ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 Resmi Dirilis, Sajikan Fitur AI

Qualcoom-Snapdragon-8s-Gen-3

Gadgetren – Qualcomm telah merilis chipset terbarunya yang bernama Snapdragon 8s Gen 3 Mobile Platform yang mendukung fitur AI generatif sehingga dapat memaksimalkan pengalaman fotografi dan gaming.

Pada bagian CPU berisi Qualcomm Kryo yang dibangun arsitektur 64-bit dengan kecepatan maksimal hingga 3.4GHz untuk 1 prime core, hingga 3.2GHz untuk 5 performance core, dan hingga 2.3 GHz untuk 2 efficiency core.

CPU tersebut juga dipadukan dengan GPU Adreno yang dibekali akselerasi Ray Tracing yang memungkinkan konten pada layar terutama permainan terlihat lebih hidup.

Konektivitasnya dapat menjangkau jaringan 5G berkat dukungan Snapdragon X75 5G Modem-RF System yang menggunakan 5G mmWave gan sub-6 GHz, 5G standalone (SA) and non-standalone (NSA) modes, standalone mmWave and mmWave-sub-6 dual connectivity, FDD, dan TDD.

Soal fotografi, chipset ini mengandalkan prosesor kamera Qualcomm Spectra Image Signal Cognitive ISP dan Triple 18-bit ISP. Chipset ini memungkinkan perangkat yang menggunakannya dapat memiliki konfigurasi hingga tiga kamera belakang beresolusi 36 MP pada 30 fps.

Kemudian memungkinkan perangkat memiliki hingga dua kamera belakang hingga  64MP dan 36 MP pada 30 fps  dan kamera tunggal hingga 108 MP pada 30 fps serta hingga resolusi 200MP untuk tangkapan hasil foto. Sementara itu perekaman video dapat menghasilkan resolusi hingga 8K HDR.

 Qualcomm-Snapdragon-8s-Gen-3

Selain JPEG, chipset ini mampu menghadirkan format 10-bit HEIF untuk foto dan video, Google Ultra HDR untuk foto, video format HDR10+, HDR10, HLG, Slow-mo video dengan resolusi 720p pada 960 fps, bokeh engine 2 untuk perekaman video, dan perekaman video malam hari dengan format RAW AI Noise Reduction dengan hasil resolusi 4K pada 60 fps.

Konektivitas chipset ini menggunakan Qualcomm FastConnect 7800 System Wi-Fi 7 dan pada koneksi Bluetooth menyediakan Bluetooth 5.4, LE Audio, Dual Antenna, serta dukungan Snapdragon Sound yang dilengkapi Qualcomm XPAN Technology, Qualcomm aptX Voice, aptX Lossless, dan aptX Adaptive.

Menariknya, chipset Snapdragon 8s Gen 3 akan disematkan pada beberapa perangkat baru dari produsen merek handphone populer seperti Honor iQOO, realme, Redmi, dan Xiaomi. Adapun perangkat pertama yang akan ditenagai oleh Snapdragon 8s Gen 3 kabarnya akan meluncur pada bulan Maret 2024.

Chris Patrick selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile Handset, Qualcomm Technologies, Inc menyampaikan bahwa dengan kemampuan AI generatif dan fitur fotografi yang canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mendorong kreativitas dan produktivitas di kehidupan sehari-hari.

“Kami sangat bangga dapat memperkenalkan varian terbaru dari seri Snapdragon 8, solusi premium kami untuk perangkat mobile, yang menghadirkan kemampuan luar biasa ke lebih banyak konsumen,” ujarnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar