ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Laptop / PC

Review Laptop MSI Modern 14 C12MO – Harga 5 Jutaan sudah Intel Core i3

MSI Modern 14 C12MO

Review MSI Modern 14 C12MO
  • Rating
4

Kesimpulan

MSI Modern 14 C12MO adalah laptop yang sangat mumpuni untuk menunjang produktivitas sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Dengan harga yang ditawarkan dan performa yang diberikan, laptop ini menawarkan value price-to-performance yang menarik.

Yang Disukai

  • Harga terjangkau
  • Ngebut di kelasnya
  • Layar sudah IPS-Level
  • Port lengkap

Yang Tidak Disukai

  • Baterai kurang tahan lama

Gadgetren – Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar laptop 5 jutaan? Mungkin performa lambat, layar jelek, atau bodi ringkih? Lupakan semua asumsi itu dan coba laptop MSI Modern 14 C12MO.

Dengan harga hanya Rp5.899.000 yang mana sangat terjangkau, laptop ini tangguh untuk kebutuhan sehari-hari baik itu untuk perkuliahan maupun pekerjaan.

Ini semua berkat penggunaan Intel Core i3, layar berpanel IPS-Level, port yang lengkap, dan ringkas serta ringan namun durabilitas standar militer.

Desain

MSI Modern 14 C12MO

Modern 14 C12MO hadir dalam tiga varian warna yang dapat dipilih sesuai preferensi: Classic Black, Urban Silver, dan Beige Rose. Warna Urban Silver yang digunakan dalam review ini memberikan tampilan yang menarik dan cocok untuk berbagai situasi.

Seluruh bagian laptop ini dibalut dengan material polikarbonat yang terasa kokoh saat diraba atau diketuk, jauh dari kesan laptop murah. Selain itu laptop ini telah diuji dengan standar militer MIL-STD-810G yang membuatnya tangguh untuk berbagai kondisi medan.

Dengan ketebalan hanya 19,35mm dan berat 1,4Kg, laptop ini sangat mudah dibawa ke mana saja baik ditenteng maupun dimasukkan ke dalam tas.

MSI Modern 14 C12MO

Modern 14 C12MO menyediakan beragam port yang melimpah. Di sisi kiri terdapat port daya, HDMI (4K@30Hz), USB Type-A 3.2 Gen2, USB Type-C 3.2 Gen2 (Power Delivery), dan jack audio. Sementara di sisi kanan terdapat dua USB Type-A 2.0 dan slot pembaca kartu microSD.

Speaker stereonya terletak di bagian bawah laptop dan mampu menghasilkan suara yang cukup baik saat laptop diletakkan di atas permukaan keras.

Di atas layar terdapat webcam yang dapat merekam video dengan resolusi 720p pada 30FPS. Hasil rekamannya sudah memadai untuk panggilan video atau meeting virtual.

Keyboard dan Touchpad

MSI Modern 14 C12MO

Keyboard pada laptop Modern 14 C12MO memiliki tombol yang lengkap dengan ukuran pas dan feel yang memuaskan saat dipencet. Namun tombol navigasi panahnya sedikit kecil dan posisinya cukup dekat dengan tombol Page Up/Page Down.

Menariknya setiap tombol keyboard ini dilengkapi dengan iluminasi cahaya yang memudahkan proses pengetikan dalam kondisi gelap, fitur yang jarang ditemui di laptop dengan harga sekelas ini.

Touchpadnya terasa halus dengan ukuran yang cukup besar, sehingga jari bisa dengan leluasa berselancar di atasnya. Selain itu touchpad ini juga sangat responsif baik saat diusap maupun dipencet.

Layar

MSI Modern 14 C12MO

Di sektor layar, Modern 14 C12MO menggunakan panel IPS-Level 14 inci dengan resolusi 1920×1080 piksel. Tampilan layarnya cerah dan tajam, serta mampu mempertahankan kualitas gambar meski dilihat dari sudut pandang yang miring.

Yang saya suka lagi dari layar ini adalah permukaannya yang matte sehingga tidak terlalu merefleksikan cahaya dibandingkan layar glossy.

