Dilihat Orang Lain

realme X50 Pro 5G Display

Gadgetren – Terkadang kita merasa risih apabila teman atau seseorang yang sedang meminjam smartphone kita secara tiba-tiba membuka aplikasi maupun file tanpa izin.

Namun ternyata kita tidak perlu khawatir karena smartphone masa kini sudah memiliki beragam fitur yang dapat digunakan untuk menjaga privasi penggunanya, seperti menyembunyikan atau mengunci aplikasi maupun file agar tidak dapat dilihat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, realme merupakan salah satu perusahaan teknologi yang sudah menerapkan fitur privasi seperti mengunci atau menyembunyikan apikasi pada smartphone buatannya. Dengan kata lain, teman atau seseorang yang sedang meminjam smartphone kamu tidak bisa sembarangan membuka aplikasi tanpa izin.

Bagi kamu yang ingin menyembunyikan aplikasi di smartphone atau HP realme, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Mengaktifkan Fitur App Lock

  1. Pertama, buka aplikasi atau menu Settings di HP realme
  2. Kemudian, pilih menu Security
  3. Pada halaman Security, pilih menu App Lock
  4. Selanjutnya, sistem akan meminta kamu memasukkan kode keamanan seperti password, PIN, atau Pattern yang nantinya digunakan untuk membuka kunci aplikasi
  5. Setelah kode keamanan diatur, maka kamu dihadapkan pada halaman untuk memilih aplikasi mana saja yang akan dikunci
  6. Setelah aplikasi dipilih, maka kamu dapat menekan tombol Encrypt
  7. Terakhir, aplikasi yang dipilih akan terkunci dan membutuhkan kode keamanan setiap kali diakses
    realme App Lock

Bisa dibilang aktivasi fitur App Lock merupakan langkah awal untuk bisa menuju tahap menyembunyikan aplikasi. Untuk itu, kamu dapat menyembunyikan aplikasi dengan cara lanjutan sebagai berikut ini.

Menyembunyikan Aplikasi di HP realme

  1. Masuk ke halaman Security pada menu atau aplikasi Settings HP realme
  2. Pada halaman ini, buka menu App Lock dan masukkan PIN, Pattern, atau password yang telah dibuat sebelumnya
  3. Kemudian, pilih aplikasi yang akan disembunyikan
  4. Jika aplikasi yang dipilih belum terkunci dengan fitur App Lock, maka kamu dapat aktifkan pilihan Enable Password Verification agar fitur Hide Home Screen Icons muncul
  5. Setelah memilih Hide Home Screen Icons, maka kamu diminta untuk memasukkan kode akses untuk membuka aplikasi yang disembunyikan nantinya
  6. Kode akses ini berupa kode #[angka]#. Misalnya saja #1234#
  7. Setelah kode akses diatur, maka sistem akan memberitahukan bahwa kodenya dapat dimasukkan di aplikasi Phone atau Telepon agar bisa membuka aplikasi yang tersembunyi
  8. Kemudian, tekan tombol Done dan menuju homescreen
  9. Apabila berhasil, maka aplikasi tersebut akan hilang dari homescreen HP realme
    realme Hidden App

Untuk bisa melihat dan membuka aplikasinya, kamu dapat memasukkan kode akses #[angka]# di aplikasi Phone atau Telepon. Menurut saya pribadi, fitur ini sangat menarik karena hanya orang yang mengetahui kode akses saja yang dapat membuka aplikasi tersembunyi ini.

Namun apabila kamu merasa bahwa tidak perlu menyembunyikan aplikasinya lagi, maka dapat kembali ke menu App Lock yang berada aplikasi Settings untuk langsung mematikan fitur penyembunyinya. Menurut kamu, apakah fitur bawaan yang hadir pada HP realme ini dapat membantu dalam menjaga privasimu atau tidak?

Tinggalkan Komentar