ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Qualcomm Snapdragon 7s Gen 3 Diumumkan, Hadirkan Fitur AI Pada Handphone Harga Terjangkau

Qualcomm Snapdragon 7s Gen 3 Diumumkan, Hadirkan Fitur AI Pada Handphone Harga Terjangkau

Gadgetren – Setelah menghadirkan chipset Snapdragon 7 Gen 3 yang mendukung handphone kelas menengah dengan harga terjangkau, Qualcomm kini kembali mengumumkan chipset terbarunya melalui Snapdragon 7s Gen 3.

Chipset barunya ini menawarkan fitur-fitur yang tak kalah canggih dibandingkan chipset sebelumnya. Dengan penambahan “s”, Qualcomm Snapdragon 7s Gen 3 dirancang untuk mengenalkan fitur AI generatif ke lebih banyak pengguna sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Diketahui bahwa fitur AI generatif sendiri di pasaran biasanya dibuat produsen handphone untuk handphone kelas atas saja. Dengan begitu, kehadiran chipset ini diperuntukkan untuk memberikan pengalaman AI generatif ke lebih banyak pengguna handphone.

Dalam beberapa bulan mendatang, Snapdragon 7s Gen 3 akan mendukung handphone terbaru dari beberapa produsen handphone seperti realme, Samsung, Sharp, dan Xiaomi. Snapdragon 7s Gen 3 akan diadopsi pertama kali oleh Xiaomi, yang diharapkan akan diumumkan pada bulan September 2024.

Terkait keunggulannya, chipset tersebut diklaim menawarkan peningkatan kinerja performa CPU hampir 20%. Kemudian, GPU yang dipercepat hingga 40%, membawa kinerja AI yang lebih baik hingga 30%, dan sekaligus memberikan efisiensi daya sebesar 12% lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 7s Gen 2.

Lebih detail, chipset ini menawarkan CPU Kyro yang dibangun menggunakan 64-bit Architecture terdiri dari 1 Prime core hingga 2.5 GHz, 3 Performance cores hingga 2.4 GHz, dan 4 Efficiency core hingga 1,8 GHz.

Selain itu mendukung RAM LPDDR4X  hingga 16 GB dan penyimpanan UFS 3.1. Chipset ini memiliki kemampuan AI generatif secara bawaan berupa NPU khusus AI Engine. Ditambah lagi mendukung peredaman bising berbasis AI.

 Spek-Snapdragon-7s-Gen3

Kemampuan AI generatif yang dibenamkan ke dalam chipset ini menggunakan LLM termasuk Baichuan-7B, Llama 2 pada parameter 1B, dan lainnya. Soal fotografi, chipset ini dapat mendukung handphone dengan pengambilan foto hingga 200MP dan perekaman video hingga resolusi 4K HDR.

Selanjutnya chipset ini juga didukung Spectra Triple ISP 12-bit yang memungkinkan perekaman foto dan video secara bersamaan. Selain itu, chipset ini juga didukung oleh GPU Qualcomm Adreno yang akan menunjang pengalaman bermain game seluler yang lancar.

Disamping itu menawarkan Adaptive Performance Engine 3.0 dan Variable Rate Shading yang secara dinamis dapat merender objek dalam suatu pemandangan. Lalu menyediakan fitur Adreno HDR Fast Blend untuk pemandangan yang dinamis dan kompleks serta dukungan untuk Vulkan 1.3 API.

 Qualcomm-Snapdragon-7s-Gen-3-handphone.

Chipset Snapdragon 7s Gen 3 juga mendukung jaringan 5G mmWave dan Sub-6, SA dan NSA, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.4, GPS, Glonass, BeiDou, Galileo, QZSS, dan NavIC.

Chris Patrick selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc. menyampaikan bahwa Snapdragon 7s Gen 3 akan menghadirkan yang terbaik dari seri 7 ke lebih banyak perangkat mid-tier dengan fitur-fitur unggulan dari seri 7, termasuk dukungan AI.

“Platform ini adalah bukti lain dari komitmen kami untuk menghadirkan pengalaman seluler terbaik di kelasnya kepada konsumen dengan harga berapa,” terangnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.