Menariknya layar Modern 14 C12MO dapat dibuka hingga sudut 180°, membuatnya sejajar dengan keyboard. Ditambah lagi terdapat tombol khusus F12 yang memungkinkan tampilan layar diputar dengan mudah.

Kombinasi ini sangat berguna saat mempresentasikan sesuatu. Cukup rebahkan layar laptop dan putar tampilannya, sehingga lawan bicara bisa dengan mudah melihat konten di layar.

Performa

MSI Modern 14 C12MO - Logo Intel

Sebagai dapur pacunya, Modern 14 C12MO ditenagai prosesor Intel Core i3-1215U dengan UHD Graphics yang memberikan performa kencang untuk kebutuhan sehari-hari.

Selama saya menggunakan laptop ini untuk pekerjaan seperti mengetik dokumen Office dan berselancar di web, performanya sangat andal tanpa kendala.

Bahkan saat saya gunakan untuk mengedit video beresolusi 1080p dengan aplikasi Capcut, performanya tetap terasa mulus.

Kelancaran performa laptop ini juga tidak lepas berkat digunakannya RAM DDR4-3200 berkapasitas 8GB dan penyimpanan internal NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB. Khusus untuk penyimpanan internalnya ini bisa diupgrade jika diperlukan.

Tak hanya itu, laptop ini juga dilengkapi teknologi Wi-Fi yang kencang yaitu Intel Wi-Fi 6E AX211. Tentu saja untuk mendapatkan kecepatan maksimal, teknologi ini perlu dikombinasikan dengan router Wi-Fi yang sesuai.

Fitur

MSI Modern 14 C12MO

Untuk mengatur performa laptop ini, kita dapat menggunakan aplikasi MSI Center. Melalui aplikasi ini bisa dipilih antara mode performa maksimal, mode senyap, atau mode Smart Auto yang memungkinkan laptop secara pintar menyesuaikan performa sesuai kebutuhan penggunaan.

MSI Center juga memungkinkan kita memantau kinerja laptop secara keseluruhan serta melakukan pembersihan pada penyimpanan internal dan memori untuk menjaga kinerja tetap optimal.

Sebagai sistem operasinya, MSI menggunakan Windows 11 Home. Selain itu agar laptop ini siap digunakan untuk bekerja, terdapat lisensi gratis Microsoft Office Home and Student 2021 yang jika dibeli terpisah bisa mencapai sekitar 1,9 juta rupiah.

Baterai

MSI Modern 14 C12MO

Modern 14 C12MO dilengkapi dengan baterai berkapasitas 39,3Whr. Meskipun kapasitasnya tidak begitu besar, saya dapat menggunakan laptop ini secara non-stop untuk bekerja selama hampir 4 jam.

Penggunaan tersebut dilakukan dengan kecerahan layar pada 75%, backlit keyboard tidak aktif, dan mode performa di Balanced.

Untuk pengisian daya baterai laptop ini dari level 5% hingga 86% hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam 3 menit dengan charger bawaan. Semakin mendekati 100%, pengisian daya akan melambat untuk menjaga kualitas baterai dalam jangka panjang.

Menariknya laptop ini juga dapat diisi daya melalui port USB Type-C yang tersedia. Dengan begitu saat bepergian, kita tidak perlu membawa banyak charger, cukup satu charger USB Type-C yang dapat menyuplai daya besar.

Kesimpulan

MSI Modern 14 C12MO

Secara keseluruhan, MSI Modern 14 C12MO adalah laptop yang sangat mumpuni untuk menunjang produktivitas sehari-hari dengan harga yang terjangkau. MSI juga menawarkan garansi resmi 2 tahun sebagai layanan after-salesnya.

Dengan harga yang ditawarkan dan performa yang diberikan, laptop ini menawarkan value price-to-performance yang menarik. Ditambah lagi, laptop ini menghadirkan layar IPS-Level dan keyboard dengan backlit.

Namun perlu diperhatikan bahwa ketahanan daya baterai laptop ini tergolong agak kurang. Meskipun begitu, dukungan pengisian daya melalui USB Type-C membuatnya lebih praktis untuk diisi daya saat bepergian.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar