ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Qualcomm Hadirkan Chipset Snapdragon 7+ Gen 3 dengan AI Generatif dan WiFi 7

Qualcomm Hadirkan Chipset Snapdragon 7+ Gen 3 dengan AI Generatif dan WiFi 7

Gadgetren – Belakangan ini Qualcomm kerap mengeluarkan chipset dengan kemampuan Artificial Intelligence untuk mendukung perangkat handphone yang akan dirilis di tahun 2024. Sebelumnya Qualcomm menghadirkan Snapdragon 8s Gen 3, kini membawa chipset lainnya yang bernama Snapdragon 7+ Gen 3.

Dengan dukungan AI generatif, CPU chipset Snapdragon 7+ Gen 3 disebut dapat menghadirkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya mencapai 15%. Bagian CPU menawarkan kecepatan maksimal hingga 2,8Ghz. Selain itu menggunakan GPU yang 45% lebih baik dari generasi sebelumnya.

GPU pada chipset Snapdragon 7+ Gen 3 juga menghadirkan sejumlah fitur Snapdragon Elite Gaming seperti Game Post Processing Accelerator dan Adreno Frame Motion Engine 2 yang mampu meningkatkan kualitas grafis di dalam game sehingga dapat memaksimalkan pengalaman bermain bagi pengguna.

Meskipun menggunakan dukungan AI, chipset Snapdragon 7+ Gen 3 disebut turut memberikan efisiensi daya sekitar 5% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Soal fotografi, chipset ini menggunakan mesin pemrosesan gambar Qualcomm Spectra Image Signal yang berisi 8-bit cognitive ISP.

Konfigurasi kameranya dengan chipset ini disebut mampu menghadirkan tangkapan foto hingga 200MP, konfigurasi kamera utama hingga 108MP, dua kamera belakang 64MP dan 36MP, serta tiga kamera belakang beresolusi 36MP. Perekaman video dan foto pun mendukung sensor HDR dengan berbagai format seperti HDR10, HDR10+ dan HLG.

Kemudian, juga menyediakan fitur AI-based face detection, AI for 3A (auto-focus, auto- exposure, and auto-white balance) yang memungkinkan hasil foto dapat fokus dan tajam.  Perekaman video dapat menghasilkan resolusi hingga 4K pada 60fps.

 Qualcomm-Snapdragon-7-Gen-3-Summary-Slide-

Selain itu juga mendukung format 10-bit HEIF untuk foto dan video. Terdapat fitur Slow-mo video dengan resolusi 1080p pada 240 fps dan bokeh engine 2 untuk perekaman video. Untuk menghasilkan kualitas foto dan video ketika dalam kondisi minim cahaya terdapat Snapdragon Low Light Vision (LLV), dan Multi-Frame Noise Reduction (MFNR).

Chipset ini juga memungkinkan layar handphone menghadirkan resolusi hingga  QHD+ dengan refresh rate hingga 120 Hz dan mendukung 10-bit color depth,  color gamut, HDR10, HDR10+, HDR vivid, serta Dolby Vision.

Kabarnya Snapdragon 7+ Gen 3 akan pertama kali digunakan oleh merek handphone OnePlus, realme, dan SHARP yang dijadwalkan hadir dalam beberapa bulan ke depan.

Chris Patrick selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc menyampaikan bahwa Snapdragon 7+ Gen 3 dilengkapi dengan dukungan terhadap fitur-fitur on-device generative AI yang luar biasa, performa gahar, efisiensi daya yang optimal, serta ketersediaan Wi-Fi 7 untuk pertama kalinya di Snapdragon 7 Series.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar