ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Bedanya iPad Air 4 Vs iPad 10, Lumayan Mirip!

iPad Air 4 Vs iPad 10 - Header

Gadgetren – Jika dilihat secara sekilas, perangkat iPad Generasi Ke-10 mempunyai berbagai macam kemiripan jika dibandingkan dengan iPad Air Generasi Ke-4 yang meluncur dua tahun lebih lama.

Kedua perangkat tersebut misalnya sama-sama dilengkapi dengan chipset Apple A14 Bionic sebagai dapur pacu. Layarnya juga sepakat memakai Liquid Retina Display 2360 x 1640 piksel berukuran 10,9 inci. Baterai dari keduanya pun mendukung sampai 28,6Wh.

Meskipun terlihat menyalin pendahulunya, iPad Gen 10 menariknya tetap membawa beberapa penyesuaian. Beberapa aspek bahkan terlihat lebih mumpuni walaupun sebagian yang lain masih ketinggalan.

Perbedaan iPad Air Gen 4 Vs iPad Gen 10

Perbedaan paling mencolok dari kedua perangkat tersebut terletak pada bagian kamera depan. iPad Air Gen 4 dan iPad Gen 10 mempunyai konfigurasi lensa dengan resolusi yang sangat jauh berbeda.

Dalam hal ini, iPad Air Gen 4 hanya dilengkapi dengan lensa standar beresolusi 7MP dengan bukaan rana f/2.2. Konfigurasi ini sedikit lebih rendah daripada iPad Gen 10 yang sudah menggunakan lensa ultrawide 12MP dengan f/2.4.

Fitur HDR (High Dynamic Range) yang digunakan di sisi lain juga sedikit berlainan. Kamera depan iPad Gen 10 sudah memakai Smart HDR 3 yang mempunyai kemampuan lebih baik dibandingkan Smart HDR pada iPad Air Gen 4.

Sama-sama menggunakan lensa beresolusi 12MP dengan bukaan rana f/1.8, kamera utama dari keduanya pun menjadi pembeda yang selanjutnya. Perangkat iPad Air Gen 4 soalnya dilengkapi dengan Dual Pixel PDAF saat iPad Gen 10 hanya PDAF saja.

Hadir sebagai perangkat yang lebih baru, layar iPad Gen 10 sayangnya hanya mendukung Apple Pencil generasi pertama. Perangkat iPad Air Gen 4 yang meluncur sebelumnya padahal sudah mendukung Apple Pencil generasi kedua.

Hanya saja sebagai ganti, iPad Gen 10 menawarkan teknologi Bluetooth yang lebih mutakhir. Perangkat tersebut sudah dipersenjatai dengan Bluetooth 5.2 yang secara teknis mempunyai beberapa kemampuan lebih unggul daripada Bluetooth 5.0 milik iPad Air Gen 4.

Selain itu, antarmuka USB Type-C pada iPad Gen 10 sudah mendukung DisplayPort yang memungkinkan penggunaan layar eksternal. Teknologi menarik ini belum tersedia pada perangkat iPad Air Gen 4.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.