ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tekno

Mengenal Fungsi Utama Microsoft OneDrive yang Bisa Sangat Membantu

Fungsi Utama dari Microsoft OneDrive - Header [Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Microsoft memperkaya ekosistem miliknya dengan berbagai layanan pendukung, termasuk di antaranya Microsoft OneDrive yang memungkinkan para pengguna lebih mudah dalam beraktivitas.

Layanan milik Microsoft tersebut menariknya tidak hanya tersedia untuk komputer atau laptop berbasis sistem operasi Windows. Kita juga dapat memakainya di berbagai perangkat yang menjalankan MacOS, Android, iOS, hingga iPadOS.

Kita bisa memanfaatkan OneDrive untuk mengerjakan rutinitas sehari-hari mulai dari belajar hingga bekerja. Layanan tersebut menawarkan berbagai dukungan yang mudah digunakan.

Apa Fungsi Utama dari Microsoft OneDrive?

Bagi kamu yang belum tahu, OneDrive adalah layanan penyimpanan awan seperti halnya Google Drive. Layanan ini diperkenalkan pertama kali oleh Microsoft pada Tahun 2007 dan sempat beberapa kali mengalami perubahan nama.

Fungsi utamanya adalah membatu pengguna dalam menyimpan dan mengelola berkas mulai dari foto, video, dokumen, hingga data penting lainnya sehingga nanti bisa lebih mudah diakses dari berbagai perangkat di mana saja.

Seperti layanan penyimpanan awan yang lain, kita nanti bisa membagikan foto hingga dokumen yang tersimpan kepada teman, kerabat, atau keluarga secara lebih mudah. Kita bahkan bisa memakainya untuk berkas-berkas yang tidak bisa dikirim lewat e-mail karena berukuran sangat besar.

Terintegrasi dengan Microsoft Office, kita dapat menggunakan layanan OneDrive untuk membuat dokumen Word, Excel, PowerPoint, maupun OneNote yang dapat diakses dan diedit dari seluruh perangkat yang dimiliki.

Kombinasi dari layanan OneDrive dan Office juga memungkinkan kita berkolaborasi bersama orang lain. Kita dapat membuat, mengedit, hingga menyelesaikan dokumen secara bersama-sama tanpa perlu repot-repot mengirim data.

Microsoft di sisi lain memastikan bahwa OneDrive dapat menjadi tempat yang aman untuk menyimpan berbagai data penting. Selain sudah didukung dengan enkripsi AES 128-bit, layanan tersebut juga dilengkapi dengan fitur autentikasi dua faktor untuk menambah keamanan.

OneDrive tersedia gratis untuk semua orang yang memiliki Akun Microsoft. Dengan layanan tersebut, kita akan mendapatkan penyimpanan awan berkapasitas sebesar 5GB tanpa dipungut biaya.

Namun jika ingin memperoleh ruang penyimpanan yang lebih besar, kita perlu berlangganan Microsoft 365. Sistem keanggotaan premium ini menawarkan kapasitas hingga 1TB (1.000GB) dengan biaya paket mulai dari Rp31.999/bulan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.