ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

Tawarkan Fitur-Fitur Lebih Canggih, Pre Order Kamera Vlog Sony ZV-E10 II Telah Dibuka

Sony-ZV-E10-II.

Gadgetren – Melalui ZV-E10 II, Sony telah membawa generasi kedua dari  keluarga kamera ZV-E10. Sebelumnya generasi pertama dirilis pada tahun 2021 yang dibanderol Rp11 juta beserta lensa kit.

Kini ZV-E10 II dilepas lebih mahal dibandingkan pendahulunya dengan harga Rp16.999.000 untuk bodinya saja dan dihargai Rp18.999.000 bersama dengan bundling lensa SELP16502. Bagi kamu yang menginginkan kamera vlogging baru ini bisa mendapatkannya dengan memesannya melalui toko resmi Sony secara offline dan online hingga tanggal 6 September 2024.

Sebagai penawaran menarik, pembeli akan mendapatkan hadiah pemesanan berupa gratis 1 buah baterai tambahan NP-FZ100, gratis 1 buah kartu memori 64GB, dan gratis 1 buah Sony Travel Camera Bag.

Untuk promosi beli dengan pembelian (PWP) lensa Sony tertentu dengan ZV-E10 II, pembeli akan mendapatkan cashback Rp1.499.000 untuk SEL15F14G, cashback Rp1.499.000 untuk SELP1020G, dan cashback Rp599.000 untuk SEL11F18. Kamera ZV-E10 II akan tersedia di gerai-gerai pada bulan September 2024.

Seperti generasi sebelumnya, ZV-E10 II juga tampil dengan desain yang compact dan ringkas dalam dua varian warna yang bisa dipilih yaitu hitam dan putih. ZV-E10 II masih mengusung fitur-fitur yang difokuskan untuk pembuat konten seperti Creative Look, pengaturan Product Showcase, fungsi Background Defocus, dan layar flip vari-angle.

Namun begitu, ZV-E10 II kini menghadirkan pembaruan pada aspek sensor dan prosesor dengan kemampuan perekaman video lebih baik. Sensor gambar yang digunakan kali ini ialah Exmor R CMOS APS-C yang memiliki resolusi 26MP.

Resolusinya sendiri meningkat dari pendahulunya yang sebelumnya 24MP. Pemrosesan gambar juga lebih canggih dari sebelumnya BIONZ X menjadi BIONZ XR. Sebagai informasi, sensor dan prosesornya tersebut juga digunakan oleh kakaknya yaitu Sony a6700 dan FX30 yang telah lebih dulu dipasarkan.

Sony ZV-E10 II

Beralih ke kualitas video, perekaman yang dihasilkan ZV-E10 II mendukung resolusi hingga 4K 60p dalam format 10-bit 4:2:2. Yang mana sebelumnya hanya 4K pada 30p. Untuk perekaman video gerakan lambat mendukung resolusi Full HD pada 120p.

Menariknya, ZV-E10 II menghadirkan sejumlah fitur yang mumpuni untuk vlogging sehingga dapat meningkatkan kreativitas pengguna berupa Creative Looks dengan beragam opsi filter warna, Cinematic Vlog Settings, dan background defocus.

Dengan Creative Look, pengguna dapat memilih gradasi filter yang diinginkan dari hasil foto dan video mereka mulai dari Standard (ST), Portrait (PT), Neutral (NT), Vivid (VV), Vivid 2 (VV2), Film (FL), Instant (IN), Soft Highkey (SH), Black & White (BW), dan Sepia (SE).

Sementara Cinematic Vlog Settings memungkinkan pengguna dapat melakukan vlog yang sinematis dengan lebih mudah. Fitur ini menawarkan pengaturan aspek rasio, frame rate, dan kecepatan transisi autofocus secara otomatis untuk pengambilan gambar yang lebih sinematis.

Untuk mendukung kebutuhan pengunggahan di Instagram Reels maupun YouTube Shorts, kamera ZV-E10 II juga didukung pengambilan gambar secara vertikal di media sosial. Kemudian juga dibekali autofocus dengan 759-titik yang dilengkapi Real-time Eye AF yang dapat mendeteksi orang, hewan, burung, dan tracking Real-Time.

Secara bawaan, ZV-E10 II mendukung mikrofon 3 kapsul yang canggih dengan arah yang dapat dipilih agar menangkap audio yang jernih. Pengguna dapat memilih otomatis atau memilih dari depan, belakang, atau semua arah untuk bisa mendapatkan kualitas audio optimal yang disesuaikan pada lingkungan sekitar dan pengaturan skenario perekaman.

Kamera ZV-E10 II juga menyediakan Windscreen untuk mengurangi kebisingan suara pada saat merekam dalam kondisi berangin. Selain itu terdapat dukungan Multi-Interface (MI Shoe) yang memungkinkan koneksi sederhana ke mikrofon eksternal untuk opsi audio tambahan. Selanjutnya didukung fitur Livestream melalui dukungan konektivitas Wi-Fi 5.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.