ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Bedanya realme 13 dan Redmi Note 13, Sangat Berbeda Meski Chipset Sama!

realme 13 Vs Redmi Note 13 - Header

Gadgetren – Perangkat realme 13 dan Redmi Note 13 sama-sama mempercayakan kemampuannya kepada chipset Qualcomm Snapdragon 685 (6nm) yang dapat dipacu dengan kecepatan hingga 2,8GHz.

Namun dengan banderol harga yang relatif jauh, kedua perangkat tersebut mempunyai spesifikasi yang lumayan berbeda. realme 13 dalam hal ini tersedia mulai dari Rp2.999.000 sementara Redmi Note 13 hanya Rp2.499.000.

Selain chipset, hampir semua aspek yang ditawarkan oleh kedua perangkat tersebut cukup berlainan. Kita pun dapat mempertimbangkan perbedaan-perbedaannya untuk memilih ponsel yang tepat.

Perbedaan realme 13 Vs Redmi Note 13

Perbedaan dari kedua perangkat tersebut salah satunya terletak pada bagian layar. Meskipun sama-sama mengusung panel seluas 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 120Hz, tingkat kecerahan yang ditawarkan sedikit berbeda.

Panel E4 AMOLED pada realme 13 menawarkan tingkat kecerahan lebih tinggi. Layar tersebut secara teknis dapat menangani hingga 2.000 nits saat panel AMOLED milik Redmi Note 13 hanya 1.800 nits.

Sebagai gantinya, kenyamanan mata pengguna lebih terjamin di Redmi Note 13. Layar milik perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai sertifikasi dari TÃœV Rheinland yang belum ada di realme 13 seperti cahaya biru rendah, penyesuaian siklus sirkadian, dan bebas kedip.

Di samping itu, proteksi layar yang ditawarkan olehnya juga lebih mumpuni. Redmi Note 13 sudah menggunakan lapisan pelindung Corning Gorilla 3 sementara realme 13 hanya mengandalkan tempered glass setebal 0,68mm.

Sektor kamera menjadi faktor pembeda yang selanjutnya. Kedua ponsel menengah tersebut mengusung konfigurasi yang benar-benar berbeda pada bagian ini, kecuali pada lensa depannya yang sama-sama memakai sensor 16MP.

realme 13 Vs Redmi Note 13 - 1

realme 13

Dalam hal ini, kamera utama Redmi Note 13 menggunakan Samsung ISOCELL HM6 yang mendukung resolusi sampai 108MP. Dukungan ini jauh lebih tinggi daripada Sony LYTIA LYT-600 milik realme 13 yang hanya mampu menangani hingga 50MP.

Kamera Redmi Note 13 di sisi lain juga hadir secara lebih lengkap. Selain lensa utama, perangkat tersebut mempunyai lensa ultrawide 8MP dan makro 2MP. realme 13 hanya menawarkan lensa mono 2MP dengan sensor flicker sebagai tambahan.

Meskipun begitu, kemampuan pengambilan gambar dan perekaman video pada realme 13 tidak boleh dipandang sebelah mata. Sensor Sony LYT-600 sudah dilengkapi dengan fungsi OIS (Optical Image Stabilization) yang belum ada di Redmi Note 13.

Bagi kamu yang belum tahu, OIS dapat membuat pengambilan gambar atau perekaman video pada sebuah ponsel berjalan secara lebih stabil. Jadi, konten yang dihasilkan bisa lebih tajam dan jelas.

realme 13 Vs Redmi Note 13 - 2

Redmi Note 13

Sama-sama ditunjang dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, pengisian daya dari keduanya pun sangat berbeda. realme 13 memakai teknologi 67W SuperVOOC Charge yang mampu bekerja lebih cepat daripada 33W Fast Charge milik Redmi Note 13.

Teknologi 67W SuperVOOC Charge secara teknis hanya memerlukan waktu sekitar 47 menit untuk mengisi baterai hingga penuh. Sementara dengan teknologi 33W Fast Charge pada Redmi Note 13, kita perlu menunggu sampai 70 menit.

Fitur tahan percikan air dan debu milik realme 13 juga sedikit lebih kuat. Perangkat tersebut mengemas sertifikasi IP64 yang mempunyai level ketahanan debu lebih baik daripada IP54 milik Redmi Note 13.

Jika memerlukan fungsi IR Blaster yang dapat digunakan sebagai remote pengontrol televisi hingga AC, kita pun hanya dapat mempertimbangkan Redmi Note 13. Perangkat realme 13 belum memilikinya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.