ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Aplikasi Berita

Apple Maps Kini Bisa Diakses dari Browser

Apple Maps Kini Bisa Diakses dari Browser[Foto ilustrasi oleh: Pexels]

Gadgetren – Apple resmi mengumumkan ketersediaan Apple Maps untuk web dalam versi beta publik yang memungkinkan pengguna di seluruh dunia bisa mengakses peta secara langsung dari browser mereka.

Dengan hadirnya Apple Maps di browser akan memberikan peluang lebih banyak pengguna diluar dari pengguna iPhone, khususnya pengguna PC Windows untuk Chrome dan Edge, serta smartphone Android.

Kehadiran Apple Maps kini juga memberikan pilihan lain untuk pengguna yang ingin mengakses peta selain dari Google yang sudah populer digunakan. Mengenai ketersediaan Apple Maps di Indonesia, pantauan tim Gadgetren, Apple Maps di browser pada perangkat laptop sudah menyediakan peta Indonesia. Kamu dapat mencobanya melalui situs beta.maps.apple.com.

Sedangkan untuk perangkat handphone dan tablet Android yang tim Gadgetren gunakan untuk saat ini belum mendukung Apple Maps. Pada dasarnya, Apple Maps di browser menawarkan fitur-fitur yang sama seperti di iOS.

Apple Maps versi browser turut tersedia di Safari dan Chrome untuk Mac dan iPad. Terdapat pilihan menu Search, Guides, dan Direction. Dengan Search, pengguna dapat mencari tempat, lokasi, nama tujuan yang diinginkan.

Selain itu, pengguna akan dapat menelusuri Panduan yang dikurasi untuk menemukan tempat makan, memesan makanan, berbelanja, dan menjelajah di kota-kota di seluruh dunia.

Sementara Direction, pengguna bisa mendapatkan petunjuk arah berkendara dan berjalan kaki. Saat memilih atau mengetuk lokasi tertentu juga akan menampilkan beragam informasi seperti peringkat, ulasan, foto, nomor telepon, jam operasional, dan informasi menarik lainnya.

Namun begitu untuk Direction, sebagai catatan menampilkan jarak dalam satuan mil bukan kilometer sehingga mungkin bagi sebagian orang belum terbiasa. Untuk diketahui bahwa satu mil bila dikonversi ke kilometer sekitar 1.609 km sehingga bila kamu ingin mengukur jarak dalam satuan mil memiliki jarak berbeda dibanding satuan kilometer.

Apple Maps versi browser ini masih mendukung Bahasa Inggris. Di masa mendatang, Apple pun berencana untuk meluncurkan dukungan untuk bahasa, browser, dan platform lain.

Dalam pengumumannya, Apple juga akan menambahkan fitur baru bernama Look Around dalam beberapa bulan mendatang. Untuk memperluas Apple Maps di browser, Apple juga mengajak para pengembang untuk menggunakan MapKit JS.

MapKit JS bisa ditautkan ke Apple Maps di web sehingga pengguna dari pengembang bisa mendapatkan petunjuk arah berkendara, melihat informasi tempat terperinci, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya, Apple Maps pertama kali hadir di iPhone pada tahun 2012. Kemudian Apple secara bertahap menambahkan fitur-fitur baru ke layanan tersebut termasuk peta kota terperinci, rute multi-perhentian, petunjuk arah bersepeda, rute EV, dan navigasi offline.

Beberapa versi Apple Maps sebelumnya diketahui juga telah tersedia di browser melalui kerja para pengembang yang menggunakan API untuk membuat peta bagi situs-situs seperti DuckDuckGo.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.