ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Hati-Hati Modus Penipuan Link DANA Kaget, Ini Cara Kenali Mana yang Palsu atau Asli

Hati-Hati Modus Penipuan Link DANA Kaget, Ini Cara Kenali Mana yang Palsu atau Asli

Gadgetren – Aplikasi e-wallet DANA memiliki fitur DANA Kaget yang disukai pengguna karena memungkinkan mereka dapat berbagi saldo dengan teman-teman atau keluarga secara cepat dan mudah hanya melalui link.

Fitur ini biasanya digunakan dalam acara-acara tertentu, seperti ulang tahun, perayaan, atau sekadar berbagi rezeki. Namun begitu, fitur DANA Kaget belakangan disalahgunakan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pengguna atau nasabah DANA harus berhati-hati ketika mendapatkan link tersebut karena saat ini dijadikan alat sebagai modus penipuan. Ini disebabkan penggunaan dompet digital sendiri sering diandalkan oleh banyak orang sebagai alat pembayaran non tunai untuk belanja, transportasi publik, berkirim uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lainnya.

Dengan kemudahannya tersebut sehingga membuat celah bagi sejumlah penjahat untuk beraksi mengirim link DANA Kaget palsu. Agar lebih berhati-hati terhadap link DANA Kaget palsu yang mengiming-imingkan saldo DANA gratis, DANA telah menyebarkan informasi supaya pengguna dapat terhindar dari modus link DANA Kaget palsu.

Untuk menghindari penipuan link DANA Kaget Palsu, kamu harus memastikan link DANA asli atau palsu. Caranya, DANA membagikan tiga langkah mudah yang harus diikuti pengguna ketika mendapati link DANA Kaget melalui pesan WhatsApp dan sumber lainnya yaitu Monitor, Konfirmasi, dan Lapor.

Tahap Monitor, pengguna harus memastikan link DANA Kaget asli selalu diawali dengan https://link.dana.id. Jika pengguna mendapati bukan diawali dengan alamat tersebut maka harus waspada.

Disamping itu, pengguna harus cek nomor pengirim. Nomor resmi bisnis DANA selalu memiliki tanda ikon centang di sebelah namanya. Sedangkan nomor penipu biasanya menggunakan nomor handphone yang umum, bukan nomor khusus atau cantik.

 Cek-Risiko-Penipuan-DANA

Selanjutnya apabila kamu masih ragu dengan link tersebut, kamu bisa mengkonfirmasi link tersebut ke fitur DANA Protection di aplikasi DANA. Untuk mengecek link ke fitur DANA Protection kamu dapat melakukan copy link tersebut dan paste di halaman DANA Protection.

Ketuk tombol Cari dan akan muncul apakah link DANA Kaget tersebut asli atau palsu. Ketika melakukan penyalinan, kamu harus  lebih berhati-hati jangan sampai link tidak disengaja terklik.

Kemudian langkah berikutnya ialah melaporkan link yang terbukti palsu dengan melakukan klik Laporkan. Laporan tersebut akan terhubung dengan layanan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Selain melakukan langkah di atas, pengguna juga harus merahasiakan informasi pribadi DANA  mereka seperti username, password, atau kode OTP kepada siapapun, termasuk yang mengaku dari pihak DANA. Pihak resmi DANA tidak akan pernah meminta informasi tersebut melalui telepon atau pesan singkat.

Kemudian pengguna dapat mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di akun DANA. Dengan fitur ini, setiap kali ada upaya login dari perangkat baru, kamu akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon atau email yang terdaftar.

Agar tetap terus waspada, kamu harus selalu update pengetahuan tentang modus-modus penipuan terbaru. Semakin kamu tahu maka semakin kecil kemungkinan menjadi korban penipuan. Kamu dapat mengupdate informasi melalui berita online Gadgetren.com, mengikuti akun media sosial resmi DANA, dan jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang mencurigakan termasuk ke call center DANA di media sosial.

Jika kamu merasa akun DANA telah diretas atau digunakan tanpa izin, maka untuk segera menghentikan semua aktivitas di akun tersebut. Kamu dapat keluar dari akun DANA di semua perangkat. Kemudian ganti kata sandi akun DANA dengan yang lebih kuat dan unik dan aktifkan verifikasi dua langkah jika belum diaktifkan.

Setelah itu, kamu dapat menghubungi layanan pelanggan DANA. Setelah kamu mengamankan akun, langkah selanjutnya adalah menghubungi layanan pelanggan DANA melalui email help@dana.id dengan subjek “Laporan Penipuan” dan sertakan detail lengkap mengenai kasus penipuan yang dialami.

Selain itu dapat menghubungi pusat layanan pelanggan DANA di nomor 1500 445 dan media sosial resmi DANA  di Facebook (danawallet), Twitter (@danawallet), atau Instagram (@dana.id).

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.