ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

ASUS ROG Siap Hadirkan Dua Laptop Gaming Baru dan ROG Ally X di Indonesia

ASUS ROG Siap Hadirkan Dua Laptop Gaming Baru dan ROG Ally X di Indonesia

Gadgetren – ASUS Republic of Gamers (ROG) telah mengumumkan kehadiran dari dua laptop gaming terbarunya yaitu TUF Gaming A14 (FA401) dan ROG Zephyrus G16 (GA605) serta perangkat gaming handheld baru ROG Ally X.

Namun begitu untuk produk laptop gaming belum diungkap kapan tanggal peluncurannya. Sedangkan untuk ROG Ally X, ASUS ROG akan memboyong perangkat gaming handheld tersebut pada tanggal 22 Agustus 2024 mendatang.

Sebagai penawaran menarik hingga tanggal 30 September 2024, pembeli akan mendapatkan ROG Ally Premium Travel Case. Penawaran tersebut juga berlaku untuk setiap pembelian TUF Gaming A14 dan ROG Zephyrus G16.

Sebelum waktu peluncurannya diumumkan, ASUS ROG pun mengungkap spesifikasi atau keunggulan yang akan dibawa dari deretan produk barunya ini yang lebih jauh dibahas di bawah ini mulai dari perangkat gaming handheld, lalu dua laptop gaming terbarunya.

ROG Ally X

 ASUS-ROG-Ally-X-logo.

Perangkat gaming handheld ROG Ally X akan menawarkan sejumlah upgrade dari generasi sebelumnya. Salah satu peningkatan yang akan diberikan ialah pada memori dan penyimpanan. ROG Ally X akan dilengkapi memori LPDDR5X-7500 berkapasitas 24GB yang dapat memberikan kecepatan dan kapasitas yang lebih besar sehingga akan mengoptimalkan performa gaming.

Selain itu penyimpanan akan memiliki kapasitas dua kali lipat dari kapasitas model sebelumnya yaitu SSD PCle M.2 Gen4 2280 dengan kapasitas 1TB. Performa pacu ROG Ally X akan ditenagai oleh Ryzen Z1 Extreme yang dipadukan oleh prosesor grafis AMD Radeon.

Baterai ROG Ally X akan menggunakan kapasitas 80Wh yang lebih besar dari model sebelumnya. Dengan kapasitas baterai yang besar bobotnya pun bertambah sekitar 70 gram menjadi 678 gram. Selain dari sisi hardware, ROG Ally X juga akan hadir dengan upgrade dari sisi desain.

Sesuai permintaan para gamers, ASUS ROG memberikan warna baru yaitu hitam untuk ROG Ally X. Kemudian tombol dan joystick didesain ulang dan diganti dengan komponen lebih tangguh. Di bagian hand grip-nya, ROG Ally X kini dibuat dengan sudut lebih tajam.

 ROG-Ally-X-Hands-on

Perubahan paling mencolok adalah pada tombol M1 dan M2 yang ukurannya lebih kecil dengan posisi yang diperbaiki agar tidak mudah tertekan. Tak ketinggalan tombol D-Pad di ROG Ally X  memiliki desain baru yang disesuaikan dengan kebutuhan kontrol game retro serta gaming.

ROG Ally X akan dibekali dua port USB Type-C yang mendukung penggunaan perangkat berbasis Thunderbolt untuk transfer data lebih cepat. Kini ROG Ally X tidak hadir dengan ROG Mobile X sehingga pengguna harus cukup mengandalkan hardware bawaan untuk performa kinerja gamingnya.

Zephyrus G16 dan TUF Gaming A14

ASUS-ROG-Zephyrus-G16.

ROG Zephyrus G16

Baik laptop TUF Gaming A4 dan Zephyrus G16 sama-sama ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AI 300 Series yang dilengkapi Neural Processing Unit (NPU) hingga 50 TOPS yang menawarkan akselerasi AI pada aplikasi yang berbasis AI.

Prosesor Ryzen AI 300 Series dibangun dengan arsitektur Zen 5 dan teknologi 4nm. Prosesor ini menawarkan CPU hingga 12 core yang dipadukan dengan prosesor grafis AMD RDNA 3.5. Dibandingkan generasi sebelumnya Ryzen AI 300 Series disebut mampu memberikan performa kinerja yang lebih baik sekaligus lebih efisien.

ROG Zephyrus G16 akan tampil dengan lampu LED di bagian penutup laptop sehingga membuatnya unik.  Bodinya dibuat dengan metode CNC-machined dan memiliki chassis yang kokoh. Bobotnya sekitar 1,85 kg dengan ketebalan 1,49 cm.

ASUS-ROG-Zephyrus-G16-keyboard

ROG Zephyrus G16

Layar ROG Zephyrus G16 akan mengusung ukuran 16″  yang dibekali ROG Nebula Display dengan panel OLED serta mendukung teknologi Variable Refresh Rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC sehingga disebut dapat menampilkan pergerakan konten game yang mulus.

Layarnya juga akan menawarkan akurasi warna tinggi dengan 100% DCI-P3,  waktu respon 0.2 ms, dan HDR. Konten pada layar juga akan didukung sertifikasi audio dari Dolby Atmos dan speaker yang lebih besar untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan kuat.

Prosesor ROG Zephyrus G16  akan ditemani prosesor grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 sehingga direkomendasikan sangat cocok untuk berbagai aktivitas mulai dari gaming, rendering, hingga AI experimentation.

ASUS-TUF-Gaming-A14-rebahan

TUF Gaming A14

Disisi lain, TUF Gaming A14 akan mengusung bobot 1,46kg dengan ketebalan 1,69 cm. Laptop ini telah mengantongi sertifikasi durabilitas berstandar US Military Grade sehingga membuatnya tangguh digunakan dalam situasi pekerjaan dengan mobilitas tinggi.

Prosesor TUF Gaming A14 akan dipadukan dengan prosesor grafis NVIDIA GeForce RTX 4060 yang diklaim dapat menangani game-game modern dan kebutuhan komputasi intensif lainnya. TUF Gaming A14 akan hadir dengan layar berukuran 14″ yang mendukung refresh rate tinggi dan Adaptive-Sync untuk menampilkan konten yang mulus baik pada sesi gaming, produktivitas, maupun hiburan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.