ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menambah RAM HP OPPO dengan Fitur RAM Expansion

OPPO Reno11 5G

Gadgetren – Mengikuti tren saat, ponsel OPPO telah mempunyai fitur RAM Expansion yang dapat digunakan untuk menambah memori yang bisa digunakan oleh aplikasi.

Fitur RAM Expansion memungkinkan sistem pada ColorOS meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal untuk digunakan sebagai memori tambahan.

Nantinya fitur RAM Expansion dapat membantu dalam hal multitasking dimana aplikasi tersimpan sementara di memori agar dapat dibuka lebih cepat. Biasanya fitur RAM Expansion di ponsel OPPO sudah otomatis, namun kamu bisa memilih besaran RAM yang ingin ditambah.

Cara Menambah RAM HP OPPO

  1. Buka aplikasi Settings di ponsel OPPO.
  2. Pilih menu About Device atau About Phone (tergantung seri ColorOS).
  3. Klik bagian RAM.
  4. Tekan tombol RAM Expansion ke posisi aktif.
  5. Pada bagian Expand by, pilih besaran yang ingin digunakan seperti 4 GB, 8 GB, atau 12 GB.
  6. Lalu tekan tombol Back di bagian kiri atas jika sudah.
  7. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Restart Now
  8. Tunggu hingga ponsel menyala kembali.

Perlu dicatat biasanya kapasitas maksimal dari RAM Expansion akan disesuaikan dengan RAM yang dimiliki oleh masing-masing ponsel OPPO. Misalnya ponsel OPPO mempunyai RAM 12 GB, kemungkinan besar RAM Expansion dapat diatur hingga maksimal 12 GB juga.

Berdasarkan pengalaman selama menggunakan fitur RAM Expansion, saya merasa bahwa ponsel OPPO memiliki performa yang lebih mulus dibandingkan tanpa menggunakannya.

Bahkan tidak hanya OPPO saja, hampir semua merek telah merilis ponsel dengan fitur serupa dengan nama yang berbeda misalnya Extended RAM akibat penyimpanan internal yang semakin cepat.

Sementara apabila kamu merasa bahwa sedang tidak perlu menggunakan fitur RAM Expansion dapat kembali ke halaman About Device atau About Phone di ponsel OPPO untuk mematikannya.

Namun perlu dicatat bahwa fitur RAM Expansion bisa aktif apabila masih ada kapasitas kosong dari penyimpanan internal yang bisa digunakan. Oleh karena itu jika kapasitas memori internal hampir habis, maka fitur ini tidak akan dapat diaktifkan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.